Saturday, January 5, 2013

My diary Saturday Jan 5th,2013

Pagi ini saya bangun pagi pukul 7:30an. Sebenernya pukul 7 pagi saya sudah mendengar bunyi pagar dibuka dengan sedikit keras, karena si bibik sudah masuk kerja. Lalu saya mendengar bunyi sapu lidi dan si bibik sedang menyapu halaman rumah saya yg penuh daun-daun nangka yg berguguran.

Bunyi sapu lidi si bibik membuat saya malah meneruskan tidur saya. Seperti biasa Sabtu adalah saatnya bangun lebih siang dan saatnya untuk malas mandi pagi hahaha. Buat saya keluar dari rutinitas itu menyenangkan.


Sampai si bibik selesai mencuci pakaian dan menjemur baru saya bangun pagi. Bibik tanya ke saya hari ini masak atau tidak? Sejak adik saya pulang ke Medan, saya malas makan di rumah maka bibik tak perlu masak. Tapi hari ini saya pilih makan di rumah saja. Maka saatnya saya belanja pagi. Yuk mari ke pasar!

Saya keluar rumah bawa tas jinjing kuning dan siap mau ke pasar pagi. Saya tidak suka menggunakan tas-tas kresek plastik dan akhirnya jadi sampah di rumah. Maka saya selalu bawa tas belanja dari rumah. Dulu saya beli 2 buah dari Pulau Belitung. Tas ayaman plastik yg sangat bagus sekali, selain praktis tapi juga mengurangi sampah plastik.Harganya saya beli 6ribu rupiah per buah. Keren bukan?
Suasana di pasar sudah ramai sekali. Saya menuju tukang jual ikan, di sana sudah berjubel juga pembeli. Saya cek udang peci tapi katanya kosong. Sudah 2 hari tidak ada udang peci. Hadoh makan apa ya hari ini. Saya coba ke penjual sayuran langganan saya si Batak, biasanya dia juga jual ikan udang peci. Saya cek ke sana, ternyata ada. Saya beli sebungkus udang harganya 12ribu rupiah. Lalu saya ke tukang sayur yg lainnya yg menjual cabe rawit sambel gila atau kita sebut cabe galak, karena cabe rawit ini super pedas. Saya beli 1/4kg tapi ternyata harganya 6ribu rupiah, saya kaget banget biasanya hanya 3ribu per 1/4kg. Saya protes kog mahal? Kata si ibu karena cabe ini lagi susah pasokannya jadi harganya naik.Alamak.Meskipun mahal tetap saya beli saja. Dan saya beli sayur juga yaitu sayur buncis. Kelihatannya sangat segar sayur buncisnya harganya 2 ribu rupiah per 2 ons.

Belanja di pasar pagi ini penuh dinamika banget. Saya bisa mendengar berbagai musik yg berbeda di setiap penjual sayur atau si penjual ikan dan ayam potong. Masing-masing punya selera musik yg berbeda hahaha Ini jadi kenikmatan sendiri buat saya. Saya lewat di sebelah penjual pisang yg sudah tua dan uzur, musiknya lagu Nia Daniati jadul banget judulnya "Gelas-gelas kaca" kalau tidak salah. Si bapak tua ini menjual sambil mengikuti lagu Nia Daniati ini hahaha Nikmat banget. Saya lewat penjual sayur yg lainnya maka saya mendengar lagu Ebiet G Ade hahaha kalau tak salah lagu dengan judul "Berita kepada kawan" hahaha

Bener-bener sebuah suasana yg sangat hidup dan penuh dinamika. Kehidupan yg rumit bisa menjadi sangat simple buat mereka yg menjalani hidup mereka di pasar pagi ini. Penuh tawa dan canda ala pasar pagi hahaha Hidup memang lucu.

Saya pulang ke rumah membawa hasil belanja saya, sayur buncis, ikan udang peci, rambutan satu ikat dan singkong 1 kg, cabe rawit galak, tomat dll. Saya serahkan semuanya ke bibik dan dia sudah tahu ,mau masak apa dengan semua belanja itu.hahaha

Saya masuk kamar saya. Buka laptop dan mulai online dan browsing internet. Saya coba menulis beberapa catatan harian saya dan juga artikel yg sudah saya tulis sebelumnya. Saya memang sudah berketetapan hati kalau saya akan menulis my daily life and my feelings everyday. Alasan saya menulis ini semua karena saat akhir tahun yg lalu, saat saya akan menuliskan catatan akhir tahun atau review 2012, saya sulit menemukan atau mengingat 12 hal yg paling berkesan dalam satu tahun 2012. Karena saya sudah lupa semuanya. Saya harus membongkar catatan saya tentang kegiatan saya di tahun 2012, tapi hasilnya sangat sedikit. Saya hanya bisa menuliskan 4 hal yg sangat berkesan selama 2012. Padahal mungkin lebih dari itu. Gila 365 hari masak saya kesulitan menemukan 12 hal saja hahaha. Sebenarnya karena lupa dan tidak terekam sama sekali. Makanya tahun ini 2013, saya coba mencatat semuanya. Inilah usaha saya memenuhi janji saya menulis buku harian saya. Semoga ini menjadi SESUATU gitu hahaha..

Selesai menulis artikel dan online, saya minta si bisik mencabut uban-uban kecil di kepala saya. Ini rutinitas yg paling saya sukai saat liburan atau week-end. Mencari dan mencabut uban hahaha. Untung bukan cari kutu.  Kami duduk di teras rumah saya, supaya lebih terang dan leluasa. Karena bibik senang  suasana terang benderang. Sembari saya browsing intenet dgn Samsung tablet saya. Hmmm nikmatnya. Saya suka ketika uban dicabut di kepala,rasanya kayak cabut rumput tekik di taman hahaha Sebentar saja sudah selesai.

Sekarang saya memilih nonton TV sembari makan siang dengan udang balado dan tumis buncis. Enak sekali. Rasanya pedas banget karena pakai sambel galak hehehe. Habis makan siang, perut kenyang malah ngantuk berat. Saya pilih habis makan malah tiduran di kamar saya dan akhirnya tertidur lelap. Udara dingin dan mendung di langit hari ini membuat saya tertidur lama banget. Saya bangun pukul 15.30an hahaha lama ya tidurnya.

Bangun tidur siang saya mulai makan singkong goreng dan sembari nonton TV. Ada acara yg menarik di Metro TV yaitu Mata Najwa dengan tamunya Jusuf Kalla, Abraham Samad Ketua KPK, Mahfud MD Ketua MK dan Dahlan Iskan Dirut BUMN. Ini adalah orang-orang penting di negeri ini yg dicalonkan jadi capres 2014.  Sepertinya acara ini digelar di Makassar dan dihadiri oleh para mahasiswa. Saya pikir lumayan bagus isi dan tema yg diulas di sini. Setidaknya respon dan jawaban mereka ber4 sangat mendidik buat mahasiswa. Saya memang suka acara Mata Najwa. Itulah rutinitas saya sampai saat ini.

to be continue
nuchan@05012013

No comments:

Post a Comment