Friday, April 23, 2010

Krisis kepercayaan dan bergerilya dari warnet ke warnet




Repotnya PC Rusak


Bermula dari Personal Komputer saya yg rusak slot memory cardnya,karena saya bukan ahli di bidang komputer maka saya harus berurusan dengan yg ahli di bidang tersebut. Sejak menggunakan speedy, entah kenapa komputer ini menjadi sering bermasalah. Mulai dari slot 1 dan 3 rusak, lalu harus dipindah ke slot 2 dan 4. Kemudian habis mendownload lagu-lagu dari cantube,tiba-tiba hang dan saya meng-off-kan komputer dengan cara tak lazim yaitu menekan tombol di  CPU’nya. Sebenarnya saya sudah coba 3X dengan  menekan berbarengan tombol Ctrl Alt Del, tapi karena tak jua mati maka saya matikan dengan menekan tombol pada CPU’nya. Alhasil setelah saya nyalakan ulang, justru CPU menyala tapi monitor komputer menjadi blank alias gelap gulita tidak menampilkan apa-apa, padahal CPU terdengar menyala, karena ada indicator lampunya menyala juga dan kipas juga menyala, tapi tidak menimbulkan suara beep. Aduch saya jadi panik nga karuan, maklum saya gaptek dan nga paham urusan hardware komputer. Saya coba telpon orang kantor yg paham komputernya, katanya coba cek pakai laptop untuk mengecek monitornya yg rusak atau part dalam CPU’nya ada yg rusak. Setelah saya test pakai laptop ternyata monitor menyala dengan baik, maka mungkin CPU yg rusak. Saya tanya lagi orang kantor yg paham komputer, saya bilang monitor sudah jelas menyala, gimana CPU’nya? Lalu dia jawab, kalau dulu pernah mencoba ganti slot memory RAM dari 1 dan 3 terus dipindah ke 2 dan 4, sekarang trouble lagi berarti seluruh slot memory RAM’nya sudah rusak total katanya. Saya hanya bengong nga ngerti maksudnya, artinya apa yah?tanya saya.?Katanya berarti harus ganti seluruh mother board. Wadoh tambah pusing saya. Saya pusing karena aktivitas saya pakai browsing2 dan menulis artikel menjadi terhambat…menyedihkan!
Reparasi  Komputer


Saya sebenarnya berniat bawa ke reparasi komputer, tapi karena krisis kepercayaan yg hebat terhadap para ahli yg memperbaiki komputer ini khususnya di Indonesia, maka saya ragu-ragu membawanya. Saya sering dengar bahwa para tukang reparasi komputer ini sering kali  mempreteli part-part yg ada di komputer kita dan diganti dengan yg abal2 alias kacangan, dalam hitungan bulan juga akan rusak lagi, terus begitu berulang-ulang. Termasuk reparasi HP juga kalo bukan di customer service resmi maka akan mengalami nasib yg sama. Dan ini sudah menjadi rahasia umum. Rasanya sulit mencari ahli reparasi yg jujur dan berdedikasi tinggi kecuali di customer service yg resmi. Anehnya di Indonesia ini siapa saja boleh menjadi tukang reparasi komputer,HP,motor,mobil tanpa perlu membuktikan sertifikat kelulusannya sebagai tukang reparasi yg ahli di bidangnya. Untuk mencari tahu kita hanya berdasarkan info dari mulut ke mulut saja. Biasanya sebelum service kita tanya-tanya dulu sama teman2 dekat ada yg tahu tukang service yg bagus nga?Dan ini pun untung2an.Kadang dapat yg brengsek  kadang dapat yg lumayan. Tapi lebih banyak yg brengsek sich.Meskipun saya tak punya data resmi.
Komputerku tidur


Sudah hampir 2 minggu,komputer saya ini tidur di rumah tak bisa dipakai. Dan saya masih kasak-kusuk cari ahli reparasi komputernya. Dan akibatnya saya tak bisa OL di FB,YM dan di beberapa blog pribadi saya. Dan yg paling menyebalkan saya tak bisa mengisi jurnal di blog saya. Tentu saja hal ini membuat saya resah tak karuan. Saya sebenarnya bukan FB Addicted, tapi memang kalau sedang libur saya senang menulis jurnal pribadi di blog saya,atau meng-edit photo-photo saya dari traveling2 sebelumnya.
Bergerilya dari warnet ke warnet


Komputer rusak membuat saya sering bergerilya dari satu warnet ke warnet yg lainnya. Sebelum komputer saya rusak, saya tak pernah tahu di mana letak warnet atau berapa harga per jam atau warnet mana yg murah tapi nyaman, aksesnya cepat dan keyboardnya lancar. Sebelumnya saya pelanggan di salah satu warnet namanya AGS, tempatnya lumayan baik, ada tempat parker yg luas dan tidak bayar. Harga per jam saya pikir cukup standar 4ribu/jam. Awal pertama coba lumayan lah cepat juga 100Mbps, tapi ternyata ketika pengunjungnya penuh maka bisa menjadi super lemot alias mau akses FB aja bisa sampai 7 menit, ampuh dah rasanya pengen marah dan meninju tembok aja tuch…Udah super lemot pakai acara hang2 melulu lagi terputus2, tapi pulsa bayarnya tetap berjalan. Saya jadi kesal banget dan meninggalkan warnet ini dan berjanji tak akan pernah kembali lagi…ampun dah bikin kesel.ABCD!


Udah jelek mahaaaaaaaaallllll


Sekali waktu saya pernah lihat di Lembah Hijau dekat rumah teman saya, saya coba masuk dan pakai warnet ini, komputernya lumayan banyak, speednya lumayan lah kayaknya 100Mbps juga, berhubung bulan puasa jadi pelanggan sedikit jadi aksesnya cepat sedikitlah. Tapi harga per jamnya 6ribu/jam, lebih mahal tapi tidak sebanding dengan alatnya yg kurang baik. Masak tuts keyboardnya banyak yg tidak berfungsi, contoh spasinya nga mau jalan, kalau nulis jadi tanpa spasi dech…ayak-ayak wae..mahal tapi keyboardnya jeleeeeeek banget. Ketika bayar yg punya tanya saya, gimana speednya bagus nga? Saya bilang biasa-biasa saja, dengan harga 6ribu/jam speednya 100Mbps itu sich biasa banget. Di luar sana banyak yg speednya 100Mbps Cuma 4ribu/jam…kebetulan bulan puasa banyak yg tutup jadi saya cari sampai ke tempat bapak ini. Kalau ditanya puas nga? Saya bilang tidak. Dan dia tersenyum bilang ma kasih juga, sudah terus terang. Yah iyah lah gimana mau puas pak, harga mahal, speed standar, tuts keyboard jelek banget bikin kesel booo..ampun dech pak nga pernah survey pasar apa ? ABCD !


Harga memang tidak pernah berbohong


Saya tanya orang kantor ada yg tahu warnet yg murah dan speednya lumayan nga ? Langsung pada jawab dengan cepat, ada tuch dekat kantor kita, di sepanjang jalan banyak tukang warnet, harganya murah 3ribu/jam. Saya kaget masak sich ada yg 3ribu/jam ? Yg bener ? Saya kaget nga percaya. Tapi mereka kasih nama warnet dan suruh saya coba cek ke sana. Sorenya saya langsung meluncur kesana mengecek kebenarannya. Ternyata bener harganya Cuma 3ribu/jam dan speednya lumayan lah kalau hanya akses FB,YM  dan blog pribadi. Tapi ada tapinya nie, tempatnya nyempil alias tersembunyi banget, di sudut gang, raungannya bersih tapi rada kecil mungil kayak type 21 gitu dech. Komputernya sich rata2 Phentium III, warna keyboard,CPU dan monitor warna-warni nga jelas, tapi yg penting speednya OK lah tidak bermasalah. Jangan kaget kalau  CPU pun masih terbuka nga jelas dan bunyinya lumayan terdengar jelas di telinga saya, tapi lumayan lah speednya OK…hehehe…Sepertinya tempat ini merangkap sebagai tempat reparasi komputer juga, jadi mungkin komputer yg di pakai adalah rakitan para tukang reparasi ini kaleee…jadi investasinya sendiri cukup murah terhadap semua hardwarenya, belum lagi mereka tidak perlu bayar ahlinya untuk maintenance PC tsb dan tempatnya pun tersembunyi jadi biaya tempat sendiri mungkin tidak mahal juga, maka mereka pasang tariff 3ribu/jam pantas lah, masih mampu menghasilkan profit..hehehe…Tapi di sini ada yg bikin saya malas dan repot, area parkirnya kagak ada jadi bikin pusing juga. Murah tapi tidak  ada area parker. Saya tetap tak puas.ABCD!


Praktis dan merobek-robek kocekku


Terakhir saya dapat info dari teman kantor yg rumahnya tidak jauh dari rumah saya, bilang kalau di dekat rumah saya ada warnet. Saya bilang di mananya? Dia bilang dekat portal jalan. Koq saya nga pernah lihat sich? Katanya ada koq, cek dulu aja. Saya tanya speednya OK nga? Dia bilang lumayan koq. Saya akhirnya coba tanya2 tetangga saya, ternyata bener ada dekat rumah saya, Cuma 5 rumah ke kanan rumah saya. Alamak selama ini capek putar2 cari warnet ternyata ada di dekat rumah saya. Besoknya saya langsung ke sana dan coba pakai warnet ini, hehhee hasilnya mantaffssssssss boo, speednya lumayan OK, terus dia menyediakan fasilitas OL dengan Mozilla FireFox 3.5, Opera, Internet Explorer. Yah walaupun tidak canggih2 amat tapi paling tidak saya punya pilihan yg lumayan OK lah. Tapi komputernya sama dengan yg sebelumnya2 Phentium III juga dan CPU,Keyboard dan Monitor warna warni juga hehhee. Harga standar 4ribu/jam. Speednya lumayan OK. Tuts keyboard sejauh ini lancar dan lunak banget. Dan yg paling penting sangat dekat dengan rumah saya. Kalau mau OL saya bisa pakai baju tidur juga, bawa makan juga, pokoke suka-suka dech. Tempatnya yg nyaman dan dekat lokasi rumah saya membuat saya rajin OL. Tapi sayang yg membuat saya sedih adalah  terlalu banyak merobek-robek kocek saya…hehhee..Ternyata dekat dan nyaman identik juga dengan pembakaran secara cepat financial saya hahhaa…ayak-ayak wae…praktis semuanya praktis juga uangnya kekeke…nasib-nasib maunya apa sich…nasib anak kere banget begini kaleeee:D


nuchan@31082009
copyright

No comments:

Post a Comment