Sunday, December 5, 2010

Selimut Debu (Pernak-pernik)

Catatan kaki Selimut Debu





Membaca buku Selimut Debu ini, maka saya akan sering bertemu dengan catatan kaki. Dalam satu buku ini berisi  33 buah catatan kaki. Lalu apa istimewanya 33 buah catatan kaki ini? Ya, menurut saya cukup istimewa karena penjelasannya singkat tapi padat. Dengan membaca catatan kaki ini, saya menjadi sedikit paham tentang artinya , atau maknanya atau sejarah singkat negeri Afghan. Dan bagian catatan kaki ini sekaligus mendorong saya sebagai pembaca awam untuk mencari tahu lebih dalam  lagi arti atau makna atau sejarah negeri Afghan yg sebenarnya.

Kalimat pembuka setiap bab



Pada saat membaca Selimut Debu ini, Anda pun akan  terpesona dengan setiap kalimat pembuka yg dihadirkan oleh Agustinus pada setiap bab dalam buku ini.Yang menarik buat saya selaku pembaca awam adalah setiap bab dalam buku Selimut Debu ini akan dibuka dengan kata-kata bijak seperti quote, philosophy, poem, folk song dan lain-lain. Bagi saya   kata-kata bijak ini sangat membantu saya sebagai pembaca awam dalam berimajinasi dan sekaligus memperkaya pengetahuan  saya  tentang esensi dari  petualangan gila Agustinus ini dalam satu bab tersebut.

Tidak memiliki Daftar Isi


Saya sempat bingung kenapa buku Selimut Debu ini tidak melampirkan halaman daftar isi buku ini. Apa maksudnya ya? Ada unsur kesengajaan atau tidak yah? Kalau ada, kenapa? Apakah terkait dengan cost down? Semakin tipis bukunya semakin mampu menekan harga jual buku tersebut. Lagian selama ini halaman daftar isi pun tidak terlalu menolong pembaca dalam memahami isi buku tersebut. Atau penerbit lupa kali yah? Entahlah. Saya hanya terheran-heran saja. Kurang lazim sebuah buku tidak memiliki halaman daftar isi. Walaupun dalam kasus buku Selimut Debu ini, ketidakadaan halaman daftar isi membuat saya menjadi fokus membaca bab demi bab secara berkesinambungan. Biasanya kalau ada halaman daftar isi, saya suka tergoda membaca secara acak bab demi bab. Hehehe.Ayak-ayak wae!

Simbol




Saya juga bertanya-tanya apa kira-kira arti dari simbol ini ya? Gambar ini mewakili apa ya? Apakah sekedar aksesoris saja tanpa memiliki arti khusus. Atau memang ada artinya ya? Hmmm, karena bingung jadi milih cuek aja dech. Walaupun cukup penasaran juga dengan arti simbol ini hehehe.

To be continue.
nuchan@122010

No comments:

Post a Comment