Thursday, March 31, 2011

Repotnya ngurusin visa ke Korsel

22/03/2011 09:58 tanpa diduga saya mendapatkan email dari Evi. Surat elektroniknya supersingkat seperti ini :

From : Mvi-chan : 09:58
Bu… Rencana ke kankokunya jadinya kapan? (Rencana ke Korea-nya jadinya kapan?)

From : Nuchan  : 10:38
Bulan (...... )bu hehhehehe
Aku belon buat visa hehehhe katanya urusan visa ketat juga yah moga2 bisa lolos

From : Mvi-chan : 11:10
Mesti dari sekarang tuh ngurusnya…
Sekarang rada2 ribet ngurus visa.
(......)  tanggal berapa ? pas yang ada tanggal merah ya ?
pengen pergi..tapi tiketnya dah mehong 

From : Nuchan  : 12:08
Jangan mikirin mehong donk wong aku juga beli (.....) jeti hahhahaha
Udah ikut aja bu hahhahhaa
Ayoooooooooooooooooo aku tunggu info mu

From : Mvi-chan : 13:19
Gile harganya 2kali lipat bow…kalo beda 500 atau 1juta seh gpp bu..hehehhe…
Kirain masih dpat yang murah….

From : Nuchan  : 13:23
berapa totalnya evichan? bulan lalu masih sama lo bu...sekarang berapa?

From : Mvi-chan : 13:29
Jak – Kul – Seoul , total sekitar (....)  juta 
Lagian cutiku tinggal 5 hari utk tahun depan ihik..ihik…karena tahun ini dah aku ambilin…
Eh..airasia dah gak terbang dari Jakarta ya..??Aku tadi rencacanya mau pesan tiket ke medan utk lebaran..tapi gak ada jak – med.  Yg ada jak-bali ama jak – ygy
Sedih deh kalo jak – medan dihapus...gak bis apesan tiket lebaran jauh2 hari..hu..hu..hu.... :’(

From : Nuchan  : 13:30
Iyah udah tahun lalu Jakarta Medan dihapus total dan armadanya diganti route ke LN semuanya hahhahahha :-) 

From : Nuchan  : 15:13
Gimana kalo bulan (......)  kita ke Pulau Komodo hahahhaha
Aku ambil liburan (.......)  2011 ke pulau komodo hahhahaa
Ambil JKT Bali terus Bali ke pulau komodo gimana?
Kalo minat yah...

From : Mvi-chan : 15:45
Bu..itu mah masih puasa kaleee…hehehhee…
Seru tuh ke pulau komodo. Tspi trasnsportasi ke pulaunya mahal tok...mu dah searching ???
Kalau sendirian atau berdua kurang seru kale…lebih seru kalo rame2 ke sana.. 

****

Email-ria saya ini dengan Mvi membuat saya jadi ingat kalau waktunya sudah sangat dekat untuk segera buat persiapan keberangkatan saya ke Seoul. Liburannya sih hanya satu minggu tapi karena saya traveling sendirian maka kebayang khan saya harus atur semua segala tetek-bengek keperluan saya ke negara Ginseng ini. Saya sih maunya berdua dengan teman saya, tapi selalu yang jadi kendala utama adalah jadwal cuti kami berdua yg sulit dicocokkan. Jadi suka atau nga suka saya mesti nekat liburan sendiri.

Tapi liburan sendiri itu ada nikmatnya juga lo, karena saya superbebas menentukan jadwal perjalanan saya. Tidak perlu didiskusikan dengan siapapun. Semuanya serba suka-suka sendiri. Semua kendali ada ditangan sendiri. Untuk yg Koleris banget kayak saya, jalan sendiri itu adalah yg terbaik.Kebayang khan kalau Koleris itu agak keras kepala, semuanya pengen diatur sendiri seturut kehendak si Koleris hahaha. Kalau jalan sendiri, maka saya menjadi penentu utama hehehe. Maklum nga suka diatur hehehe

Flashback saat ke Beijing
Saat saya liburan Apr 2010 tahun lalu ke Beijing, semuanya sudah diatur dan dikendalikan oleh mantan President saya yg dulu, yg sekarang menjabat menjadi President di group perusahaan kami yg ada di Beijing. Mulai dari penjemputan di BCIA (Beijing Capital International Airport), Itineraries selama di Beijing, menu makanan yg serba Chinese Food, transportation yg supernyaman, 2 guide cantik yg superfasih berbahasa Jepang (karena memang 1 sekretaris pribadinya di kantor dan satu lagi konsultan pribadinya yg kerjanya wara-wiri ke Jepang ngurusin segala-galanya. Kebayang nga sih 2 warganegara yg berbeda China dan Indonesia tapi bahasa pengantar yg kami pakai ya bahasa Jepang hahaha ayak-ayak wae), hotel tempat saya nginap ternyata satu gedung dengan apartment boss saya ini,dan lain-lain semuanya sudah diatur dengan sangat-sangat rapi dan jelas. Saya cuma datang bawa badan saya dan menjalani semua yg sudah ditentukan, tanpa perlu bersusah payah. Selama seminggu saya nga ngerasa lagi liburan sih, rasanya kayak dinas luar saja. Bedanya saya dijamu dengan sangat mewah dan luar biasa sekali. 

Bahkan segala akses yg sulit ditempuh kalau sedang travelling di LN sendirian berkat para guide hebat yg disediakan boss saya ini, saya bisa dengan nyaman dan lenggang kangkung menerabas apa yg tidak bisa menjadi bisa hehehe... Semuanya hebat. Tapi saya kehilangan makna perjalanan saya. Saya jadi bodoh. Saya nga ngerasain gimana naik subway(metro) di Beijing. Saya tak merasakan susahnya nyari lokasi hostel murah yg suka nyelib di daerah yg nga jelas petanya. Saya nga ngerasain keliru dan tersesat di negara orang. Apa-apa yg sering saya rasakan ketika menggelandang di negara orang sebagai turis kere dengan budget pas-pasan hilang tak berbekas. 

Pantesan kalau orang kaya itu sering-sering travelling ke LN dengan fasilitas yg supermewah tapi sebagian dari mereka tak merasa bahagia atau kurang puas. Karena semuanya sudah diatur. Nga dapat kenangan yg aneh bin ajaib. Yah kayak saya lagi di Beijing itu. Terasa aneh. Bener-bener kayak lagi dinas luar dari kantor hehehe. Mana disediakan pesawat SQ pulak. Alamak tambah nga kelihatan susah. Lengkaplah sudah. Nga dua kali deh menjalani liburan garing kayak gitu..Taubat! Okay back to the topic.

Mulai siap-siap ngurus visa ke Korsel

Ini pertama kalinya saya ke Korsel. Dan sama sekali tidak punya pengalaman mengurus visa ke negara Ginseng ini. Susah nga ya? Kalau dengar-dengar sih rada ribet bin rumit hehehe. Berhubung rumit maka saya harus ekstra persiapan nie. Mulai deh browsing2 info di internet. Bagaimana persyaratan buat visa Korsel. Setelah lelah browsing-browsing hasilnya kurang memuaskan. Infonya serba sepotong-sepotong. Banyak yg nga jelas. Malah website resmi Kedubes Korsel di Indonesia nga ada tuch. Kayaknya mereka nga niat mempromosikan pariwisatanya. Beda dengan Malaysia yg heboh dengan jargon : Truly Malaysia, tersaji info-info pariwisata yg sangat lengkap. Tapi kalau Korsel, boleh dibilang sangat minim. Capek deh.Jadilah saya kerja keras menyatukan info-info yg serba minim ini. Ampun dah.

Sebenarnya kalau nga mau pusing, bisa langsung kasih uang dan dokumen yg diperlukan ke travel agent, semuanya bisa langsung beres deh. Tapi saya jadi bodoh, nga tahu gimana susah dan rumitnya mengurus visa ke Korsel. Saya pengen tahu kayak apa susahnya. Dulu waktu pertama kali travelling ke Shenzen-China dan Hongkong, visanya juga saya urus sendiri ke Kedubes China. Ternyata ngurusnya sangat mudah dan tidak bertele-tele. Petugas melayani dengan sangat cepat dan ramah pulak. Mantaffslah. Sejak itu saya tak perlu urus visa lagi sendiri. Kalau sekarang travelling ke China saya minta diurus di travel agent saja, dan kalau mereka bicara berbelit-belit langsung saya potong dan bilang dengan tegas kalau saya sudah pernah urus sendiri, semuanya mudah dan cepat. Jadi mereka tak perlu mengada-ada, sok-sok berargumen ini sulit itu sulit biar bayarnya rada mahal. Sudah tahu jadi nga bisa dikibulin booo... Itu sebabnya penting buat saya untuk setiap negara yg baru pertama kali saya masuki, saya lebih suka ngurus sendiri visanya, supaya saya bisa belajar dan tahu cara mempersiapkan dokumennya dengan baik dan benar.Betul tidak?

Dari sekian info yg serba sepotong itu, saya coba pilih yg terbaik dan yg masuk diakal. Saya pilih info dari blog-blog yg infonya masih fresh. Biasanya saya pakai info sekitar tahun 2010. Beberapa info yg sangat masuk diakal itu, biasanya ada di Komunitas Backpacker Indonesia. Mereka umumnya membuat info terbaru dan sangat relevan dengan para traveler yg berdana terbatas. Ada juga sih blog-blog pribadi yg infonya masih fresh dan informatif, tapi memang kurang lengkap.Malah info persyaratan buat visanya saja bisa tiap blog beda-beda tuch..Ada yg bilang foto terbaru 2 lembar, ada juga yg bilang hanya satu lembar tapi harus background putih. Ada yg bilang ukuran foto 3X4 tapi ada juga yg bilang 4X6. Ada yg bikin syaratnya rumit banget tapi ada juga yg sederhana. Tapi saya terpaksa mempersiapkan syarat-syarat yg serbalengkap saja deh. Malas khan kalau sampai ngurusnya bolak-balik karena nga lengkap dokumennya. Mau diperlukan keq mau tidak keq tetap saya bawa dan persiapkan. Beginilah repotnya karena nga  ada website resmi Kedubes Korsel. (Duch coba donk kayak website Kedubes China tuch lengkap banget ) Jadi terpikir juga untuk membuat artikel yg jelas tentang mengurus visa dan jadwal perjalanan yg lengkap ke Korsel. Tapi itu nanti kalau saya sudah balik dari sono ya. Supaya para traveler pemula kayak saya nga terlalu bingung. Baru mulai ngurus visa saja kepala saya sudah mumet duluan hehehe. Ampun dah!  Moga-moga liburannya nga mumet hehehhe...

To be continued,
PS Belon selesai bikin photo terbaru dan booking hotel di Seoul


nuchan@31032011
mumet ngurusin visa ke Korsel (bukan korsleting atau korset ya)

1 comment:

  1. Μу brother suggеsted Ӏ maу lіκe thiѕ blog.
    He wаs οncе totally right. Thіs ρut up асtually mаdе my day.
    You cann't believe just how a lot time I had spent for this info! Thanks!

    Also visit my web site :: travel agency for china

    ReplyDelete