Thursday, February 21, 2013

My diary Friday, Feb 8th,2013

 My diary Friday, Feb 8th,2013

Pagi ini saya bangun lebih pagi dari biasanya pukul 5.30 pagi. Saya berharap bisa tiba di kantor lebih pagi karena hari ini Jumat, 8 Pebruari 2013 perusahaan kami akan merayakan ulang tahunnya yg ke-20 secara spesial, 20th Anniversary. Hari ini begitu penting buat perusahaan kami, perjalanan panjang selama 20 tahun melintasi pasang surut bisnis di Indonesia. Saya pikir perusahaan kami pantas untuk merayakannya secara khusus untuk mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena melalui perusahaan ini kami putra-putri Indonesia sudah bisa BERBAKTI kepada negara Indonesia melalui industri.

Entah kenapa  pagi ini jalanan sangat lancar dan matahari bersinar cerah tapi cuacanya sejuk. Apakah ini kebetulan atau sebuah keberuntungan. Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu, kadang pagi hari hujan deras atau siang hari tiba-tiba angin kencang disertai hujan deras. Tapi pagi ini semua cerah. Secerah asa yg akan kami hadapi di masa yg akan datang. Betapa nikmatnya pagi ini.

Untuk menyambut hari special ini seluruh kantor dilakukan perombakan habis-habisan, yg menelan biaya MMan. Baju seragam diganti dengan warna yg baru. Lobi utama disulap menjadi show room dan dipajang display board dengan desain ringkas minimalis yg menampilkan seluruh produk-produk kita yg sedang dipasarkan di Indonesia maupun yg akan segera diluncurkan tahun ini 2013.

Memasuki area perusahaan saya, di dekat lobi sudah berjajar berbagai papan ucapan selamat dari para supplier dan rekanan bisnis perusahaan kami. Pintu lobi dihiasi dekorasi yg serba putih dan menampilkan slogan baru perusahaan kami.

Semua staff HR memakai dress code BATIK. Bener-bener terlihat sedang ada hajatan banget. Semua para wanita berdandan secantik mungkin. Ketika saya memasuki rest room di lantai 2, semua rest room sudah dipenuhi para gadis-gadis cantik yg akan jadi among tamu dan penari. Saya yakin mereka pasti lama di sana, maka saya pilih mengalah tidak jadi ikutan dandan hehehe. Mereka terlihat cantik dan sexy…hehehe.

Pukul 9 pagi acara akan dimulai. Tapi seperti biasa ada pejabat yg ditunggu jadi wajar donk kalau telat. Itu biasa. Saya coba pergi ke lokasi perayaan karyawan sudah ramai berkumpul di sana ingin menyaksikan perayaan ini. Tapi tempatnya tidak begitu nyaman. Secara pribadi tidak memenuhi harapan saya. Jauh dari bayangan mewah.

Saya balik ke meja kerja saya, meneruskan mengecek email saya. Saya akan bergabung dengan acara ini ketika acara dimulai saja. Menyenangkan melihat semua terlihat gembira.

Waktu saya balik ke tempat kerja saya, kelihatannya atasan saya gelisah melihat saya masih terus berkutat di depan computer. Dia mengingatkan saya 2X kalau acara akan segera dimulai. Padahal saya tahu acara pasti telat karena kami harus menunggu para pejabat yg biasanya telat itu. Saya suka malu lihat pejabat Indonesia ini. Sebenarnya saya tak tertarik harus menunggu di lokasi acara, lebih nyaman duduk di kursi saya melihat email. Tapi dari pada jadi masalah besar, maka saya turun ke lobi mengambil photo-photo di lobi dan memotret papan ucapan selamat dari berbagai supplier. Kebetulan rekan kerja saya datang dari lokasi pengecekan di Hotel Sahid, maka kami memutuskan photo berdua di depan office dengan baju baru hehehe. Walaupun secara pribadi saya kurang suka warnanya. Pastel dan pucat.

Selepas photo-photo saya menuju lokasi acara. Acara kini sudah dimulai. Dimulai dengan pembukaan acara yg menggunakan video dan slide rekaman sejarah berdirinya perusahaan ini, dan sejarah panjang yg menyertai seluruh aktivitas perusahaan ini selama 20 tahun. Sayang sekali penyusunan photo-photo dan pilihan lagunya tidak seheboh yg diceritakan sebelumnya kepada saya oleh EO-nya.  Good but not excellent.

Saya berharap pesta perayaan yg menawan dan tak terlupakan. Bahkan saya berharap di dalam penyajian sejarah panjang ini mereka akan menampilkan 7 profil mantan President kami terdahulu yg sudah membangun fondasi perusahaan ini, dengan segala karakter yg berbeda. Ini akan membantu generasi baru mengenal pendahulunya. Sayang itu tak ada.

Bahkan souvenir yg diberikan pun tak terlalu mewakili keistimewaan dan kemegahan ulang tahun ke-20. Hadiah yg aneh di mata saya. Cenderung menyedihkan. Saya sadar itu cukup tradisional buat saya tapi sering kali kita terjebak dengan sentimental masa lalu. Sehingga melenceng dari tujuan yg sesungguhnya. Hadiah yg mungkin jadi pilihan paling masuk di akal saya adalah salah satu produk terbaru kami yg paling banyak terjual. Mungkin itu akan memberikan sentuhan tersendiri untuk karyawan yg sudah bekerja selama puluhan tahun. Tapi bukan itu yg terjadi. Hmmm menyedihkan.

Dan yg paling mengganggu di benak saya adalah pilihan penerima tamu yg menggunakan gadis-gadis seksi memakai baju putih yg seksi dan memakai make up artis dan sepatu high heels yg tak layak dilakukan di sebuah perusahaan yg memiliki brand berkelas. Bukan sepatu high heels yg mengganggu saya, tapi saya tak melihat attitude yg dibangun dengan baju yg mereka pakai. Mereka terlihat seperti boneka penghias lemari yg tak akan dinikmati secara hikmat dan berkelas.Pilihan yg aneh dan tak berkelas. Saya berharap penampilan mereka berkelas dan terhormat. Seluruh ruangan akan sangat terhormat bila dilapisi karpet merah dan menghiasi panggung dengan lampu LED yg gemerlap dan dekorasi panggung yg dihiasi mawar merah dan lili putih sebagai lambang keberanian dan kesucian. Bukan serba putih pucat tak memberikan sentuhan gemerlap. Sayang sekali. 20th Anniversary yg seharusnya menjanjikan sebuah perusahaan mapan dan memiliki karakter yg kuat tapi kini terlihat biasa-biasa saja.

Saya tak mengikuti perayaan ini secara keseluruhan. Setelah acara formal di pagi hari sampai siang itu selesai, saya langsung kembali ke meja saya dan kembali memperhatikan layar computer saya dan mengedit beberapa photo yg saya ambil saat acara berlangsung. Lumayan bagus hasilnya.

Pukul 14.30an, saya melihat mantan President kami terdahulu Mr.MM sudah balik dari acara Press Conference yg diadakan di Sahid Hotel. Kelihatannya dia tergesa-gesa menuju ruang khusus presiden. Saat beliau mencoba membuka pintu ruangan dengan ID Cardnya tapi tak berhasil karena memang itu ruangan kategori Zone A. Artinya hanya segelintir orang tertentu saja yg boleh memakai kartu di ruangan itu. Dia terlihat panic sekali dan meminta pintu dibuka. Saya tersenyum melihat dia yg bingung hahaha. Saya coba panggil office boy yg biasa membersihkan ruangan itu dan menyediakan minuman di sana. Tapi tak berapa lama pihak HR sudah datang membuka pintu hahaha. Dia ternyata ingin mengambil tasnya dan mengambil rokok di tasnya. Dia terburu-buru membawa rokoknya ke smoking area hahaha, Saat dia menuju smoking area saya masih sempat menagih janjinya soal hadiah yg dijanjikannya hahaha. Dia bilang lupa dan next time dia akan bawa. Saya bilang kami tidak akan bertemu lagi. Potensinya untuk bertemu sudah habis buat saya. Dan dia tak menyadari itu. Dengan ringan dia bilang, bagaimana kalau saya yg harus ke Jepang saja menagih janji saya. Itu pikiran gila di mata saya hahaha. Kelihatannya akan berakhir dengan cara begini hehehe.

Saya memang cukup menghargai dan menyukai cara dia memimpin perusahaan saya. Beliau terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang sangat khas. Kalau tak mau saya sebut killer. Tapi saya suka dengan mental juara dan pemenang yg dimilikinya. Beliau salah satu pemimpin yg banyak memberikan inspirasi buat saya. Walaupun sikapnya cukup temperamental banget. Tapi di mata saya beliau tetap yg terbaik yg pernah menjadi President saya. Mantafss.

 nuchan@8022013
20th Anniversary

No comments:

Post a Comment