Thursday, December 26, 2013

My 2013 Year in Review


My 2013 Year in Review
My biggest moments from the past year.

January  2013
Nothing special or I have no a great moment on Jan 2013.
Saya mengawali hari saya di tahun baru 01 Jan 2013 dengan sesuatu yg biasa saja. Tidak ada hal yg istimewa. Saya merasa semuanya biasa-biasa saja. Hanya memang harus berganti kalender saja. Dan seluruh HP saya sudah berubah tahunnya jadi 2013. Saya menyambut tahun baru dengan perasaan datar. Tak ingin berlebihan. Walaupun saya berharap, bisa membuat perubahan besar di hidup saya. Sejuta asa menari-nari di benak saya.

February 2013
Special moment for me, I met my amazing President Mr. Masaharu Michiura on 20th Anniversary Panasonic Feb 8th,2013

Pagi ini saya bangun lebih pagi dari biasanya pukul 5.30 pagi. Saya berharap bisa tiba di kantor lebih pagi karena hari ini Jumat, 8 Pebruari 2013 perusahaan kami akan merayakan ulang tahunnya yg ke-20 secara spesial, 20th Anniversary. Hari ini begitu penting buat perusahaan kami, perjalanan panjang selama 20 tahun melintasi pasang surut bisnis di Indonesia. Saya pikir perusahaan kami pantas untuk merayakannya secara khusus untuk mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena melalui perusahaan ini kami putra-putri Indonesia sudah bisa BERBAKTI kepada negara Indonesia melalui industri.

March 2013
Travelling to Singapore with my close friend Evi
Hari pertama di Singapore, saya dan Evi memutuskan untuk memulai perjalanan kami dari Boon Keng Station menuju China Town Station. Saat tiba di China Town Station, saya dan Evi dibuat bingung dengan pilihan exit mana yg menuju China Town Market. Mumpung masih bingung, saya menyarankan ke Evi agar kami membeli EZ Link Card saja. Karena malas banget setiap kali harus naik MRT kami harus menuju mesin tiket untuk membeli tiket. Selain makan waktu, saya juga gemes dgn coin-coin yg banyak sebagai uang kembalian saat membeli tiket. Ditambah lagi saya dan Evi belum terbiasa dengan jenis coin mereka. Mana yg 10 sen, 20 sen, 50 sen, 1 SGD. Kami harus mengecek ulang setiap coin yg kami pegang, dan itu memakan waktu dan menjengkelkan. Akhirnya kami putuskan membeli EZ Link Card. Harganya memang agak mahal juga. EZ Link Card yg baru seharga 12 SGD. 5 SGD untuk Card  tapi tidak ada Refund untuk biaya Card seharga 5SGD. Sedangkan sisanya 7SGD bisa kami gunakan. Kalau cardnya sudah tidak dipakai lagi, kita bisa ambil sisa dana di dalamnya melalui bagian marketing yg ada di setiap station. Setelah beli card, kami akhirnya bisa melihat Exit untuk China Town Market. Ternyata terintegrasi dengan SMRT.

April 2013
The most shocking month for me. I finally decided to end up my career in Pan.
April 29th,2013 Hari terakhir saya bekerja di PEWGMID. Bulan yg melelahkan secara lahir batin. Bulan dimana saya mengambil keputusan terberat dalam hidup saya. Seperti aksi Harakiri buat saya. Hasilnya badan saya serasa rontok dan sakit banget.

29 April 2013, kira-kira pukul 9 malam mendadak bagian tulang rusuk dan dada sebelah kanan saya mendadak sakit luar biasa. Kalau digerakkan akan menimbulkan rasa nyeri di tulang rusuk saya dan dada saya. Bahkan saat menunduk saja, serasa otot di tulang rusuk saya, rasanya seperti tertarik dan menimbulkan rasa nyeri.

Saya pikir rasa sakit ini mendadak muncul karena saya masuk angin dan belum makan malam. Ditambah lagi saya bekerja di dekat AC. Jadi komplitlah, lapar dan masuk angin menyebabkan dada saya sakit. Itu kesimpulan saya sendiri. Tapi meskipun sakit, saya cuek saja seolah-olah tidak sakit. Saya berharap nanti akan sembuh sendiri. Saya hanya oles dengan minyak kayu putih. Jadi saya abaikan saja rasa sakit ini. Padahal malam hari, saya sukar tidur karena harus menyesuaikan posisi tidur untuk menghindari rasa sakit saat posisi tidur salah.

May 2013
Officially unemployment. I have plenty of time to do what I want.
Selama satu minggu libur dan tidak punya kegiatan yg jelas, membuat saya punya waktu  yg sangat banyak mengamati bahkan mengobservasi sekeliling saya. Dan itu mungkin sebuah momen yg sangat berharga banget buat saya. Bayangkan bertahun-tahun saya bekerja dan sebagian hidup saya, saya habiskan di kantor. Mungkin isi kepala saya dipenuhi oleh urusan kantor melulu. Saya cenderung mengabaikan apapun  disekitar kehidupan pribadi saya, mulai dari rumah saya, isi rumah saya, isi lemari saya, isi kulkas saya, isi lemari buku saya, transaksi bank saya, dll.  Pokoknya yg terkait dengan urusan pribadi saya, saya  bener-bener buta.

Tentu saja libur panjang ini, membuka pikiran saya untuk melakukan sesuatu. Hal pertama yg saya ingin lakukan adalah membongkar seluruh isi lemari pakaian saya. Kalau 1 Mei 2013 adalah Hari Buruh yg diperingati sangat dashyat oleh kaum buruh, sehingga memblokir semua jalan protocol di Jakarta. Bisa dibayangkan terjadi kemacetan di mana-mana, dan yg paling fatal adalah bus Trans-Jakarta pun tak bisa beroperasi karena jalur utamanya tertutup oleh motor-motor para buruh yg melakukan demo dan sengaja memarkir motor-motornya di jalur tersebut. Membayangkan situasi di sana saja saya sudah mumet. Daripada mumet melihat berita-berita yg miris ini, maka saya memilih berjibaku dan bermumet-ria dgn membongkar isi lemari saya.

Back to work.

Setelah lelah lahir batin menjalani drama pengunduran diri saya, yg menyita habis seluruh energi dan pikiran saya. Saya terjebak dalam rasa bersalah karena mengecewakan atasan, mantan atasan dan rekan kerja saya dan bimbang apakah ini sebuah keputusan yg bijak atau tidak, buat kehidupan saya di masa mendatang. Tapi siapa yg bisa meramal kehidupan di masa depan. Ada orang bijak berkata :There are no coincidences, everything happens for a reason. Dan saya mencoba meyakini hal itu.

Pengangguran seminggu saja, kemudian saya dikejutkan berita terbaru bahwa saya secara resmi diterima kembali bekerja di salah satu perusahaan non-perbankan di Jak-Bar sejak 13 May 2013. Perusahaan joint venture Japan-Indonesia. Life is full of surprises.

Tugas pertama saya sejak bergabung dengan perusahaan baru ini adalah melakukan seminar di Yogyakarta. Direncanakan kami terbang dengan Garuda Airways Jumat, 17 Mei 2013,Pukul 18:25PM. Berhubung saya belum tahu persis mengenai tema yg akan dibahas di seminar tersebut maka Mr. Y dan saya melakukan meeting selama 2 jam untuk menentukan apa saja yg akan beliau jelaskan di setiap slide. Setiap isi slide dan poin penting yg akan beliau sampaikan di setiap slide, kami beri warna kuning dan saya menuliskan semua yg harus diperhatikan saat penjelasan setiap slide dan saya catat di buku catatan saya.
Meeting selama 2 jam tersebut, membuat saya paham inti dari isi seminar ini. Saya cukup terkejut mengetahui bahwa betapa detail dan rinci perusahaan ini dalam menyikapi sebuah bisnis yg sehat dan mampu memberikan kontribusi yg tepat kepada masyarakat dunia dalam menjaga perdamaan dan keamanan dunia international. Seminar ini akan membahas tentang UU Ekspor International. 

Pekerjaan baru, domain baru, teman baru, suasana baru dan segalanya serba baru, membuat saya belajar dan berjibaku menyesuaikan diri dengan semua kejutan dan perubahan jalan hidup saya.

June 2016
I have to let him go…Masa dinas Mr. S berakhir di Jun 2013.
Satu bulan terakhir ini saya banyak menghabiskan waktu saya membantu salah satu advisor dari Jepang namanya Mr.S. Bekerja dengan beliau itu cukup asyik dan menyenangkan. Selain masih single, beliau juga berwajah baby face kayak Agus Ringo. Wajahnya cubby banget dan menggemaskan. Dia banyak menolong saya mengerjakan tugas-tugas saya yg serba baru. Saya sudah nyaman dgn dia tapi saat saya nyaman, masa tugasnya habis sudah di sini, hanya sebulan saja. Habis deh saya. Balik sendiri lagi. Saya harus memikirkan semuanya sendiri. Saya sedih juga saat dia pulang ke Jepang. Sebenarnya saya sudah membuat batasan buat diri saya sendiri agar tidak terbawa emosi lagi. Cukup sudah drama perpisahan saya dengan rekan kerja saya sebelumnya yg membuat saya sedih sekali. Rasanya saya merasa terluka ketika harus berpisah dengan mereka, dgn semua kenyamanan yg saya miliki di sana. Dan kini saya harus mengalami hal yg sama. Bener kata orang bijak,bukan perpisahan yg kusesali tapi pertemuan. Kenapa selalu pertemuan harus diakhiri dengan perpisahan. Damn. So sad.

July 3rd, 2013
Makan malam bareng Titin sahabat lama yg tinggal di Jerman:-) ihhhh enak:-) yokatta ne aetakara:-) Setelah hampir 3 tahun tak pernah bertemu karena Titin ikut suami tinggal di Jerman. Pertemuan ini begitu menyenangkan sekaligus mengharukan hehehe. 3 tahun rasanya seperti baru berlalu kemaren sore saja.

August 2013
Ternyata masa bulan madu saya di perusahaan ini hanya berjalan  2 bulan saja. Setelah lewat 2 bulan, saya mulai melihat secara nyata gambaran besar perusahaan ini. Muncul riak-riak baru dari penghuni lama yg merasakan perlakuan yg kurang adil karena masuknya orang-orang baru. Mereka merasa orang baru diperlakukan lebih manis dan mendapatkan porsi kue lebih besar dan manis pula dibandingkan orang lama. Tentu saja hal ini memicu munculnya masalah baru. Seperti api dalam sekam, yg siap terbakar kapan saja.
Masalah menjadi semakin runyam sejak bagian HR meluncurkan grading system. Semula staff lama penuh harap bahwa grading system ini akan mendongkrak gaji mereka yg memang masih minim atau minimal mengalami penyesuaian yg lebih masuk akal. Sayang seribu sayang, harapan itu menjadi kandas, setelah grading system ini diberlakukan tidak ada perubahan terhadap take home pay mereka. Yg terjadi justru sebaliknya, semakin mempertegas jurang yg dalam antara staff baru yg berpengalaman dan staff lama. Karena yg diberlakukan justru mengacu ke nominal gaji yg diterima staff atau take home pay yg mereka punya saat ini,  lalu diberikan label gradingnya.

Sept 5th,2013
Dinas luar  ke Bandung kembali dalam rangka training para Branch Manager dan para staff Regional 1.
Dulu pernah berpikir betapa keren dan nikmatnya orang-orang yg hidup layak nomaden berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain...Enaknya...Sekarang menjalani sendiri, rasanya capek banget. Ternyata meskipun semua tersedia, makanan enak,tidur enak, segala tersedia, tapi tetap capek. Tetap home sweet home...aaaaa enaknya di kamar sendiri... — feeling tired at Hotel Horison, Bandung.

24 Sept 2013, I decided to buy a new car of Honda Brio on IIMS-Jakarta.

26 Sept 2013, Dinner in Pancious Cake Plaza Indonesia on Rima’s Birthday


Oct 2013
Nothing special. I am not so sure.

November 2013
Travelling to Osaka-Tokyo-Kyoto-Kawaguchiko-Japan.
Great Autumn Season for me. I should go back again to Japan on Autumn Season. Maybe Dec 2014.

Dec 2013
Dec 14th,2013 My new car is delivered by Mr. David. Yeah I finally got my Honda Brio

Dec 25th, 2013 Go to the movie and have a special dinner with Evi and Rima to celebrate Evi’s Birthday

I am so blessed this year. Thank you my Lord Jesust for Your blessings.

nuchan@20131226
Feeling blessed.


No comments:

Post a Comment