Sunday, June 5, 2011

Tips jalan-jalan ke luar negeri bagi pemula

Membaca kisah petualangan Agustinus Wibowo di Kompas.com atau buku Selimut Debu maupun Trinity dengan buku The Naked Traveler, sudah pasti banyak memberikan pengaruh dan inspirasi buat  kaum muda Indonesia yg rindu  punya kesempatan melanglang buana atau menjelajahi berbagai negara asing seperti mereka berdua. Keluar dari cangkang yg mengungkung mereka selama bertahun-tahun. Bosan dan penat berada dalam zona nyaman yg membuat otak jadi tumpul dan tak punya pengalaman menghisap sari pati hidup.

Rasanya dengan membanjirnya Low-Cost Airline di Asia, membuat kaum muda Indonesia punya kesempatan besar untuk bisa traveling ke luar negeri. Bahkan akhir-akhir ini jangan heran kalau ada yg bisa menembus beberapa negara Asean dengan modal hanya 2 juta rupiah. Makin hari makin kreatif saja para traveler ini dalam menghemat biaya untuk bisa menembus beberapa negara dengan biaya seminim mungkin.

Dunia IT yg semakin maju pesat membuat semua orang bisa mendapatkan berbagai informasi yg diinginkan dalam hitungan detik saja. Cukup klick Mang Google, maka segala informasi penting akan bisa  kamu dapatkan  di sana. Mau info tiket murah,pasti ada. Mau info  penginapan murah, pasti ada di sana. Mau cari tahu tips traveling 3M, pasti ada. Informasi begitu mudah dan mengalir deras di dunia  maya, sehingga hal-hal yg dulu mustahil dan terasa sulit sekali dicari, sekarang malah bisa didapat dengan mudah. Cukup duduk manis di depan laptop atau kompi kamu, maka dunia sudah di depan kita. Aha, menakjubkan bukan hehehe.

Tapi tak jarang atau  masih ada lo yg bertanya kebingungan bagaimana caranya ke luar negeri. Susah nga prosesnya. Aman nga, jalan sendirian buat cewe.  Yah pertanyaannya masih mendasar sekali. Saya pernah sampai ketawa terpingkal-pingkal baca artikel di salah satu blog traveler ternama di Indonesia, dia menulis di blognya dengan cuek sekali. Kalimatnya  begini : Mau tahu caranya keluar negeri? Beli tiket, pergi ke bandara, terus terbang deh…hahaha. So simple. Pasti si penanya yg sudah bertanya secara serius itu, terbengong-bengong atau malah tersinggung karena sakit hati dengan jawaban yg sangat asal banget atau malah ikutan tertawa terpingkal-pingkal karena dia sudah bertanya hal-hal yg lucu banget kepada seorang traveler yg sudah malang-melintang dan berkelana ke berbagai belahan dunia. Tentu saja pertanyaan seperti itu, sudah menjadi pertanyaan usang bagi mereka hahaha. Sederhananya, mereka mau bilang begini, sudah sudah sudah jangan banyak bertanya, tapi segera bertindak. Belajarlah sambil jalan. Jangan hanya bertanya melulu hahaha, kamu nga akan ke mana-mana kalau hanya bertanya melulu hahaha. Kadang-kadang dibutuhkan tindakan spontanitas dan rasa nekat hehehe.

Saya pikir hampir semua traveler, sebenarnya akan memberikan jawaban yg tak jauh berbeda. Semua menyarankan segeralah bertindak dan jangan hanya bertanya dan menjadi penonton saja. Awali dengan tindakan. Beli tiket ke negara yg ingin kamu kunjungi. Persiapkan segala sesuatunya sebaik yg kamu bisa.  Lalu belajar melalui info-info yg tersedia bebas di internet.Lebih kurang belajarlah di jalanan. Nanti seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan semakin bijak menyiasati semuanya. Saya pun melakukan hal yg sama. Saya belajar travelling sendirian sembari jalan.

Saya ingin berbagi dan kasih saran buat kamu-kamu yg sama sekali belum pernah ke luar negeri, pengen memulai tapi bingung mau memulai  dari mana.
Ini beberapa saran dan tips dari saya :

1. Yg pertama dan terutama adalah siapkan mental kamu. Biar kamu punya uang banyak, tapi nga siap mental, sama saja bohong. Kamu nga bakalan ke mana-mana.
2. Buatlah  paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.
Untuk mengurus paspor ada 2 cara yaitu kamu urus sendiri ke kantor imigrasi terdekat dari rumah tinggal kamu atau bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti Travel Agent atau ada juga tempat khusus yg menyediakan jasa pengurusan paspor. Terserah mana yg nyaman buat kamu. Tapi saran saya, mendingan urus sendiri saja, jadi kamu punya pengalaman bagaimana mengurus paspor sendiri. Gampang atau susah jadi tahu. So kamu bisa berbagi dengan teman kamu saat ditanya bagaimana mengurus paspor.

Tips mengurus sendiri paspor di di Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tips Umum:
1. Datanglah pagi-pagi sekali
2. Hari Selasa
2. Lengkapi dokumen
3. Berpakaian Rapi Sopan dan Bersepatu
4. Bawa Alat tulis
5. Bawa Lem perekat
6. Siapkan materai 6000 (kalo dibutuhkan)
7. Hindari calo dan harus  sabar

Dokumen Penting (semua asli dan fotokopi):
1. Akte Lahir
2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
3. Kartu Tanda Pengenal (KTP/SIM)
4. Ijazah Terakhir
5. Surat Nikah (bagi yang menikah)
6. Surat Rekomendasi Perusahaan/Instansi (asli aja)
7. Photo 4×6 sebanyak 2 lembar

Prosedur  Umum Pembuatan Paspor
1. Datang Ke Kantor Imigrasi yg terdekat dari rumah tinggal kamu.
2. Ingat Bawa Dokumen Penting
3. Ambil Formulir di loket Pendaftaran (harusnya gratis)
4. Isi formulirnya (bisa baca tulis khan?)
5. Jika diisi pekerjaan swasta maka butuh Surat Rekomendasi (tulis aja wiraswasta)
6. Tempelkan photo 4×6 : 1 lembar  pada bagian depan PERDIM II
7. Masukkan semua berkas asli maupun fotokopi
8. Berikan ke Petugas di LOKET B2 (penerima)
9. Tunggu untuk dipanggil dan pengembalian berkas asli ke pemilik.
10.Pulang dengan membawa selembar kertas pendaftaran.

Prosedur Lanjutan Pembuatan Paspor
1. Kita akan datang 3-4 hari setelah penyerahan dokumen
2. Jangan lupa bawa kertas pendaftaran
3. Serahkan kertas pendaftaran ke Loket B2 (loket awal)
4. Tunggu panggilan (cepet kok pas sepi cuma 15 menit)
5. Setelah dipanggil, kita menuju ruang Photo Biometric (antri)
6. Dandan yang rapi, bercermin kalo acak-acakkan
7. Berphoto, harus senyum nggak boleh nangis
8. Finger Print, photo 10 sidik jari tangan kita
9. Wawancara perihal arsip, dokumen dan tujuan imigran.
10. Bayar di loket pembayaran, minta kwitansi untuk pengambilan.
11. Tanda Tangan Paspor

Biaya yang harus dikeluarkan untuk Paspor 48
1. Adminitsrasi: Rp. 5000
2. Paspor 48: Rp. 200.000
3. Photo Bio: Rp. 55.000

Pengambilan Paspor
1. 3-4 hari kemudian bawa kwitansi sebagai bukti untuk pengambilan
2. Serahkan Kwitansi ke Loket B1 (penyerahan)
3. Tunggu hingga dipanggil
4. Tanda tangan Pengambilan
5. Simpan paspor dengan baik dan bawa pulang.
6. Selesai

Ini prosedur umum yg dilakukan bila mengurus paspor  sendiri. Tapi kalau kamu sibuk, bisa diserahkan ke jasa Travel Agent saja, tapi harga pembuatannya tentu relative lebih mahal. Saya pernah pakai jasa pihak ketiga, biaya yg saya keluarkan sekitar 600ribu rupiah.  Paspor perorangan ini ada 2 jenis  yaitu paspor 24 dan paspor 48. Perbedaannya adalah jarak jangkau tujuan, untuk paspor 24 hanya wilayah tertentu di Asia sedangkan paspor 48 lebih flexibel untuk perorangan.Sebaiknya urus saja langsung paspor 48, sehingga kamu lebih fleksibel memakainya. Karena masa berlaku paspor itu 5 tahun sejak diterbitkan. Sebaiknya hindari jasa pengurusan dengan calo-calo yg suka liar di kantor imigrasi.Supaya tidak meracuni petugas imigrasi yang sudah kaya itu dengan sogokan uang haram kita lewat perantara. Meski prosesnya cukup lama yaitu 7-9 hari tapi dengan bekal persiapan diatas proses jadi lebih cepat.Selamat mencoba.

3. Tentukan negara yg ingin Anda kunjungi, sebagai perjalanan perdana Anda ke luar negeri. Kalau kamu masih belum punya mental sebesar para petualang itu, maka saya sarankan kamu mencoba jalan-jalan dulu ke Kuala Lumpur. Pertanyaannya kenapa mesti KL?Karena memasuki KL atau seluruh negara Asean, kamu tidak perlu lagi mengurus visa. Ke KL nga butuh visa. Kenapa KL? Karena Airasia saat ini sehari bisa 5X dalam sehari punya jadwal terbang ke KL. Dan sering terjadi promo jor-joran dari AA. Kalau kamu sedang beruntung dapat tiket promo terheboh maka biaya tiket PP Jkt-KL bisa hanya 250ribu rupiah saja. Jadi Anda cukup picing mata beli tiketnya. Kenapa KL? Karena Anda tak perlu mengalami kendala bahasa yg terlalu signifikan. Kenapa KL? Karena menu masakan pun masih bisa ditolerir lidah kita yg Indonesia banget gitu lo. Kenapa KL? Karena biaya hidup di KL masih relative sama dengan Jakarta. Kenapa KL? Karena KL pun punya banyak tujuan wisata yg bisa kamu kunjungi dan bisa menjadi pelajaran sejarah penting buat kamu. Jadi nga ada salahnya, kamu coba KL. Kalau sudah punya mental kuat, boleh saja sich langsung ke KL,Singapore,Bangkok dan Ho Chi Minh.

4. Siapkan diri kamu untuk berburu tiket murah ke negara yg ingin Anda kunjungi. Kunjungi Low-cost Airline di  http://www.airasia.com/  

5. Searching di internet tentang negara yg ingin kamu kunjungi. Cari daerah-daerah wisata yg menarik buat kamu kunjungi. Karena tiap-tiap orang beda seleranya, maka carilah daerah wisata yg cocok dengan selera kamu.

6. Susunlah jadwal acara kamu selama berada di negara yg ingin Anda kunjungi. Tambahkan jenis transportasi yg ingin kamu pakai selama menjelajahi negeri itu atau jenis transportasi yg tersedia di negeri tersebut.

7. Bookinglah penginapan di  guesthouse atau losmen atau hostel atau hotel. Sesuaikan dengan budget yg kamu punya. Kalau traveling sendirian, saya sarankan menginaplah di guesthouse, kamar yg dormitory, karena dananya bisa patungan dengan traveler yg lain. Biasanya dormitory ada juga yg khusus perempuan.Harganya pun hitung per kepala bukan per kamar.

8. Tentukanlah seluruh biaya atau budget yg timbul selama perjalanan. Supaya kamu tidak kehabisan uang saat berada di negeri orang.

9. Buatkan dana cadangan, untuk antisipasi kalau ternyata perhitungan kamu meleset.

10. Scan semua dokumen penting yg kamu punya dan kirimkan ke alamat email address kamu yg bisa dibuka di seluruh negara. Jangan pakai email kantor. Sebaiknya semua dokumen seperti tiket PP, fotokopi paspor dll, di scan dan simpan di email address seperti gmail,yahoo,dll. Yg penting bisa dibuka di semua negara. Supaya kalau ada masalah, kamu punya back up data yg bisa diprint-out setiap saat.

11. Kalau saat traveling banyak berjalan kaki, sebelum berangkat rajin-rajinlah latihan atau olah raga. Supaya saat traveling badan kamu masih bugar. Khan nga enak, kalau sakit di negeri orang.

Nah sekarang buat kamu-kamu yg masih bingung bagaimana caranya jalan-jalan ke luar negeri, sudah punya gambaran khan gimana cara memulainya hehehe. Sudah tunggu apalagi, segeralah bertindak. Yuk! Jalan-jalan ke luar negeri! Rasakan nikmatnya menjelajahi negeri orang. Jangan hanya sembunyi dalam cangkang hehehe.

nuchan@052011
Happy Traveling!

6 comments:

  1. thanks ya mbak nancy,,
    info"y bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus dan mengandung banyak informasi.
    namun alangkah baiknya kalau kita melakukan perjalanan di dalam negri dulu.

    ReplyDelete
  3. makasih mba info nya pembuatan paspor, www.facebook.com/fiestaindonesia/

    ReplyDelete
  4. Bener banget! Yang penting jalan ...

    ReplyDelete