Monday, June 14, 2010

Menu yg sama


Saya kalau urusan makanan memang agak lebai. Susah-susah gampang nie..Menu kesukaan saya tak lain tak bukan menu yg sering disuguhkan ibu saya semasa kanak-kanak yaitu daun ubi tumbuk diberi santan plus dikasih 'kencong'.Kencong ini adalah bunga dari tumbuhan lengkuas.Wanginya ke mana-mana…dan saya sangat gemar dengan sayur ini…Lauk kesukaan saya juga nga ribet-ribet amat cuma ikan teri jengki Medan yg dibalado dan udang digoreng kering terus  di balado juga…simple khan? Saking doyannya dengan menu tersebut  membuat pembantu saya,cuma berputar-putar di menu itu-itu saja.


Anehnya di Pulau Jawa ini sangat susah menemukan ikan teri jengki Medan. Kecuali Anda mau bersusah-susah cari di Pasar Senen. Alamak kalau ke sana selain berat diongkos, tentu saya juga harus menyediakan waktu khusus ke sana..cape dech! Akhirnya si bibik saya, kalau nga menemukan ikan teri jengki yg bagus, akan beralih ke ikan udang…Ternyata setelah berhari-hari disuguhkan menu yg sama udang lagi udang lagi saya jadi bosan kuadrat. Karena jenuh biasanya saya sebelum pulang ke rumah saya cek dulu menu apa di rumah.Kalau nga nafsu dgn menunya saya pilih makan di luar, bisa di warteg atau di mall tergantung mood saya saja…hehehe…

Kemaren malam, saya pulang ke rumah sudah pukul 9 malam, rencananya saya makan di luar tapi karena ada meeting sampai malam, akhirnya saya putuskan makan di rumah saja. Dengan tubuh yg sudah cape banget dan perut lapar keroncongan, saya pulang ke rumah. Sampai di rumah karena lapar banget saya langsung buka lemari makanan, tapi apa yg saya lihat malam itu bener-bener bikin saya marah besar. Udang lagi udang lagi....sebelumnya udang…sekarang udang..nafsu makan saya langsung lenyap. Yg terjadi adalah rasa kesel dan marah banget… Saya setengah berteriak bertanya, emang di pasar yg ada cuma udang doang yah? Nga ada telur ayam atau telur puyuh atau ikan lain nga ? Koq udang melulu sich ? tanya saya gemes nga karuan…Rasanya malam itu, mulut saya nga berhenti ngomel karena kesel…gila..gila..gila..bosan bosan banget udang terus…saya menyesal nga makan di luar dulu…Ahhh betapa bosannya dengan menu yang sama itu lagi itu lagi…

Suasana rumah saya tiba-tiba  menjadi senyap…tak ada suara lagi. Saya sadar bahwa saya sudah keterlaluan sekali…Marah-marah tanpa memperhatikan perasaan bibik saya.Tiba-tiba ada perasaan bersalah di dada saya…Kenapa saya jadi kesel dan marah hanya karena si bibik menyuguhkan menu yg sama ? Padahal itu khan menu kesukaan saya…Tentu dia berpikir saya pasti dengan senang hati mau makan udang balado kesukaan saya itu…tapi ternyata yg terjadi sebaliknya…menyedihkan…

Semalaman saya jadi gelisah tidur dan menyesali tindakan saya…Malam itu saya berandai-andai…Seandainya saya sudah menikah dan suami saya mengharuskan saya tinggal di rumah.Dan posisi saya seperti bibik saya, memasak dan merapikan rumah.Andai saya yg sudah memasak menu itu dengan sepenuh hati saya, dan berharap ketika suami saya pulang kantor dengan perut lapar, akan makan dengan lahapnya sambil memuji usaha saya memasak menu kesukaannya…Ndilala bukan pujian yg saya terima, tapi justru makian dan teriakan tanda tak puas dari suami saya…dengan wajah jutek dan kesal dia berteriak bosan bosan disuguhi menu yg sama setiap hari meskipun itu menu kesukaan dia..Seperti apa kira-kira reaksi saya terhadap kejadian ini?

Menangis tersedu-sedu…tak habis pikir kenapa dia marah-marah?
Atau justru saya balik marah-marah, nga terima diomeli kayak gitu…kalaupun nga senang jangan marah-marah donk..ngomong keq baik-baik..jadi saya tahu masalahnya dimana..jangan kayak gini pakai teriak2 segala…kemudian saya menangis keras sambil masuk kamar membanting pintu sekeras-kerasnya, agar dunia tahu kalau saya juga marah….
Atau saya justru terdiam terpaku sembari mata saya memerah dan airmata mengembang di sudut mata saya…bingung harus berkata apa…Entahlah saya nga tahu yg mana yg akan saya lakukan…Kepala saya jadi mumet memikirkannya…

Saya tahu bibik saya pasti berduka dengan sikap saya.Walaupun mulutnya terkunci rapat-rapat tak bicara sepatah kata pun.Tentu posisinya tidak memungkinkan dia menjawab.Tapi saya yakin di dadanya bergemuruh rasa kesel,sedih dan marah. Saya tahu itu. Dan itu membuat saya tak bisa tidur malam itu.Menyedihkan.

Moral dari cerita saya ini adalah :

1) Seenak-enaknya makanan, kalau tiap hari menu'nya sama pasti membosankan.Jenuh ! Catatan buat para istri, ingatlah baik-baik, segemar-gemarnya suami Anda makan udang goreng balado, tapi kalau disuguhkan menu yg sama tiap hari pasti jenuh…Itu sebabnya buat Anda yg statusnya sudah menjadi istri, jangan pernah memberikan menu yg sama setiap hari kepada suami Anda, kalau nga mau mengalami nasib yg sama seperti bibik saya.


2) Buat para suami yg kebetulan istrinya sering menyuguhkan menu yg sama terus dan masakannya tak selezat yg Anda harapkan, sebaiknya kalau Anda bosan dan tak mau menu itu terus menerus sebaiknya dikomunikasikan dengan baik bersama istri Anda, maunya menu seperti apa yg harus disuguhkan.Jangan berharap dia bisa membaca pikiran Anda, karena dia bukan mama Loren yg tahu apa yg sedang Anda pikirkan..hehehe..Jangan mengulangi kesalahan saya..Masih mending hubungan saya antara majikan dan pembantu.
Gimana kalau status suami-istri, bisa-bisa seminggu Anda akan dipunggungi istri Anda karena ikutan bete juga..hehehe…Pilih mana?kekeke.

3) Saya menjadi paham bahwa betapa sulitnya untuk menjadi istri yg baik dan benar kalau dapat suami yg mirip saya, makan harus milih2 dan tidak bisa makan apa saja. Setiap hari pasti istrinya pusing menentukan menu apa yg harus dimasak hari ini. Kalau nga mau suaminya jutek tek tek...:D


nuchan@23072009
sedang mendung

No comments:

Post a Comment