Singapore sebagai negara yg kecil,mungil, dan
sangat mini, dan kalau kamu senang berjalan kaki, maka saya pikir Singapore
bisa dijelajahi hanya dengan berjalan kaki atau bisa juga dengan bersepeda-ria.
Selain sehat, hemat biaya pula. Asalkan cuaca di luar ruangan tidak sedang terik banget. Tingkat kelembaban
udara di Singapore,
sangat tinggi. Jangan heran, kalau sedang jalan kaki di luar ruangan, hanya
dalam waktu 20 menit saja sudah haus banget dan keringat bercucuran. Yah udaranya
sungguh tidak nyaman untuk kulit saya.
Anehnya
meskipun udaranya tidak begitu nyaman, tapi jangan kaget kalau hampir di semua
sisi jalan, dengan mudah menemukan para turis Asia mapun mancanegara yg
berseliweran di sana,
menggunakan kendaraan umum seperti MRT ( Mass Rapid Transit ) atau bus. Transportasi di Singapore
memang sangat nyaman dan patut saya acungkan jempol atas kemapanan mereka
mengelola system transportasi terpadu. Cukup dengan membeli EZ Link Card, kamu
bisa menjelajahi Singapore
dengan bus, LRT ( Light Rail Train ) maupun MRT. Sangat praktis. Tapi kenyamanan ini memang ada
harganya. Biaya transportasi di Singapore,
menurut ukuran kocek saya sangat mahal sekali. Kalau saya tidak salah ingat
jarak dekat mungkin 1 SGD dan jarak sedang mungkin 2SGD dan jarak agak jauh
mungkin antara 2.5-3SGD. Jadi lumayan mahal khan? Coba dikonversikan ke IDR
dengan rate 1SGD : IDR 8,000
Kalau kamu minat membeli EZ Link Card perdana, harganya 12SGD. Biaya kartu EZ link seharga 5SGD, No refund dan saldo awal sebesar 7SGD. Kalau kamu ingin menyimpan kartu ini, masa berlakunya 5 tahun. Dan kalau ingin dikembalikan lagi ke bagian marketing SMRT, maka yg dibayarkan kembali hanya saldo yg tersisa di kartu EZ Link.
***
Walaupun
saya bilang naik MRT itu praktis, tapi tetap saja, untuk mencapai platform salah satu MRT itu, kamu
harus melewati lorong atau selasar yg panjang banget dan naik turun escalator. Hmm lumayan cape booo...
Untuk seorang turis yg baru pertama kali naik MRT,
sebelum kamu naik ke MRT, kamu harus mengecek dengan teliti MRT yg di sebelah
kanan atau kiri yg akan kamu naiki. Kalau sampai salah naik MRT, malah bisa
habis waktu untuk mondar-mandir naik MRT. Biasanya ada papan petunjuk yg sangat jelas.
Tapi kalau belum terbiasa tetap saja harus mengecek dengan hati-hati dan
teliti. Tapi di setiap station ada petunjuk yg super jelas. Kalau masih
bingung, bisa tanya petugas yg ada di sana.
Just in case, kamu ragu dan sedang terburu-buru dan khawatir salah naik MRT.
Kalau kamu baru pertama naik MRT dan belum punya EZ Link Card, bisa beli tiket di mesin yg tersedia di station. Ini salah satu contoh mesin tiket di Boon Keng Station. Pilih destinasi yg dituju, maka mesin nanti akan menampilkan biaya perjalanannya, kemudian masukkan uang sejumlah biaya yg tertera di layar, atau masukkan sejumlah uang yg diperlukan dan kalau ada uang kembalian pun, nanti akan dikembalikan tapi biasanya uang koin. Makanya lebih praktis dengan EZ Link saja. Kalau dana habis bisa top-up dibagian marketing saja.
Ini jalur keluar masuk di MRT. Exit and in line. Kalau sudah punya EZ Link Card, cukup masuk saja melalui jalur exit and in ini dengan cara menempelkan card dibagian sensor yg ada di sini. EZ Link Card lebih tebal.
Ini contoh card yg ditempelkan di sensor yg ada di jalur exit and in door. Tapi ini kartu biasa bukan EZ Link Card. Tapi pada dasarnya sama saja kartunya. Beda harganya saja.
Di salah satu platform MRT yg ada di Singapore. Saat suasana masih lowong banget, biasanya padat banget. Masih narsis juga.
Ini papan petunjuk yg sangat jelas dan mempermudah kamu supaya tidak keliru. Di sini dijelaskan kamu sedang berada di mana dan petunjuk jurusan yg dilalui oleh MRT ini. Cek dengan baik mengenai destinasi yg kamu ingin tuju. Perhatikan dengan baik, kamu akan ke platform A atau B.
Suasana lengang di dalam MRT dan beberapa penumpang lebih suka berdiri saja. Dan yg pasti menurut observasi saya adalah banyak yg autis di sini. Masing-masing sibuk dengan gadget ditangan dan sedang memainkan musik di telinganya.
Saat suasana di dalam MRT di tengah rush-hour, sangat padat dan banyak yg berdiri saja. Lucky kalau kamu berdiri di samping pria handsome dan wangi bergaya cowo metro hehehe..wangi sepanjang jalan.
Di setiap sudut kiri dan kanan ada kursi dengan status "Reserved Seating" ditujukan untuk manula, ibu hamil, dan orang cacat dll. Ini teman gue iseng banget ya duduk di bagian Reserved Seating hahaha tapi aku juga suka duduk di situ saat tidak ada manula,ibu hamil atau orang cacat hahaha. Sayang, ada kursi kosong menganggur hahaha. Alasan banget hahaha.
Saat ini MRT dan LRT sudah sangat berkembang pesat. Tahun demi tahun terus berkembang dengan sangat fantastis. Hampir semua jalur saat ini sudah tersedia untuk menambah kenyamanan penduduknya dan juga para wisatawan yg mengunjungi Singapore.
Untuk mengenali MRT ini dengan mudah maka kamu cukup menghapal warna dari setiap jalurnya.
1. Warna merah, Red Line untuk North South Line yg disingkat NS
2. Warna hijau, Green Line untuk East West Line yg disingkat EW
3. Warna ungu, Purple Line untuk North East Line yg disingkat NE
4. Warna Oranye, untuk Circle Line atau disingkat CC
5. Warna biru, Blue Line untuk Bukit Timah Line yg disingkat BT
6. Warna hitam, Black Line untuk Downtown Extension yg disingkat DT
7. Warna kuning, Yellow Line untuk Eastern Region Line yg disingkat ER
8. Warna biru muda, Light Blue Line untuk North Coast Line yg disingkat NC
Untuk lebih jelasnya lihat SMRT Map di bawah ini.
Saat ini MRT dan LRT sudah sangat berkembang pesat. Tahun demi tahun terus berkembang dengan sangat fantastis. Hampir semua jalur saat ini sudah tersedia untuk menambah kenyamanan penduduknya dan juga para wisatawan yg mengunjungi Singapore.
Untuk mengenali MRT ini dengan mudah maka kamu cukup menghapal warna dari setiap jalurnya.
1. Warna merah, Red Line untuk North South Line yg disingkat NS
2. Warna hijau, Green Line untuk East West Line yg disingkat EW
3. Warna ungu, Purple Line untuk North East Line yg disingkat NE
4. Warna Oranye, untuk Circle Line atau disingkat CC
5. Warna biru, Blue Line untuk Bukit Timah Line yg disingkat BT
6. Warna hitam, Black Line untuk Downtown Extension yg disingkat DT
7. Warna kuning, Yellow Line untuk Eastern Region Line yg disingkat ER
8. Warna biru muda, Light Blue Line untuk North Coast Line yg disingkat NC
Untuk lebih jelasnya lihat SMRT Map di bawah ini.
Saat ini saya ingin menceritakan sedikit perasaan dan pengalaman saya selama liburan 5 hari di negeri singa ini dan menggunakan MRT March 2013.
Sabtu,09 March 2013 saya dan Evi terbang ke Singapore pada pukul 14:35PM. Pesawat kami take off tepat pada waktunya dan mendarat dengan mulus di Changi Airport Singapore. Dari awal kami memang sudah memutuskan akan naik MRT menuju Gap Year Hostel yg terletak di Lavender Street. Tiba di Changi Airport kami segera menuju Information Centre untuk menanyakan lokasi MRT yg menuju jantung kota Singapore.
Langkah 1, Dari Terminal 1 Changi Airport kami harus menuju stasiun MRT. Dan stasiun MRT ini ada di Terminal 2. Dari Terminal 1 kami harus naik Skytrain ke Terminal 2.Naik Skytrain ini gratis, merupakan sebuah fasilitas yg disediakan oleh Changi Airport untuk memindahkan penumpang dari setiap terminal. Waktu yg diperlukan dari Terminal 1 ke Terminal 2 hanya 90 detik saja. Skytrain ini sangat bagus dan efektif sekali.
Sabtu,09 March 2013 saya dan Evi terbang ke Singapore pada pukul 14:35PM. Pesawat kami take off tepat pada waktunya dan mendarat dengan mulus di Changi Airport Singapore. Dari awal kami memang sudah memutuskan akan naik MRT menuju Gap Year Hostel yg terletak di Lavender Street. Tiba di Changi Airport kami segera menuju Information Centre untuk menanyakan lokasi MRT yg menuju jantung kota Singapore.
Langkah 1, Dari Terminal 1 Changi Airport kami harus menuju stasiun MRT. Dan stasiun MRT ini ada di Terminal 2. Dari Terminal 1 kami harus naik Skytrain ke Terminal 2.Naik Skytrain ini gratis, merupakan sebuah fasilitas yg disediakan oleh Changi Airport untuk memindahkan penumpang dari setiap terminal. Waktu yg diperlukan dari Terminal 1 ke Terminal 2 hanya 90 detik saja. Skytrain ini sangat bagus dan efektif sekali.
Setelah berada di Terminal 2, maka kami mencari petunjuk Train to City. Dan stasiun MRT ini ada di bawah tanah atau underground. Kami harus menggunakan beberapa escalator untuk sampai ke stasiun MRT ini.
Langkah 2, kami harus mencari Mesin Tiket MRT. Biasanya mesin tiket ini menempel ke dinding. Dan banyak orang yg antri beli tiket di sana.
Langkah 3, kami harus membaca peta atau SMRT Map yg selalu tersedia di dinding tak jauh dari mesin tiket yg ada di sana. Kami harus mempelajari peta ini untuk melihat jalur mana saja yg akan kami melewati. Karena kami sedang berada di Changi Airport Terminal 2 maka di dalam peta ini kami berada ujung jalur warna hijau nomor 3.
CONTOH JALUR PERJALANAN KAMI DENGAN MRT
- Changi Airport ---> Boon Keng Station :
Dari Bandara Changi naik jalur hijau kemudian turun di stasiun transit Tanah Merah.Pastikan Anda transit di Tanah Merah karena MRT dari bandara Changi ini hanya melayani Changi-Tanah Merah -Changi. Kami soalnya melakukan kesalahan, karena saya pikir sama-sama jalur hijau jadi tidak transit di sini. Ohlala malah kami balik lagi ke Changi Airport hahaha... Lucu banget. Sayangnya, kami tidak sendirian saat itu, ada beberapa orang yg melakukan kesalahan yg sama.
Dari stasiun Tanah Merah naik kereta jalur hijau ke arah Joo Koon, dan kami harus turun dan transit di stasiun Outram Park (EW 16) dan kami lanjutkan naik jalur ungu Purple Line ke arah Punggol, dan turun di Boon Keng Statiun. Dari Outram Park Station menuju Boon Keng Statiun ini kami melewati jalur Chinatown-Clarke Quay-Dhoby Ghaut-Little India -Farrer Park-Boon Keng Station
Langkah selanjutnya adalah membeli tiket MRT. Tiket MRT dapat dibeli di mesin tiket, atau beli kartu langganan sepert EZ-Link atau Singapore Tourist Pass.
Untuk informasi cara beli tiket, dapat dilihat di cara beli tiket MRT di Singapore, kartu EZ-Link, dan kartu Singapore Tourist Pass.
Langkah 5 – Tap Kartu
Setelah tiket yang berupa kartu smart card anda dapatkan, segeralah menuju pintu gerbang masuk ke stasiun MRT. Carilah pintu yang ada tanda anak panah hijau.
Kemudian dekatkan kartu (tap) ke tiang pintu bagian kanan yang ada gambar kartu. Letakkan kartu tersebut sampai berbunyi beep, kemudian pintu akan terbuka secara otomatis.
Saat pertama kali menggunakan kartu ini, saya merasakan sensasi yg luar biasa sekali. Rasanya saya seperti menikmati kecanggihan dunia modern yg segalanya serba rapi, teratur dan sangat praktis. Fabulous.
Langkah 6 – Cari Jalur Kereta
Setelah anda masuk ke stasiun cari jalur kereta yang anda ingin naikin. Seperti telah disebut di atas, setiap jalur kereta mempunyai warna tersendiri. Bila anda naik kereta jalur hijau, carilah petunjuk jalur kereta warna hijau.
Pengalaman saya mencari platform yg bener itu cukup menguji kesabaran dan kemampuan saya untuk bisa sampai ke platform yg bener. Saya harus membaca petunjuk itu dengan cepat dan mengolah informasi yg ada dipapan petunjuk ini dengan tepat di otak saya, agar saya tidak salah arah dan naik MRT yg bener. Hmm merupakan tantangan yg lumayan buat cool buat saya yg terbiasa dengan semrawutnya sistem transportasi di negeri saya.
Langkah 7 – Antrilah dengan Tertib
Setelah jalur kereta sudah ketemu, antrilah di jalur tersebut dengan tertib. Jangan mengantri di depan pintu, tetapi antrilah di samping pintu. Lihat di lantai ada petunjuk anak panah.
Coba lihat gadis di atas ini sudah tepat, dia antri di sisi pintu masuk agar tidak menghalangi penumpang yg akan turun dari kereta.
Kereta datang sekitar 5 menit sekali, dahulukan orang yang mau keluar kereta dahulu, baru kemudian kita masuk ke kereta. Setelah masuk cari kursi kosong atau bila tidak ada yang kosong kita bisa berdiri. Sebaiknya jangan menduduki kursi reserved seating, karena kursi itu dikhususkan bagi orang tua, ibu hamil, orang cacat, dll. Perhatikan gambar larangan di dalam kereta, seperti dilarang makan dan minum, merokok, dll.
Pengalaman saya cukup iseng juga. Saya kadang duduk di situ saat tidak ada yg mau duduk di sana. Tidak ada manula atau ibu hamil atau orang cacat. Jadi daripada kosong saya pilih duduk saja di sana hahaha
Langkah 9 – Perhatikan Pengumuman Stasiun
Beberapa saat sebelum kereta berhenti akan diumumkan stasiun tempat kereta berhenti. Contoh pengumuman: “Next Station Little India” atau “Next Station Boon Keng”.
Bila tujuan anda sudah dekat sebaiknya anda segera berdiri di dekat pintu agar mudah untuk keluar.
Pengalaman saya karena malas dengar pengumuman ini kadang saya lebih fokus mengingat berapa banyak stop yg harus saya lalui. Jadi saya hitungin di dalam otak saya. Karena kadang saya juga jadi autis di dalam MRT ini, sibuk mendengarkan musik dari HP saya. Jadi nga bisa dengar pengumumannya.
Langkah 10 – Keluarlah dengan hati-hati
Di atas pintu ada tanda pintu mana yang akan terbuka. Antrilah di depan pintu yang akan terbuka. Setelah kereta berhenti keluarlah dengan hati-hati. Perhatikan bahwa antara kereta dan peron ada lubang sela. Ada beberapa orang yang terperosok dan terjepit dalam sela-sela tersebut.
Langkah 11 – Carilah Pintu Keluar
Untuk mencari pintu keluar carilah tanda Exit. Perhatikan nama tempat Exit-nya, karena jarak antara pintu Exit bisa sangat jauh. Jadi bila anda salah keluar anda bisa berjalan kaki sangat jauh.
Pengalaman saya saat mencari pintu Exit ini terkadang bisa sangat apes banget. Saya pernah salah dan harus balik lagi cari Exit yg bener dan itu lumayan capek karena lorong atau selasar yg saya lalui cukup jauh. Apes aja. Jadi kalau ragu, saya tanya langsung ke petugas yg ada di sana.
Langkah 12 – Tap Kartu Anda di Pintu Keluar
Seperti pada saat masuk, saat keluar anda juga diwajibkan menempelkan kartu di pintu keluar. Tempelkan kartu sampai bunyi beep, dan pintu akan terbuka otomatis.
Langkah 13 – Kembalikan Tiket ke Mesin Tiket
Bila anda membeli tiket standard dari mesin tiket, maka anda harus mengembalikan tiket tersebut ke mesin tiket. Sejumlah uang deposit akan dikembalikan dan keluar dari mesin tiket.
Bila anda pakai EZ-Link atau STP anda tidak perlu mengembalikan tiket.
Saya sangat menyukai pengalaman naik MRT ini, khususnya di Singapore. Saya merasakan bahwa pemerintah Singapore bener-bener serius menangani masalah kenyamanan transportasi terpadu di sana. Meskipun harganya sangat mahal untuk kocek saya tapi tingkat kenyamanan dan tingkat kepraktisannya jangan dipertanyakan lagi. Saya tak perlu khawatir terjebak macet saat menuju bandara. Ada rasa secure saat saya akan mengejar waktu menuju bandara untuk mengejar flight saya. Tidak perlu khawatir terjebak macet yg tak jelas bisa tepat waktu atau tidak. Seharusnya Jakarta belajar dari negeri singa ini dalam hal menangani transportasi massal. Bravo Singapore.
Keep the faith!
No comments:
Post a Comment