Saturday, May 4, 2013

Kram otot dan sehat itu MAHAL

29 April 2013, kira-kira pukul 9 malam mendadak bagian tulang rusuk dan dada sebelah kanan saya mendadak sakit luar biasa. Kalau digerakkan akan menimbulkan rasa nyeri di tulang rusuk saya dan dada saya. Bahkan saat menunduk saja, serasa otot di tulang rusuk saya, rasanya seperti tertarik dan menimbulkan rasa nyeri.

Saya pikir rasa sakit ini mendadak muncul karena saya masuk angin dan belum makan malam. Ditambah lagi saya bekerja di dekat AC. Jadi komplitlah, lapar dan masuk angin menyebabkan dada saya sakit. Itu kesimpulan saya sendiri. Tapi meskipun sakit, saya cuek saja seolah-olah tidak sakit. Saya berharap nanti akan sembuh sendiri. Saya hanya oles dengan minyak kayu putih. Jadi saya abaikan saja rasa sakit ini. Padahal malam hari, saya sukar tidur karena harus menyesuaikan posisi tidur untuk menghindari rasa sakit saat posisi tidur salah.

Setelah 5 hari berlalu sakitnya tak kunjung reda. Bahkan saat saya cuci rambut dengan cara membungkuk, dada saya dan bagian perut saya mendadak sakit banget. Ampun dah. Saya masih sempat beraktivitas ke Jakarta dan seharian muter-muter di Jakarta tapi rasa sakitnya tak jua hilang. Maka daripada tambah parah, saya putuskan akan melakukan konsultasi dengan Dr. Loona.

Pulang dari Jakarta, saya langsung menuju Taman Sentosa dan akan konsultasi dengan Dr.Loona di kliniknya. Sesampai di Taman Sentosa saya lupa lokasi kliniknya. Karena sudah hampir bertahun-tahun saya tidak ke kliniknya lagi. Saya hampir dipastikan jarang sakit. Kadang sampai 3 tahun saja, saya tidak pernah ke dokter.

Saya mencoba menebak saja. Saat tersesat dan nga tahu posisinya, saya mencoba bertanya ke salah satu pos satpam, dimana klinik Dr.Loona. Saya diajari cara menuju rumahnya atau mau menuju kliniknya. Mereka kasih saran supaya saya pergi ke Klinik Rizki, dan sangat dekat dengan Sekolah Don Bosco. Katanya disamping Don Bosco ada plang yg bertuliskan Klinik Rizki.

Saya pun melaju menuju kliniknya. Tapi saya kaget banget melihat perubahan yg sangat dramatis dengan Klinik Rizki ini. Sekarang kondisinya sudah sangat maju. Malah di sana khusus lantai 1 sudah ada Dr. Umum dan Dr.Gigi dan lantai 2 ini khusus untuk Dr.Loona menangani pasien dengan teknik akupuntur. Hebat sudah maju pesat banget.

Saya tanya di bagian pendaftaran dengan Bp. Azis, saya mau konsultasi dengan Dr.Loona. Tapi beliau tanya sudah janji belum? Saya jawab belum. Bp. Azis bilang pasien Dr.Loona sudah penuh.  Lagian Dr.Loona tidak menangani bagian sakit umum, beliau khusus akupuntur saja, kata Bp. Azis. Saya tanya Dr.Loona ada nga? Katanya belum datang, masih di rumahnya. Saya bilang saya mau langsung ke rumahnya saja. Lalu saya tanya alamat lengkapnya. Bp. Azis bilang di Blok H No.15. Saya pun segera melaju ke sana.

Apes. Saat saya tiba di rumahnya, putrinya dan pembantunya bilang, Dr.loona sudah jalan ke klinik. Aduh, saya sedih banget. Saya coba tanya no cellphone terbaru beliau. Dan putrinya yg masih usia belia itu dengan senang hati menyebutkan no cellphone terbarunya. Saya coba telpon ke hpnya. Dan saya menyebutkan nama saya, dan Dr.Loona kaget karena saya sudah lama nga pernah ke kliniknya. Habis nga pernah sakit sih. Makanya saat timbul rasa sakit saya cuekkin aja nie.

Saya bilang saya sedang di rumahnya mau konsultasi, tapi beliau  sudah jalan. Saya selisih di jalan. Terus saya info ke beliau dada saya sakit banget. Maka beliau minta agar saya ke kliniknya. Dan dia minta saya daftar di Bp. Azis tapi nanti naik ke lantai 2 dan beliau akan menangani beberapa pasien, dan akan segera menangani saya segera. Wow saya lega karena bisa ditangani langsung sama beliau. Saya tidak mau dengan Dr.Umum. Paling tidak saya nyaman dengan Dr.Loona. Saya berharap ada solusi buat dada saya yg sakit.

Memang saat saya daftar dan naik ke lantai 2 pasiennya sudah banyak banget yg menunggu. Saya pun ikutan duduk menunggu antrian. Saat itu badan saya lelah dan lemas banget. Saya pun tertidur di bangku tunggu. Dr.Loona melihat saya tertidur, langsung menyuruh saya masuk ruangan, dia akan memeriksa saya. Saya pun masuk ruangan dan memilih tidur langsung di kasur. Karena tubuh saya lelah banget. Setelah 10 menit, beliau masuk ruang, dan tanya kondisi rasa sakit yg saya alami. Saya pun cerita kronologis kenapa dan sejak kapan saya mengalami sakit ini. Dan saya cerita bahwa saya berharap sembuh sendiri sakitnya, makanya menunda ke dokter sampai 5 hari. Kata Dr.Loona kurang baik begitu, sebaiknya harus langsung ke dokter, supaya ada penanganan awal, agar tidak jadi parah.

Beliau mengecek dan menekan-nekan dada saya yg sakit dan menanyai rasa sakitnya kayak apa…Akhirnya beliau bilang saya mengalami KRAM OTOT. Saya kaget banget, kog bisa ada kram otot? Yah kadang-kadang masuk angin dan perut kosong juga bisa memicu kram otot di dada dan perut. Seumur hidup saya baru pertama kali mengalami kram otot di dada dan perut. Makanya saya bingung, kog bisa kram otot di dada dan perut ya? Seingat saya biasanya kram otot betis atau jari kaki. Tapi apa pun itu, saya tetap percaya Dr.Loona. Jadi saya menyerah saja mau diapain asalkan bisa sembuh segera.

Beliau pun menusukkan beberapa jarum akupuntur  di perut saya dan di bagian rusuk kanan. Dan dipanasin juga dengan sebuah alat di rusuk kanan saya. Selama 20 menit saya tidur menikmati jarum-jarum di tubuh saya dan merasakan nikmatnya hawa hangat yg ada di bagian rusuk kanan saya. Setelah 20 menit saya selesai dan Dr.Loona menyuruh saya konsultasi ulang kalau masih sakit di 3 hari berikutnya. Dan saya pun kudu meminum 4 macam obat untuk menurunkan rasa nyeri.

Malam itu sesampai di rumah saya pilih makan dulu dan kemudian meminum obat yg sudah saya beli. Kemudian saya mandi air hangat untuk mengurangi rasa lelah. Malam ini saya berharap obat akan bekerja dengan baik dan saya bisa tidur lelap.

Moral cerita saya ini adalah 

1. Saya bener-bener agak konyol. Kog bisa berpikir sakit saya bisa sembuh tanpa konsultasi ke dokter. Entah kenapa bisa konyol begitu.  Semoga teman yg lain tidak berpikir kayak saya hehehe

2. Sehat itu mahal kata orang bijak,  ternyata bener ya. Kalau pas sakit baru sadar betapa sehat itu nikmat banget.

3. Ternyata kram otot di dada itu sangat menyiksa sekali. Jangan lupa makan teratur dan hindari bekerja sampai malam kalau tidak nanti masuk angin.

4. Saya seharusnya tidak boleh anggap remeh terhadap kesehatan tubuh saya. Karena saat sakit itu tidak bisa menikmati apapun, walaupun banyak uang hehehe Semoga saya lebih bijak lagi merawat tubuh saya.

No comments:

Post a Comment