Thursday, July 28, 2011

The Joys of Being Alone

Kadangkala setelah terjebak selama berminggu-minggu dengan rutinitas yg melelahkan seluruh jiwa raga, aku biasanya ingin istirahat dan menyendiri. Tapi terkadang keinginan menyendiri ini salah dimaknai oleh teman atau sahabat. Bagi aku menyendiri bukan kesepian. Menyendiri bagiku,  jauh dari segala kesibukan duniawi. Berhenti sesaat dikejar-kejar oleh  urusan pekerjaan. Berhenti sejenak dengan kesibukan dan kemacetan lalu lintas kota besar yg melelahkan. Waktu 24 jam di kota besar seperti kilatan waktu saja. Psssssssssssssssstttt, tahu-tahu sudah tengah malam. Pssssssssssssstttttttttttt, sudah memasuki akhir pekan. Dan tanpa terasa, kini  kita telah menjelang Ramadhan lagi. Ohlala, padahal kalau dibuka daftar yg ingin dikerjakan masih begitu banyak, yg selesai dikerjakan masih ¼ dari yg direncanakan.

Aku ingin punya waktu sendirian. Memanjakan diri sendiri. Waktunya untuk bergaul dan mengenali diri sendiri lebih dalam.  Dan ini sebuah keistimewaan, memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Berlibur sendirian. Menatap sunrise dari puncak bukit. Menyaksikan prosesi alam yg memukau. Melihat semburat merah mentari yg indah tak terperih. Mentari menyembul perlahan dari balik gunung seperti slow motion picture. Saat seperti itu menjadi momen, dimana aku bisa mengenali kekuatan Sang Pencipta. Oh, saat seperti itu bisa membuat alam pikiran kembali ke titik nol. Menghilangkan segala kepenatan yg menggelayut. Menjadi baru kembali. Seperti mendapatkan vitamin kehidupan yg baru.

Saat sendirian, seringkali aku bisa melihat lebih jernih semua peristiwa yg terjadi sebelumnya. Mengamati sekeliling lebih tenang. Menemukan berbagai hal yg selama ini terlihat biasa saja. Tapi saat sendiri semuanya terlihat lebih berarti. Dan aku bisa menemukan berbagai momen yg berkesan buat diriku pribadi. Menyusunnya di ruang memori. Menata kembali folder-folder yg ada direkaman kepalaku. Membuatnya lebih bersih,tertata rapi dan cantik. Dan menyingkirkan semua spam dan virus-virus yg melekat di memori otak. Memusnahkanya. Dan mengisi folder-folder baru yg lebih segar dan berwarna. Yg mampu membuat hidup jadi lebih hidup hehehe. Iklan kaleee hehehe...

nuchan@29072011
Being alone


No comments:

Post a Comment