Thursday, February 3, 2011

Tubuhmu adalah sahabat sejatimu

Merawat orang sakit sama kayak merawat bayi yg baru lahir. Harus hati-hati dan cermat kalau tak mau mereka jadi celaka atau tambah meradang. Saudara saya yg sedang habis operasi, badannya menjadi lemah dan mudah demam. Mungkin daya tahan tubuhnya sudah menurun. Makanan bener-bener harus dijaga dengan baik. Saya sering pusing tujuh keliling mau kasih makan apa yg sesuai dengan selera makannya. Yg pasti harus berserat. Dan kalau bisa sayur-sayur yg serba hijau dan menyehatkan.

Setelah sekian lama hidup dengan pola makan yg sangat buruk, sekarang saatnya seluruh penyakit menjadi bersatupadu merusak tubuh. Memang sering kali saat sehat saya dan Anda pun  lupa untuk merawat tubuh sendiri. Seolah-olah tubuh saya dan Anda  tahan banting terhadap segala cuaca dan makanan. Pada akhirnya waktu akan berbicara, seiring berjalannya waktu tubuh  pun kolaps alias tumbang, tak kuat lagi menahan segala makanan yg sangat beracun bagi seluruh tubuh.

Sekarang saya menyesal kurang pintar memasak, sehingga saat saudara saya sakit, saya tak punya keahlian untuk memasak makanan sehat dan bergizi. Tapi meskipun terlambat saya berusaha belajar cara memasak yg baik dan benar. Saya menghindari semua masakan yg menggunakan zat pengawet dan bumbu penyedap. Semua harus lebih segar.

Kulkas saya pun sekarang harus dipenuhi berbagai buah-buahan. Sudah saatnya memakan buah-buahan dan makanan yg serba mengandung serat. Saya kasihan melihat saudara saya yg tersisa saat “puff” , sakit luar biasa, kayak selokan yg sedang mampet,bau dan kotor. Semoga sakitnya ini menjadi titik balik buat dia untuk merubah gaya hidupnya dan pola makannya yg sangat buruk. Saya pun mencoba lebih peduli dengan tubuh saya. Saya pun berharap belajar dari rasa sakit saudara saya ini. Belajar mencintai tubuh saya sendiri. Agar jangan sampai jatuh sakit. Lebih baik terlambat dari pada tak pernah belajar sama sekali.

Pesan moral yg ingin saya sampaikan adalah :

1) Cintai tubuh Anda sebelum Anda bener-bener jatuh sakit dan tak bisa berbuat apa-apa lagi

2) Ada yg bilang sehat itu mahal. Saat ini saya berani mengaminkan kalimat itu. Kalau Anda sakit dan tubuh Anda tak bekerja dengan normal. Contoh : Tak bisa puff dengan lancar. Tak bisa kencing dgn normal. Tak bisa kentut. Dan untuk bisa normal Anda harus operasi dan membayar harga puluhan juta rupiah. Syukur kalau bisa sembuh, artinya uang Anda bisa membeli kesehatan Anda. Tapi ada kasus sudah bayar milyaran rupiah tapi tak bisa kentut juga. Akhirnya tewas karena tak bisa kentut. Hal yg selama ini tak pernah kita syukuri. Dan terbukti bahwa uang tak bisa membeli kesehatan Anda. Maka saya berpesan : Rawatlah tubuh Anda sebaik-baiknya. Karena tubuhmu adalah  satu-satunya sahabat sejati Anda. GBU All!

nuchan@04022011
Life is so beautiful but fragile!

No comments:

Post a Comment