Wednesday, August 29, 2012

Pesona malam di Shinsaibashi - Osaka

Diantara megah dan meriahnya Shinsaibahi ini, saya masih menemukan sebuah kuil di sekitar sana. Saya melihat beberapa penduduk local melakukan sembahyang di sana. Kuil yg dihiasi dengan lampion yg sedang menyala  ini terlihat sangat indah di malam hari. Lampion-lampion yg disusun rapat dan sedang menyala,  dengan warna warm white ini, menimbulkan sensasi kehangatan dan keindahan di malam hari. Suasana temaram, mencegah kaki saya untuk beranjak ke tempat lain. Saya mengamati tamu-tamu yg datang dan pergi setelah sembahyang di kuil ini. Mereka terlihat mengagumi arsitektur bangunan kuil ini. Saya mencoba memotret dan mengambil beberapa photo yg menarik di sekitar kuil ini. Bagi saya kuil ini seperti pemandangan Jepang di masala lalu. Saya pernah menonton film Memoirs of  a Geisha yg sangat popular di tahun 2005 dan dibintangi oleh Zhang Ziyi, Ken Watanabe dan Michelle Yeoh. Film ini membuat saya terhanyut pada romantisme Jepang di masa lalu. Arsitektur bangunan Jepang di masa lalu ini, seolah-olah masih tersisa di beberapa lokasi yg ada di Shinsaibashi ini. Masa lalu memang seringkali membuat saya menjadi melo dan cengeng.

Saya menyusuri gang demi gang yg ada di seputar Shinsaibashi ini. Saya menemukan berbagai restoran kecil di sudut-sudut gang tersebut yg sedang dipenuhi para pengunjung yg sedang minum-minum. Yah ini bener-bener Jepang. Aktivitas mereka yg paling umum adalah minum-minum beer atau sake selepas rutinitas kerja. Biasanya di kantor-kantor tertentu mereka punya acara yg disebut ”nomikai” atau acara minum-minum bareng. Kalau di Jakarta ini mirip kayak acara clubbing atau hangout bareng teman-teman dekat. Saat saya tinggal di Niigata tahun 2010 selama 2 bulan, saya tak punya kesempatan sama sekali menyusuri lekak-lekuk dunia malam di sana, karena saat itu sedang musim dingin. Dimana-mana salju. Rasanya saat musim dingin lebih menarik bergulung dibawah selimut dan menyembunyikan sebagian kaki saya dibawah ”kotatsu” atau meja yg dilengkapi alat pemanas listrik.Bukan kelayapan begini. Setiap gang yg dihiasi lampu-lampu yg sedang menyala temaram membuat saya betah menjepret sana-sini. Saya mencoba mengabadikan pesona malam di seputar Shinsaibashi Shopping Arcade ini.
nuchan@072012
Suasana malam di Shinsaibashi


No comments:

Post a Comment