Monday, June 13, 2011

Whatever you fear of, you have to deal with it

To :  Agustinus Wibowo

Kepada: Nuchan Aritra <nuchan.aritra@gmail.com>
Balas | Balas ke semua | Teruskan | Cetak | Hapus | Tampilkan aslinya

halo nuchan,
terima kasih banyak untuk emailnya. sorry ya agak telat balesnya. belakangan ini sibuknya minta ampun deh...

soal acara kick andy, lumayan bermanfaat. buku2ku skrg dah pada habis, dan udah cetak ulang. alhamdulillah. dan semakin banyak orang terinspirasi.
kalau aku menjadikan jalan2 bukan sebagai tantangan untuk ditaklukan, atau pelarian. jadikan jalan-jalan bagian dari hidup. aku pernah menjadikan jalan2 itu sebagai proporsi besar hidupku, tapi sebenarnya kalau kita memahami dari sudut yang lebih luas, jalan2 itu bukan semata2 perpindahan fisik. hidup kita sendiri pun sbnrnya adalah perjalanan. jadi kalau nuchan mikirnya kayak gini, mungkin akan berkurang stressnya. jalan2 itu tidak mengutamakan kita harus ke luar negeri atau gimana, tetapi kita bisa tetap bertualang di kota kita sendiri, tapi denggan menggunakan fresh eyes.

gitu aja sih sharing dariku. moga2 bisa bermanfaat ya

salam
agustinus


Hehehe terimakasih nasehatnya Gus..Nasehat kamu bagus sekali hehehe…Semoga menjadi pencerahan buat aku yah…:+)


Pertanyaannya, kenapa sih aku harus jalan-jalan ke LN?
Karena sebenarnya aku memiliki berbagai penyakit yg harus disembuhkan hehehe. Ayak-ayak wae.

Mengidap penyakit : cengeng, penakut dan superegois

Di dalam keluargaku, orangtuaku punya dua anak perempuan, kakakku dan aku. Tapi yg paling penakut itu cuma aku saja. Sepanjang hidupku dilalui tidur berdua bareng kakakku. Dari kecil sampai kuliah  bahkan sampai kerja pun, aku tidur bareng kakakku. Belum pernah pisah ranjang  dalam waktu yg sangat lama hahaha. Mungkin karena kakakku selalu menjadi malaikat pelindung, sampai aku lupa bahwa suatu saat dia harus menikah dan meninggalkan aku sendirian. Selama ini, kakakku menjaga aku bak pualam yg takut retak dan hancur berantakan ,kalau terjatuh. Justru perlindungannya membuat aku semakin tak bisa mandiri, serba ketergantungan. Dimatanya, aku tak lebih adik perempuan yg harus berlindung dibawah sayapnya hehehe.

Hal terberat yg pernah aku lalui dalam hidupku adalah tidur pisah dengan kakak kandungku karena kakakku akhirnya menikah dan harus ikut suami. Hampir 5 bulan aku seperti orang sakit nga bisa tidur sendirian. Kalau tidur kayak ada yg lihatin terus. Ketakutan. Jangan-jangan ada orang yg sedang melihat aku tidur. Semalaman aku bisa melek dan mondar-mandir hanya ngecek jendela dan pintu kamar. (Catatan : tapi tak ada satupun temanku yg tahu kalau aku nga bisa tidur sendirian. Kalau hari-hari biasa semua orang tahu aku anaknya cuek dan terkesan berani aja gitu. Tapi itu tidak bener. Saking nga bisa tidur 5 bulan, akhirnya jatuh sakit dan dirawat inap satu minggu di RS Jakarta. Ohlala rawat inap lebih menderita lagi dan lebih menyakitkan. Suntik demi suntik justru semakin menyiksa. 5 bulan tersiksa tidur sendirian, 5 hari justru kayak ada di neraka, sakit tanpa didampingi orang tua lebih menyakitkan. Kayak anak yg nga punya orang tua aja...Susah menceritakannya kepada orang lain...Mungkin ini yg disebut cengeng plus penakut yah? Lengkap deh.)

Mungkin karena kepepet dan tak sudi lagi diperbudak rasa takut atau karena sudah di puncak rasa takut dan lelah sekali, maka aku mengambil keputusan dan berketetapan hati, cukup sudah penderitaan ini. Karena stress dan menderita banget, malam itu aku berdoa, taelah karena stress dan sakit banget baru dech ingat Tuhan hahahha... Aku berdoa bilang begini sama Tuhan :  Tuhan, cukup sampai malam ini saja aku jadi  perempuan cengeng dan penakut. Dan tak akan ada lagi yg boleh bikin aku takut. Cukup Tuhan, aku sudah terlalu lelah. Lelah lahir batin.  Bantu aku menghilangkan rasa takut itu. Karena aku percaya Engkau selalu ada buat aku. Amin! hahahha ( kalo ini Tuhan pasti tahu banget kalau aku suka ngecap hahahhaa...Untung Tuhan itu Mahapemaaf juga sich hahahhaha..Jadi biar pun aku ngecap dia cuek aja tuch hahhahhaa)

Simsalabim, dalam waktu singkat,  hanya Tuhan yg tahu, aku sembuh total, jadi berani tidur sendirian. Katanya sih itu "The power of the mind" hehehe. Aneh tiba-tiba aku jadi nga takut lagi. tidur sendirian Aku coba pindah  ke rumah lain, ke tempat yg super sepi banget, bahkan suara jangkrik pun terdengar kencang banget tuch. Tetap nga takut lagi. Aku tidur lelap, selelap-lelapnya hahhaha...(tapi lupa bilang, aku taruh Alkitab di bawah bantal hahaha..rasa-rasanya kalau ada Alkitab itu jadi kayak ada yg jaga hahaha..betewe, mungkin ini sugesti kali yah...) Aku coba belajar tidur sendirian dan minta adekku pindah sementara tidur di rumah temannya, hebat bener, tetap aja nga takut tuch, tidur nyenyak juga. (mungkin karena ada suara jangkrik jadi kayak musik pengantar tidur  kaleee hahaha..just kidding!) ...

Alamak bukankah ini peristiwa luar biasa, aku bisa tidur sendirian dan tak punya rasa takut lagi ...hahhahaha, aku jadi ngakak-ngakak jumpalitan kayak dapat lotere 1M aja...Ohhh aku histeris kegirangan karena tak punya rasa takut tidur sendirian. Rasanya kayak menang mengalahkan ketakutan sendiri hehehe. Sejak saat itu, aku mulai belajar menantang diriku sendiri untuk melihat seberapa berani sich akunya menghadapi dunia ini hahhahhaa...(Ini sich asli lebay banget hahhahaha....Boleh donk lebay dikit hahaha...Kalo Sophie Mou baca ini, pasti terjungkal dia dari kursinya..atau malah bilang begini :  dasar manusia  aneh...hahaha)

Entah bener entah tidak, mantan President Director aku yg dulu pernah bilang begini : Jangan menghindar dari rasa takutmu, kalau kamu merasa takut, justru  harus dicoba dan dijalani, apa yg buat kamu takut itu  katanya...(Dalam hati gue, gila, kamu sich ngomong doang, tapi khan yg takut aku, bukan kamu sich..tapi dalam hati doang sich. Nga berani bilang langsunglah, takut dipecat hahhaha) Semua itu hanya permainan pikiran katanya. Katanya semua orang pasti punya rasa takut, tapi harus dihadapi dan jangan lari. Halah nasehatnya gampang banget sih.

Ini penyakit kedua, waktu dulu, dulu banget nie, kalau aku disuruh presentasi di depan para petinggi-nya kakiku pasti gemetaran dan lupa apa yg mau diomongin. Grogi dan keringat dingin. Demam panggung. Tapi dia selalu dengan mata penuh kasih bilang begini dengan matanya : ”Nga apa-apa”...Terus ..terus terus ...Sampai akhirnya, aku  belajar nga punya rasa takut sama sekali...hehehehe..bahkan kalo ada yg menyuruh presentasi dadakan pun, udah pede banget hahaha...malah kelihatan overconfidence hehehhehe..(ini sih norak banget hihihi)

Satu persatu ketakutanku berkurang. Tapi khan itu masih dalam kandang hehehe. Gimana rasanya kalau dicoba di LN..Dimana tak ada orang lain yg aku kenal. Sanggup tidak? Kuat nga tanpa bantuan orang-orang yg aku kenal? Hanya mengandalkan diri sendiri, orang asing dan Tuhan. Nah jalan-jalan ke LN itu sebenarnya lebih kepada menguji kemampuan aku sendiri. Aku kuat nga sih hidup di negeri orang? Punya nyali nga sich jalan sendirian? Ini kayaknya lebih kepada menantang diri sendiri hehehe...(halah maaf ada yg kurang alasannya, sekalian pengen pamer juga sich kalau gue juga bisa jalan-jalan sendiri ke LN hehehe..Yah buat  memuaskan ego dan rasa narsis juga sich hehehe..Sekalian bisa diposting  di FB  buat gaya-gayaan doang hehehe..Khan kurang adil kalo nga jujur soal kenarsisan ini hehehe)

Penyakit berikutnya, kategori penyakit aku yg ketiga, nga bisa beradaptasi dengan makanan luar selain masakan asli orang Indonesia ( maksudnya masakan Indonesia itu masakan Padang, masakan  asli Sumatra Utara  atau masakan asli Sunda)  Setiap kali travelling ke LN atau di dalam negeri, sama saja, pasti menderita dengan urusan makanan ini. Nga bisa menelan makanan yg aneh-aneh. Aku nga suka wisata kuliner. Standar di lidahku hanya ikan teri balado, daun ubi tumbuk, sayur asem, rendang padang dll yg serba-serbi Sumatra banget gitu lo...Pernah 2 minggu liburan ke KL, Singapore dan Bangkok, gila 7 hari nga makan nasi dan menu Indonesia kayaknya tersiksa banget dan hari ke-8 aku sudah nangis dan nga kuat lagi meneruskan perjalanan ....Pemandangan yg paling bagus pun terlihat jelek di mataku..Aku meradang pengen pulang. Ohlala bener-bener temanku speechless hahhaha...Temanku pasti mikir  aku itu manusia aneh hahaha....Cengeng banget katanya hehehe..Ngerepotin katanya hahaha. Cape deh.

Ini cerita lebih parah lagi. Pas lagi training di Niigata Jepang juga sama kasusnya. Baru 2 minggu aku sudah homesick..Homesick...homesick..homesick... Itu tutornya bingung ngadepin aku yg lagi homesick hahaha…Semalaman aku nangis di apartemen. Gila, 2 minggu nga ada matahari, saat itu  lagi winter season. Yg ada suhu bergerak dari 5 derajat sampai -4 derajat. (ini sih belon apa-apa dibandingkan rasa dingin yg Agus alami sich hahaha...tapi badanku terbiasa bermandi matahari jadi suhu 5 derajat aja udah rasanya dingin  sampai menusuk ke tulang banget booo) Tiba-tiba rasa rindu yg teramat hebat mendera luar biasa. Mungkin itu homesick terberat yg pernah terjadi dalam hidup gue...Matahari yg menyengat,  mengigit dan membakar kulitku jadi gosong di Jakarta terasa indah dan nikmat dalam bayanganku. Macet, debu dan semua kesemrawutan Jakarta tiba-tiba menjadi sebuah keindahan di mataku. Salju putih yg menggunung di depan apartemenku tiba-tiba terlihat jelek dan memuakkan. Aku marah dan aku benci dengan salju putih itu. Aku ingin matahari. Aku ingin matahari, Tuhan. Aku menangis semalaman rindu merasakan matahari. (Aneh, padahal aku yg pernah berdoa, agar Tuhan memberikan aku kesempatan untuk hidup di musim dingin, merasakan salju putih yg kuimpikan..Tuhan sudah mengabulkan doaku...Tuhan sudah memberikan rahmat yg luar biasa buat aku, menikmati salju-salju putih yg luar biasa indah...Ironisnya, saat impian itu sudah terkabul, aku justru menangis ditengah-tengah salju putih yg kuimpikan dan mengharapkan mentari yg paling kubenci itu untuk segera hadir dihadapanku...Saat itu aku hanya ingin matahari saja. Sebentar saja Tuhan, berikan aku mentari itu.Aku merengek-rengek minta mentari.



Pagi-pagi hari minggu, pukul 9 pagi waktu Niigata, percaya nga percaya, tiba-tiba dari balik jendela aku melihat sinar mentari memantul di pohon-pohon  yg sudah ditutupi salju putih. Aku berlari-lari histeris turun dari lantai 2 apartemenku menuju area parkir mobil...aku lupa pakai sarung tangan, tiba-tiba tanganku menjadi dingin sekali. Lari lagi ke lantai 2, ambil sarung tangan dan kamera saku. Turun lagi berlari-lari, takut mentari itu lenyap seketika. Aku berdiri di dekat pagar dekat area parkir mobil, menatap sinar mentari kegirangan. Aku sibuk memotret sinar mentari itu dari balik pohon cemara. Mulutku komat kamit berdoa dan berterimakasih kepada Tuhan...Terima kasih  Tuhan untuk sinar mentari ini... Tuhan itu baik dan sangat baik. Minggu pagi itu, Tuhan bukan saja memberikan sinar mentari di musim dingin yg sangat dingin di kulitku, tapi Tuhan kasih bonus yg luar biasa, Dia berikan pelangi, pelangi terindah di musim dingin di Niigata. Aku sibuk memotret pelangi itu...Selama 30 menit aku berdiri di sana bermandikan mentari yg kurindukan itu dan Tuhan kasih bonus pelangi yg indah. Aku menangis terisak-isak dan airmata membanjiri pipiku dan  entah berapa lama aku duduk berjongkok sambil mendekap kakiku di dekat pagar itu. Aku menangis karena Tuhan menjawab doaku. Aku menangis karena lancang mempermainkan Tuhan dengan doaku. Kemarin minta salju sekarang minta mentari...bukankah itu sama dengan mempermainkan Tuhan...Entahlah. Semoga Tuhan memaafkan semua keegoisanku.Superegois.

Perlahan-lahan mentari itu hilang lenyap. Tapi aku sudah tidak menangis lagi. Aku tak ingin Tuhan bersedih dengan semua kekonyolan yg kuperbuat. Hari itu, aku berjanji tak akan aneh-aneh lagi. Homesick hilang. Kini aku memiliki semangat baru. Dan tiba-tiba saja aku menjadi orang yg paling bahagia saat itu. Suasana hatiku tiba-tiba berubah. Melanjutkan hari-hari training dengan penuh suka cita. Ampun dah. Bener-bener manusia aneh bin ajaib hahahaha...Moody banget.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini aku lebih banyak belajar berdamai dengan semua ketakutanku, keanehanku dan segala macam tindak-tanduk yg superaneh dan bikin Tuhan pusing tujuh keliling hahaha... Tapi uji-nyali ke LN itu cukup berhasil merubah karakter aku yg superegois. Dan mungkin sekarang lebih rileks dan berharap lebih sabar kali yah...Melihat dunia luar juga menolong aku untuk bisa menerima budaya dan karakter bangsa lain. Pengalaman-pengalaman dapat kejutan dan kebaikan di berbagai negara itu juga, cukup untuk menyadarkan aku bahwa setiap negara dan setiap bangsa punya ciri khas dan punya keunikan masing-masing. Belajar melihat sisi indahnya bukan melihat perbedaannya hehehe...Alamak semoga aja , aku bisa tambah dewasa melihat semua perbedaan itu...


Mungkin Agus yg sudah melanglang buana ke mana-mana, mungkin jadi jauh lebih bijak menyikapi hidup ini..hehehe. Kalau membaca dua buku yg sudah Agus terbitkan  sich, Agus terlihat  lebih  kuat dan lebih bijak dalam melihat perbedaan dari setiap bangsa maupun individu yah...Mungkin yah...Aku hanya menyimpulkan dari buku yg sudah kamu tulis itu.  Itu sebabnya aku jatuh hati  membaca buku Selimut Debu dan Garis Batas...Seperti membaca kitab kehidupan...hehehehe...Membaca buku kamu nga bisa sambil lalu, harus berulang-ulang dibaca sampai lecek dan dekil hehehe....Tapi nasehat kamu tadi diatas patut direnungkan hehehhe....Semoga gue bisa belajar lebih baik lagi  dalam menyikapi hidup  hehehe...Tidak cengeng, Tidak penakut dan tidak egois hahaha. Tiga penyakit yg mematikan. Ma kasih untuk balasan emailnya yah...Sorry aku mau posting jawaban aku ini di blog yah...Semoga jawaban ini bisa menjadi remah yg indah buat teman pembaca yg lain. God bless you!

Kamu nga marah khan kalau aku posting di blog?Hehehe...Diposting dulu baru nanya nie hahaha...(kalo gitu jangan nanya yah hehehe...Ayak-ayak wae!)

nuchan@052011
There's always gonna be another mountain
I'm always gonna wanna make it move
Always gonna be a uphill battle
Sometimes I'm gonna have to lose

Ain't about how fast I get there
Ain't about what's waiting on the other side
It's the climb

No comments:

Post a Comment