Monday, August 16, 2010

Membocorkan data konsumen, melanggar UU tidak?

Saat ini  rasanya saya sudah sampai tahap terganggu  dengan berbagai SMS dan telpon dari berbagai kalangan marketing yg menawarkan berbagai kemudahan yg tidak saya butuhkan. Kelihatannya mereka mendapatkan nomor telepon selular saya dari Credit Card yg saya gunakan. Saya tidak tahu kenapa NO HP saya ini bisa  bocor kepada pihak ketiga yg tentu saja tidak berkepentingan dengan data saya. Sepertinya saat ini sudah tak ada etika lagi dalam hal kerahasiaan konsumen. Saya koq gemes dan rasanya pengen marah tapi yah nga bisa. Pelampiasannya kalau mereka telpon dengan segala bahasa yg sudah berurut penjelasannya langsung saya cut saja dech daripada saya emosi banget dibuatnya. Mau dimaki2 juga sich biar kapok tapi namanya marketing mah muka tembok haram jadah segalanya dech nga tahu malu.Ini  beberapa marketing dari Credit Card yg khususnya bagian meminjamkan uang dengan nama KTA lah Personal Loan lah dan bla bla bla...Kayak syetan dan horor banget, sudah tak melihat etika berbisnis sama sekali, cuma kejar target.



Saya sich tahu mereka sedang berusaha cari makan cari nafkah tapi koq cara-cara yg digunakan tak memenuhi etika berbisnis yah…Yah mau tengah malam keq mau siang2 lagi jam kerja keq, padahal khan kadang2 kita sedang meeting, bener-bener mengganggu. Dulu saya bisa sabar menolak dengan sopan santun yah, tapi sekarang saya langsung to the point saja, ada masalah dengan kartu kredit saya? Dia jawab tidak. Lalu saya bilang kalau tidak ada masalah jangan coba2 telpon saya menawarkan berbagai kemudahan lagi, karena saya bener-bener tidak butuh semua tawaran Anda tsb. Kalau pun ada hadiah atau taik kucing semelekete saya bilang silakan ambil saja, saya tak butuh, sembari telpon saya putus. Kedengarannya kasar banget tapi rasanya sudah terlalu sekali para marketing sialan itu mengganggu kenyamanan hidup orang lain. Mau menawarkan kenyamanan tapi koq dengan mengabaikan privasi dan kenyamanan orang lain.Capee dech…Go to hell! Udah kayak melihat syetan Lucifer saja...Buat Anda yg bekerja dibagian marketing begini ,sebaiknya Anda berpikir ulang dan menggunakan cara2 yg terhormat. Jangan menghalalkan berbagai cara, nanti Anda kena batunya...

Beberapa contoh yg sering saya terima :


Dari No HP +62838-99768421
PROMO DANA TUNAI s/d 150jt.U/ Krywn, Wiraswasta,Ibu rmh tgga.Sayarat Fc ktp + kartu kredit Hub. ACHI 08159641254/081210768687


Dari No HP +62838-98359902
Renovasi Rmh, Pendidikan,Liburan?Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan smp 150jt, bunga 1.50% flat. Syarat  Copy Kartu Kredit,Proses Cepat! Hub : MERCY, 08128044133


Dari HP +62838-99069936
Kpd Yth Bpk/Ibu dptkan fasilitas dana tunai (KTA) 5-150jt,syrt foto copy ktp & k.kredit, gratis asuransi HUB : EKA 0812-88584564. Tks, abaikan sms ini jk tdk berminat.


Dari HP +62838-98203969
Penawaran fasilitas Personal Loan/KTA StandarChart dari 20-150jt. Syarat dng: Copy K.Kredit <member since min.1th>, Copy npwp utk pinjaman diatas 50jt.Tq-Hadi-


Dari HP +62878-88033603
Just Info, u/pemasangan PARABOLA & Antenna Lokal UHF, sedia juga INDOVISION=149rb/bln & Toptv=85rb/bln,instalasi LANGSUNG: 021-33585918,0857-17394567. Maaf Thanks.


Dari HP +62838-96269945
INFO KTA : Bank Asing bunga ringan syarat cp ktp,cp kartu kredit /slip gaji,info Sinta 021928-15208/0812-9508821, Mohon maaf jk tdk nyaman/minat abaikan,TQ.

Kalau saya tambahkan masih banyak lagi. Saya kurang paham bagaimana caranya data konsumen ini bisa bocor. Apakah ada kemungkinan marketing  Credit Card tersebut membocorkan data konsumennya. Bener-bener menjijikkan sekali. Coba perhatikan NO HP di awalnya kayaknya hampir sama yah.. Jangan2 untuk info2 ini dikelola di sebuah tempat khusus yg pro, jadi mereka tinggal kirim2 aja tuch ke setiap customernya… Yah kalau mau syukur, nga mau juga nga papa mungkin…kayak nothing to lose saja lah… Perkara si penerima terganggu atau tidak itu bukan urusan mereka. Bener-bener brengsek…

Jadi ingat para presenter gossip di TV yg suka menggosipkan teman sesama artisnya sendiri dengan rasa tak tahu malu… Masak mau cari makan di atas aib orang lain…Kayaknya kena batunya tuch si Cut Tary sama Luna Maya…suka bikin gossip yg nga karuan…sekarang tahu sendiri dech video mesumnya dia merebak kemana-mana dech…Apa yg ditabur itu yg dituai dech. ABCD!

Pesan moralnya :

1. Hati-hati dengan data pribadi Anda jangan sembarang diekspos, karena banyak syetan marketing, kayaknya data konsumen sekarang gampang bocor.

2.Membocorkan data konsumen, melanggar UU tidak?Rasanya perlu ada UU kerahasiaan konsumen juga biar para marketing haram jadah itu tidak sembarang membocorkannya...Cape dechhh!

nuchan@16082010
copyright


No comments:

Post a Comment