Friday, June 18, 2010

Tak bisa kompromi

Bud
Setiap kali traveling maka tantangan terberat buat saya adalah geger budaya (shock culture) terhadap makanan. Entah kenapa saya sulit beradaptasi terhadap segala makanan,lidah saya bener-bener tak kenal kompromi. Sebagai persiapan kalau-kalau makanan setempat tak cocok dengan lidah saya, maka saya bawa beberapa snack  dan Pop Mie. Meskipun ini kadang2 tak bisa menolong masalah saya:D   

Liburan 17 Agustus-an ini saya habiskan waktu berlibur ke Sulawesi Selatan, Makassar dan Tana Toraja selama 4 hari 3 malam. Saya pikir karena masih wilayah Indonesia tentu menu makanan pasti masih bisa ditelan oleh lidah saya.Ternyata dugaan saya salah besar. Satu pun dari menu yg mereka suguhkan tak ada yg cocok di lidah saya, bener2 cilaka 12 buat saya. Katanya Coto Makassar sangat terkenal enak dan lezat. Tergiur dengan info tsb maka saya dan teman saya mencoba makan Coto Makassar di sebuah warung nasi di dekat perwakilan Bis Litha & Co di daerah Tello – Maros. Isinya beberapa potongan2 jeroan sapi diberi kuah yg bersantan, wah kelihatannya menggiurkan sekali, tapi ketika saya coba cicip sedikit demi sedikit ternyata tak  ada rasa sama sekali di lidah saya…Sementara teman saya Jeng Sri terlihat makan dengan lahap sekali. Saya jadi ragu2, ini yg salah lidah saya atau memang teman saya ini tidak pernah bermasalah dengan makanan kalau sudah lapar berat? Bener-bener saya terjebak dalam bingung.com. Sepertinya lidah saya memang parah banget tak bisa kompromi dengan semua menu…Bagi saya Coto Makassar yg disebut2 lezat itu hanya tinggal cerita usang..buat saya tak ada rasa dan tak sesuai dengan selera saya…ancur minah…ABCD.  

Makanan kedua yg katanya wajib di coba di Makassar adalah “Otak-Otak Makassar” Saking penasarannya maka kami cari tahu di mana sebaiknya makan “Otak-Otak Makassar” kepada seorang pemilik ruko yg menjual souvenir di Jl.Somba Opu Makassar.Berharap kalau mendapat info dari penduduk local kami akan mendapatkan  “Otak-Otak Makassar” yg lezat. Mereka menyarankan makan di sebuah Warung Ayam Goreng yg ada di dekat taman tidak jauh dari Jl.Somba Opu. Walaupun suhu udara sangat panas siang itu, maka kami pun berjalan kaki ke warung yg direkomendasikan pemilik ruko tsb. Dengan harap-harap cemas saya menanti menu  “Otak-Otak Makassar” ini, sembari memesan Ayam Goreng juga, setelah hidangan datang kami pun semangat segera mencicipinya, hasilnya sungguh diluar dugaan, sekali lagi di lidah saya tak ada rasa yg istimewa, biasa saja…malah lebih enak otak-otak yg dijual di dekat kantor saya 2X lebih lezat, bener2 tidak sesuai dengan yg diceritakan teman-teman saya. Dua menu unggulan yg saya dengar dari teman saya sudah dicoba, hasilnya “sangat biasa-biasa saja”…:D Au Ah Gelap Dech!  

Kini terbukti dengan jelas, saya bener2 tak bisa kompromi dan sulit beradaptasi dengan makanan daerah.Satu-satunya menu Nusantara yg pas di lidah saya adalah makanan Padang dan Sunda saja.Tentu saja diluar menu atau masakan orang Batak. Selama perjalanan akhirnya saya hanya makan nasi putih plus telur ayam diceplok alias telur ayam goreng mata sapi. Yg lebih aneh lagi, ketika sarapan pagi di salah satu homestay di Makassar saya dihidangkan nasi goreng berwarna pink yg dilapisi telur ayam dadar…hahhaa..nasi goreng pink..hahaha....ampun dah..bener2 wisata kuliner ajaib..kekeke…  

Setelah 4 hari 3 malam saya berjibaku menelan menu makanan yg serba ajaib, kini rasanya saya seperti terbebas keluar dari penjara, karena saya bisa makan makanan normal versi saya lagi hahhaha…Malam ini saya mau makan nasi goreng ala Jakarta dech plus makan otak-otak buatan sini aja dech..hehehe…Merdeka..Merdeka! Saya bener-bener Merdeka kembali ke habitat saya…:p






nuchan@17082009
copyright

No comments:

Post a Comment