Friday, April 23, 2010

Batik dari negeriku Indonesia

Belum punya persiapan sama sekali.



Untuk menyambut Hari Batik Indonesia 02 Oct 2009, saya sama sekali  belum memiliki persiapan khusus. Walaupun beberapa sahabat saya yg sangat perhatian dengan warisan budaya Indonesia ini jauh2 hari sudah mengirimkan e-mail  dan menghimbau saya untuk memakai Batik Indonesia pada hari istimewa ini 2 Oct 2009.  Rasanya saya sudah bongkar semua lemari baju saya tapi saya tak menemukan pakaian Batik yg cocok buat saya pakai besok. Duch mau tidak mau saya harus pergi ke mall untuk berburu baju Batik.


Euphoria


Pukul 16:30 tepat saya sudah cabut dari kantor saya, balap menuju mall terdekat hehehe. Sampai di mall saya langsung menuju counter Batik Keris Indonesia. Wadoh gawat ternyata orang yg senasib dengan saya banyak sekali, para pembeli sudah ramai memenuhi counter Batik Keris Indonesia. Alamak gimana caranya nih menemukan baju yg cocok. Alih2 cari baju Batik, saya justru sibuk mengabadikan para pembeli Batik ini dengan kamera saku saya hehehe…Yg unik adalah para pembeli ini banyak yg orang Indonesia berdarah Tionghoa, terlihat ayah dan anak sedang bersemangat memilih-milih motif yg cocok buat anaknya. Ada juga para guru dan murid-murid  dari Sekolah Pelita Harapan dan Don Bosco sedang tertawa ceria memilih berbagai baju Batik yg dipajang di Batik Keris Indonesia hehehe. Saya tahu mereka dari seragam baju yg mereka pakai malam itu. Dan juga beberapa muridnya yg berteriak gembira sambil berseru memanggil gurunya dengan Sir!Sir! saya dapat motif yg bagus, sambil dengan wajah sumringah memamerkan ke gurunya. Terlihat teman-temannya pun setuju bahwa motif itu bagus. Saya sampai kaget dan terharu juga ternyata kalangan Civitas Akademika pun tampaknya perduli dengan masalah warisan budaya Indonesia ini.Semoga ini bukan hanya euphoria sesaat saja  atau panas-panas taik ayam katanya hehehe.


Akhirnya Kumenemukanmu



Sibuk memotret orang lain, koq saya malah lupa dengan kepentingan saya sendiri, bahwa saya belum menemukan baju Batik yg cocok. Akhirnya saya coba turun ke lantai 1 di dekat bagian pintu masuk mall ternyata ada pameran Batik Indonesia. Di sini pun sudah ramai dengan pengunjung. Saya coba sibak satu  persatu baju yg dipajang, belum juga ketemu yg cocok, duch saya koq jadi resah jadinya. Saya coba putar lagi ke counter yg dipojok,sibuk memilih2 motif yg cocok, setelah satu jam penuh berkutat memilih2 yg cocok akhirnya saya putuskan membeli satu buah yg bermotif kotak2 ditengahnya ada kembang2 kecil dan berwarna dasar hitam. Lumayanlah motifnya agak tradisional banget  menurut saya, motif OK dan harganya juga tidak terlalu mahal buat kocek saya cuma 75,000 Rp. Hehehe. Saya jadi lega karena besok 2 Oct 2009 saya bisa pakai baju Batik Negeriku Indonesia horeeeee!


Siaran TV pagi


Bangun pukul 6 pagi 2 Oct 2009 menyalakan TV, semua penyiar TV saya lihat memakai Baju Batik Indonesia. Sedang menyiarkan berita di berbagai pusat perbelanjaan di beberapa kota di Indonesia Jakarta, Bali,Surabaya,Jogyakarta,Pekalongan dan Medan dan beberapa kota lainnya dibanjiri para pengunjung yg ingin berburu pakaian Batik Indonesia juga hehehe..Duch ramai sekali beritanya yah, sama hebohnya dengan pemberitaan gempa bumi di Sumatra Barat dan Jambi. Sedih gembira beritanya campuk-aduk dech…Semoga kegembiraan kita menyambut Hari Batik Indonesia ini tidak mengesampingkan arti penderitaan saudara-saudara kita yg ada di SumBar dan Jambi. Maaf ya saudara!


Hari Batik Indonesia 2 Oct 2009


Dan hari ini 2 Oct 2009, secara resmi Batik sudah diakui dan disahkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia.Betapa lega dan bahagia sekali. Terutama Kota Pekalongan sebagai kota Batik akan membuat pesta besar2an atas hari istimewa ini.Saya  pun hari ini bekerja menggunakan Batik Negeriku Indonesia. Teman-teman yg lain pun sama juga. Lucu juga yah motifnya beraneka macam…wuih ini menandakan orang Indonesia itu kreatif yah..abiz motifnya nga ada yg sama boo..walaupun dasarnya sama hitam juga tapi motifnya kaya sekali..hehehe…Luar biasa! Okay dech selamat buat semua sahabat dan handai taulan “ Selamat Berbatik-Ria” dan “Hidup Batik Indonesia”! Jaya Negeriku di Laut, Darat dan Udara! Kekeke…
nuchan@02102009
Hidup Batik Indonesia

No comments:

Post a Comment