Monday, June 14, 2010

Visa ohh visa yg buatku tersiksa



Paling enak itu kalau mau travelling ke luar negeri tidak membutuhkan ‘visa’ (izin masuk ke suatu negara). Paling bete kalau disuruh ngurusin ‘visa’. Kadang-kadang ada negara yg membuat proses pengurusan ‘visa’ nya ribet dan menyiksa sekalee….khususnya buat saya yg warganegara Indonesia dengan penghasilan pas-pas’an….wuih ribet kuadrat booo:D
Anehnya orang asing yg mau masuk ke Indonesia mudah banget tidak memerlukan prosedur yg berbelit2…nah lho justru sesudah masuk dalam negeri Indonesia baru dech semuanya ribet..hahaha..mulai dari cari taxi sampai cari hotel or penginapan tersiksa dech lho karena informasi yg serba minim dan tidak jelas kekeke….rasain bro!
Sekali waktu pernah saya membeli tiket pesawat menuju China tanpa mengecek dulu masuk negara tsb pakai visa atau tidak.Udah aja main beli aja tuch tiket.Ternyata setelah dicek harus pakai visa segala, mampus dah gue…jantung udah ketar-ketir aja tuch..kalau nga lolos mengurus visa’nya bisa melayang dech uang tiket gue..huhuhu…Sebelumnya saya dapat info bahwa masuk Hong Kong tidak perlu visa bagi penduduk Indonesia dengan batas waktu tinggal Cuma 15 hari saja. So karena dalam otak saya China dan Hong Kong sami mawon sama-sama China juga udah aja santai-santai aja. Nach lho ternyata ada teman yg kasih kabar kudu pakai visa…wuihh bener2 senewen dech guee…Dan harus berjibaku tanya info sana-sini..plus tanya ke travel agent ngurus visa harganya berapa? Ternyata kudu bayar 1.2 juta rupiah plus bawa segala persyaratan yg jilimet kalau bukan beli tiket dari mereka…anjir n brengsek banget…ampun dah…mahaaalllllllllll!

Akhirnya saya putuskan mengurus sendiri ke Kedutaan China yg di Jakarta. Browsing2 dulu syarat2 pengurusannya di internet plus cari tahu letak kedutaan ada di mana nie..berhubung gue nga mudeng di mana letak Kedubes China-Jakarta hahaha…Dan ditambah kudu ambil cuti tahunan setengah hari untuk mengurus visa sialan ini..:-(( Dan pagi-pagi udah mandi dan berdandan rapi bawa semua dokumen penting dari rumah berangkat dech ke daerah Setia Budi dekat Ambassador Mall…Pukul 9 pagi sampai di Sudirman Street..lagi bingung2 mau cari kendaraan dan tanya2 lokasi Kedubes China..ehh malah ketemu teman satu kompleks perumahan yg kerja di Bank Danamon Jakarta persis dekat Kedubes China..hahaha..dasar nasib baik dia antar saya sampai kedubes..Malah dia nawarin ke saya kalo nga  selesai seharian boleh nitip ke dia juga..hahaha..misalnya nitip mau ambil doank ntar bisa dibantu ama dia daripada bolak-balik ke Jakarta repot banget katanya..hahaha..Puji Tuhan ada yg mau nolongin gue dech..langsung dech tukar2an No.HP..kesempatan cing bisa dapat teman yg baik hati :p

Dalam keadaan wajah bingung, masuk ke Kedubes China tanya2 satpam caranya, ternyata nga terlalu rumit banget.Padahal gue udah bawa photo copy tiket n photo copy hostel tempat nginap di sana segala. Ternyata lagi mujur juga pihak kedubes nga perlu dokumen begituan booo..cukup photo 4X6cm 2 lembar n passport asli plus uang 300ribu rupiah untuk single entry dan 450 ribu rupiah untuk double entry dan ngisi formulir yg ada di sana, terus antri sebentar dan dicek secara singkat ama petugas langsung dech dikasih tanda terima passport saya dan boleh diambil 4 hari kemudian…horeeeee asyik! Wuih rasanya bete juga dengar di travel agent ngurusin ampe 1.2juta rupiah..dasar ular banget ambil untungnya banyak amirrr….Btw tetap aja gue sebel lihat negara yg memberlakukan izin masuk negaranya kudu pakai visa segala…Karena ngurusin visa bikin gue kesel bgt, mendingan sebelum beli tiket pesawat ke luar negeri pastikan dulu pakai visa apa nga masuk ke negara tsb..hehehe…daripada bete kayak saya…

Banyak negara yg sebenarnya tidak memberlakukan visa bagi warga negara Indonesia, kalau  hanya  kunjungan 15 hari saja..Yg pasti seluruh negara ASEAN, Sri Langka,Maroko,dll tidak perlu visa.Saya kurang hapal semuanya tapi bisa cari info lengkap di internet koq..hehehe…Selamat berburu negara tanpa visa..hahaha…



nuchan@13-07-2009
sebel ama visa tapi bukan pizza:D

No comments:

Post a Comment