Saturday, August 21, 2010

Bertahan hidup di musim dingin

Tubuhku ringkih

Bagi sebagian orang mungkin hidup di musim dingin itu sudah biasa tidak ada hal yang istimewa. Apalagi Anda yg memang hidup di negara 4 musim. Berbeda dengan saya yg sepanjang hidupnya selalu hidup di daerah tropis yang rata-rata suhu udaranya 25-27 derajat celcius. Yg lebih konyol lagi tubuh saya sangat ringkih dan rentan terhadap udara dingin. Kalau sedang berada di dalam ruangan ber-AC yg suhunya diatur 23 derajat celcius maka bisa dipastikan saya selalu merasa kedinginan, saking dinginnya biasanya saya pakai baju hangat hehehe. Sekali waktu President Director saya pernah melihat saya kedinginan dan memakai baju hangat. Dia mengkerutkan dahinya tanda bingung, lalu bertanya ke saya : Kamu sedang sakit? Saya jawab : Tidak. Lalu kenapa pakai baju hangat? Saya jawab saya tak kuat dengan AC yg menyala dengan suhu 23 derajat. Akhirnya beliau mengambil remote control AC dan mematikan AC tersebut. Alhasil teman-teman saya jadi rada kegerahan hehehe. Ayak-ayak wae. Karena merasa bersalah melihat teman-teman saya menjadi gerah, begitu Presdir saya pergi meninggalkan ruangan, saya langsung berlari menyalakan AC kembali dan wajah teman-teman saya cerah kembali hehehe. Dan saya pun kembali ke habit saya pakai baju hangat lagi kekeke. Dasar payah tubuh ringkih  hehehe.

Berita baik atau berita buruk?

Suatu pagi di awal Nov 2009,saya dipanggil oleh pimpinan saya untuk menjelaskan bahwa saya akan menjalani training selama 2 bulan di Niigata - Jepang. Lalu beliau tanya ke saya : Bersedia tidak? Saya jawab : Ya, bersedia hehehe...Habis pertanyaannya kayak orang mau mengajak menikah saja hahaha...Terus saya tanya kira-kira kapan? Katanya secepatnya. Mungkin Dec 2009 - Feb 2010. Woow mulut saya melongo mendengarnya dan jantung saya langsung ketar-ketir, gila itu khan lagi musim  dingin...Kalo cuma dingin kayak di Puncak Pass Bogor sich nga apa-apa, tapi ini musim dingin yg bener-bener super dingin di negara 4 musim. Tak bisa saya bayangkan kayak apa tuch dinginnya. Kini saya bingung mau beraksi gimana nie? Kalau tubuh saya tak ringkih dan tak rentan terhadap udara dingin mungkin saya langsung loncat-loncat kegirangan karena saya akan bisa memeluk salju sepuas-puasnya hehehe. Tapi ini beda banget, 23 derajat celcius saja saya harus pakai baju hangat apalagi nanti kalau sampai mengalami minus derajat celcius,apa yg akan terjadi pada tubuh saya... Tiba-tiba saja bulu kuduk saya merinding disko memikirkannya hehehe. Kasihan! Ini berita baik atau berita buruk ya?

Bersiaplah! Kalau tak mau collapse
Saya tak pernah mimpi harus hidup di musim dingin yg panjang. Kini suka atau tak suka saya harus belajar menghadapinya. Sahabat-sahabat saya yang tahu kalau saya akan training selama musim dingin di Niigata - Jepang jadi ikut-ikutan terlihat cemas dan khawatir malah cenderung lebay. Mungkin karena mereka pun tahu saya tak mungkin kuat menghadapi udara dingin. Tatapan khawatir mereka justru membuat saya jadi antara khawatir dan muncul perasaan tertantang untuk mematahkan kekhawatiran mereka bahwa saya akan mampu dan akan kuat bertahan di musim dingin. Saya hanya perlu belajar dan mencari informasi yg sebanyak-banyaknya bagaimana caranya bertahan hidup di musim dingin untuk orang Asia yg terbiasa hidup dengan suhu 25-27 derajat celcius. Jadi tak ada yg perlu dikhawatirkan hehehe. Singkat cerita saya pun mulai rajin mencari informasi di internet. Mulai dari jenis pakaian musim dingin yg ringkas dan nyaman, cara merawat diri selama musim dingin,cara merawat rambut dan kulit di musim dingin sampai vitamin-vitamin yg bermanfaat untuk menambah stamina dan kebugaran selama musim dingin. Pokoknya informasi apa saja yg terkait dengan musim dingin akan saya lalap habis hehehe. Ternyata ada manfaatnya juga tubuh saya ringkih dan rentan hehehe jadi saya bener-bener mempersiapkan diri dengan baik. Saya pun hampir termehek-mehek membaca berbagai info yg saya baca, saya tak pernah menduga begitu banyaknya detail-detail persiapan yg harus dilakukan bagi seorang pemula yg tak biasa hidup di musim dingin. Ampun dah hehehe!Bersiaplah! Kalau tak mau collapse.

Yukkkk!! Mari berburu perlengkapan musim dingin
http://www.expat.or.id/info/outletshopping.html

Melalui seorang sahabat saya yg bernama Titi yg super sering wara-wiri untuk tugas ke luar negeri saya mendapatkan info tentang factory outlet yg menjual berbagai pakaian musim dingin hehehe.. Evi dan Titi dua sahabat saya ini cukup bersemangat membantu saya untuk berburu pakaian musim dingin. Bisa Anda bayangkan dua-duanya punya selera yg cukup fantastis dalam hal memilih warna dan model pakaian apapun hehehe...Sementara saya sangat awam dalam hal dunia fashion hehehe. Betapa beruntungnya saya akan dipandu para pakar pakaian hahaha. Titi memang ahli menilai kualitas pakaian karena beliau memang bekerja di bagian industri tekstil dan pemasaran pakaian-pakaian yg diekspor ke luar negeri dan dia juga memiliki selera yg unik  & funky. Sedangkan Evi memang memiliki bakat alami dalam hal memadu-padankan pakaian hehehe. Kalau ditambah satu orang lagi sahabat saya Titin juga sama kerennya punya bakat dan selera yg bagus terhadap fashion hehehe, sayang sekali saat itu beliau sudah bermukim di Jerman bersama suami tersayang hehehe. Tapi dua sahabat saya saja sudah cukup ampuhlah menolong saya memilih pakaian-pakaian musim dingin ini hehehe.

Lokasi pertama yg akan kami tuju adalah salah satu factory outlet di Bogor namanya :

SOT Factory Outlet (formerly TMS)
Jl. Binamarga I/17 - Bogor
Tel. (0251) 316-555 , ext. 245
HP Han Ing 0818-102-201
Tel. (0251) 316-555

Terletak di jalan yang masuk ke Novotel Bogor di samping jalan tol. SOT ini di sisi kanan jalan dan sekitar 1-2 km dari pintu tol. Produk-produk yg dijual umumnya adalah merek-merek Jerman karena perusahaan ini hanya mengekspor pakaian-pakaiannya ke Jerman. Pakaian yg dijual di FO ini bukan barang yg gagal kualitas tapi barang-barang sampel yg sudah tidak digunakan lagi tapi masih dalam kondisi yg baik dan berkualitas tinggi. Sebagian besar yg dijual adalah pakaian-pakaian musim dingin, jadi kalau Anda berniat mencari mantel atau sweater maka FO ini bisa jadi pilihan yg sempurna hehehe kualitas baik tapi harga miring kekeke. FO ini sebenarnya tidak banyak diketahui oleh kalangan ekspatriat tapi sangat populer untuk kalangan anak-anak Indonesia yg studi di luar negeri atau yg akan tinggal di luar negeri dalam waktu yg lama. Maka di FO inilah saya berburu mantel musim dingin. Setelah mengubek-ubek sepuasnya akhirnya saya membeli mantel musim dingin seperti di bawah ini cukup pas ditubuh mungil saya hehehe.Dan beberapa buah sweater yg berkerah 'turtleneck' agar lebih hangat menutupi leher saya.
Pakaian berikutnya yg saya cari adalah Long John sejenis pakaian dalam yg cukup tipis  tapi panjang  sampai menutupi mata kaki terbuat dari bahan Fleece yg bisa membuat tubuh lebih hangat. Jadi sangat cocok dipakai sebagai pakaian lapis pertama saat musim dingin. Saya cari di internet ada yg jual di daerah Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta.

FARINA BUSANA
PASAR PAGI MANGGA DUA LT.2 BLOK B NO.198-199, HUB:021-6255615,0813-10608608,
EMAIL: toko.farina.busana@gmail.com



Atas saran seorang teman dunia maya yg sedang bermukim di Tokyo namanya Bernadette, dia menyarankan saya untuk membeli Winter Ear alat penutup telinga yg sangat berguna saat angin bertiup kencang di musim dingin dan kita sedang berada di luar ruangan, Winter Ear ini bisa menahan telinga dari rasa sakit karena angin yg bisa masuk melalui lubang telinga kita dan kadang2 katanya bisa membuat telinga berdenging saat tidak ditutup rapat.Wow daripada repot dan susah saya pilih membeli alat ini untuk berjaga-jaga kalau dibutuhkan nanti hehehe. Saya pilih warna coklat yg bulu-bulunya halus dan nyaman di telinga hehehe.


Sebenarnya ada beberapa benda lagi yg wajib saya persiapkan agar saya nyaman menjalani musim dingin yaitu sepatu boot yg terbuat dari kulit, kaos kaki yg terbuat dari wool, syal dan sarung tangan. Benda-benda ini akan membantu saya untuk  hangat di musim dingin selama saya berada di luar ruangan.



Semua benda-benda yg saya perlukan sudah dibeli. Siap untuk disusun di dalam koper saya. Siap pula untuk diterbangkan hahaha...I am so exciting.

Jakarta - Singapura - Tokyo- Niigata - Tokyo-Singapura - Jakarta

8 comments:

  1. training musim dingin di jepang? asik tu....mau dong dpet kesempatan bisa ke jepang ? sya blm pernah sekalipun ke jepang, ada lowongan tdk di perusahaan anda ?

    ReplyDelete
  2. Thx buat infox. Sy berminat kerja di Korea.. Tp kemarin dengar kabar dr sepupu yang uda lama disana,kl ada tmanx yg bru dsna 3mgu meninggal karena nggak tahan dg musim dingin. Ap benar2 sampai separah itu? Jd "keder".. Trus perna baca,katax ada yg sampai mimisan. Duh ngeri juga ya. Waiting 4 ur reply yach. Thx..

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya tidak separah yg digambarkan orang2 itu. Musim dingin bisa dijalani dengan baik kalau kita tahu bagaimana cara hidup di winter season. Kita yg biasa hidup di daerah tropis memang agak ekstra hati-hati ya..Karena suhu tubuh kita terbiasa dengan suhu 25-27 derajat hehehe. Saran saya,belilah pakaian musim dingin yg terbuat dari bahan fleece atau wool...pastikan Anda memakai pakaian baju dalam kayak long john yg terbuat dari bahan fleece. Terus pakai jacket khusus musim dingin yah..pakai topi kupluk,syal,sarung tangan kulit kaos kaki wool..Dan jangan lupa minum vit C dan pakai semua lotion, body lotion,pelembab bibir dll..Pastikan cari info sebanyak2nya bagaimana cara hidup di musim dingin yah...jangan khawatir tidak terlalu berat kog hahhaha

    ReplyDelete
  4. saya mau tanya donk, winter ear sama syal'ny beli dmn yah ? tolong kabari k no 081808992182 .. thx for ur info .. ^^

    ReplyDelete
  5. heloo, mau tnya, Winter Ear nya beli dmn ya? frina.chubby@yahoo.co.id thanks

    ReplyDelete
  6. terimakasih banyak atas artikelnya,

    ReplyDelete
  7. beli winter ear dimana?

    ReplyDelete
  8. aku bisnis mci,, bisa gratis jalan2 ke luar negri 3-6 kali setahun,, invite 24ed64a4

    ReplyDelete