Sunday, July 17, 2016

Draft Itinerary in Japan July 2016

Thu, Jun 9, 2016 at 2:48PM

Saya coba posting semua hasil diskusi saya dengan Arata Sensei. Dan semua itinerary saya dibuat oleh beliau 100%...Saya cuma speechless saja....Jadi kali ini saya ikut saja dengan seluruh ide beliau...

Kanazawa I am coming...Sensei see you soon then in Kanazawa....


****

Nur chan
Sorryyyy, lama sekali balasnya.
Ibu saya meninggal dunia pada 17 April.
Apartemen di Kanazawa masih kosong, kalau Nur chan mau
nginap sama saya, saya siap untuk tgl.2, 3, 4.
Saya rasa saya harus balik ke Tokyo pada tgl 5 pagi.
Kalau Nur chan berani tinggal di apartemen sendirian,
boleh boleh saja... tapi saya tak bisa temanimu.
Nanti kita bisa ketemu lagi di Osaka atau di Kyoto pada
tgl 10 Juli, dan kuncinya bisa dikembalikan.
Maaf ya, saya tak sempat mengusulkan t4 wisata yang bagus. Lagi super-sibuk....
Barangkali dragon route might be interesting.
http://www.dragonroute.net/dragon_e/

Fri, Jun 10, 2016 at 6:41AM
Nur chan,

Salju susah.  Sekarang sudah musim panas!


Keluarga saya suka pergi ke kota Takayama.
Kecil, tapi bersih dan bersejarah.
Ada pasar pagi.

http://www.hida.jp/english/
http://www.hida.jp/english/activities/sightseeing-information

Osaka- Kanazawa JPY7,130
Kanazawa-Takayama JPY3,390
Takayama-Osaka JPY8810

Kalau mau ke Tokyo (Tokyo Disney Land) lebih baik beli JR pass.

Kanazawa-Tokyo 13920
Tokyo-Osaka 13620

Tapi, kalau pesawatnya ke Osaka, mungkin lebih gampang ke Universal Studio Japan... USJ terdapat di Osaka!

 Sun, Jun 12,2016 at 9:04PM

Nur chan

Gomenne, saya punya account line, tapi jarang pake... malas.

Iya Shirakawa go bagus, tapi tak akan ada salju karena lagi musim panas. Gpp kah?

http://hatabear.gooside.com/sirakawa.html


Kurobe dam jauh... Kalau hobnya naik berbagai jenis kendaraan, bagus.
http://www.kurobe-dam.com/access/alpine_vehicle.html

Mending ke Arashiyama.  dekat kok.  Cuman wisatawan banyak.

Boleh juga pergi ke Kameyama naik JR biasa atau トロッコ列車.
Pemandangannya bagus.

https://www.sagano-kanko.co.jp/

Balik lagi ke Kyoto, kalau berani naik sampan Hozugawa
http://www.hozugawakudari.jp/tickets

 Mon,Jun 13,2016 at 2:08PM

Nur chan Saya lampirkan draft itinerary, ini kayaknya terlalu padat deh! > Osaka - Kanazawa - Shirakawa go - Takayama - Nagoya - Kyoto -Hiroshima Kalau berwisata di Nagoya dan Hiroshima, saya rasa acaranya terlalu banyak.... Sorry, saya betul2 tak ada waktu...jadi dari saya sekian dulu, pikir sendiri yaa? Yang penting, kita bisa ketemu pada tanggal 2 Juli kan? Kita ketemuan di stasiun Shin-Osaka atau di stasiun Osaka pada hari Sabtu sore, lalu kita urus tiket ke Kanazawa bersama2. Bagaimana kalau kita ketemu pada jam 15 di depan Midori no Madoguchi (みどりの窓口)sebelah Higashi Kaisatsu Guchi (東改札口, East Ticket Gate) di lantai 3 di stasiun Shin-Osaka? Maksud saya pintu biasa, yang bukan pintu Shinkansen. Kalau keluar dari higashi kaisatsu guchi, midori no madoguchi terdapat di sebelah kanan. http://osakadesign.com/shinosaka/konai/#Anchor371437 http://english.jr-central.co.jp/info/station/index.html   



Juli 1(Fri)    MH724  CGK19:35---KUL22:40

               MH52   KUL23:45--

Juli 2(Sat)                    --KIX07:15



        Kansai Airport---Shin Osaka Station (Naik Limited express Haruka)

        Siang: Nur chan main-main dulu di sekitar Osaka dari pagi sampai sore.

        (Taruh koper di coin locker)

        Ketemu Arata di Shin-Osaka Station pada jam 15:00.(atau lebih malam juga boleh)



        Shin Osaka15:16---Kanazawa17:56 (JR Thunderbird 29)




        Makan malam di Kanazawa station.

        Malam: Menginap di rumah Arata di Kanazawa.



Juli 3(Sun)

        Berwisata dengan Arata di kota Kanazawa.

        Malam: Menginap di rumah Arata di Kanazawa.



Juli 4(Mon)

        Berwisata dengan Arata di kota Kanazawa.

        Malam: Menginap di rumah Arata di Kanazawa.



Juli 5(Tue)

        Kanazawa---Shirakawa go (Naik bis, 75minutes,  perlu reservasi)

        http://www.nouhibus.co.jp/english/

               8:10---9:25

               8:40---10:05

               9:10---10:25

               9:40---11:05

               10:50---12:05

           

               16:00---17:15 (terakhir)

        http://www.nouhibus.co.jp/english/

        Siang: Berwisata di Shirakawa go.

        Malam: Menginap di Shirakawa go.



Juli 6(Wed)

        Pagi: Berwisata di Shirakawa go.

        Shirakawa go---Takayama (Naik bis, 50minutes, perlu reservasi)

               9:35---10:25

               10:20---11:15

               10:45---11:52

               11:15---12:05

               12:05---11:55



               17:30---18:35(terakhir)

        http://www.nouhibus.co.jp/english/

        Sore: Berwisata di Takayama.

        Malam: nginap di Takayama.



Juli 7(Thu)





Juli 8(Fri)

        Pagi-pagi: Pasar pagi Takayama

        Siang: Berwisata di Takayama.

        Takayama15:35 - Nagoya18:03 (JR Limited Express Wide View Hida, 2 jam 30 min)

        (Hida kira-kira sejam sekali berangkat sampai 18:46. Lebih bagus siang karena pemandangan bagus.)

        Malam: nginap di Nagoya atau Kyoto. (Saran saya di Kyoto, supaya besoknya bisa pagi-pagi pergi ke Arashiyama dan Kameyama.  Kalau agak siang Arashiyama penuh dengan wisatawan)



Juli 9(Sat)

        Berwisata di Kyoto, Arashiyama, Kameyama (naik perahu?)

        Pagi-pagi jalan2 di Arashiyama.

        Naik Torokko ke Kameyama.

        Naik perahu balik lagi ke Aratashiyama.(kira-kira 2 jam, JPY4100, agak mahal)

        Malam: nginap di Kyoto atau Osaka.





Juli 10(Sun)

        Kyoto atau Osaka---Hiroshima---Osaka

        Malam: nginap di Osaka.





Juli 11(Mon)   MH53  KIX11:00---KUL16:45
               MH725 KUL17:45---CGK18:45  

Mon, Jun 13,2016 at 6:27PM  


Eh, kalau Nur-chan mau ke Arashiyama dulu, boleh juga deh.

Tgl 2 Juli, dari pagi Nur chan main dulu ke Kyoto,
nanti kita bisa ketemu di stasiun Kyoto.

Saya bisa ke Kyoto paling cepat jam 15:00, tapi bisa juga
kerja dulu di kantor sampai sore, dan pergi ke Kyoto agak malam.

Kereta terakhir dari Kyoto ke Kanazawa waktu berangkatnya jam 21:21.
Sebelumnya ada yang berangkat pd 18:09, 18:40, 19:10, 19:54 dan 20:38.
Banyak kok!  Dari Kyoto ke Kanazawa waktunya paling 2 jam 15 menit.

Kita bisa makan malam dulu di Kyoto, atau bisa beli Obento di stasiun Kyoto dan makan di dalam kereta.
  
 




Tue, Jun 14, 2016 at 9:43AM

Nurchan,
Oke, kalau begitu kita ketemu di stasiun JR Kyoto.

Gimana kalau jam-jam 18:00, di platform no.32?
Kalau dari Kameoka atau Arashiyama, naik kereta yang paling depan.


Berikut info buatmu.

Kansai Airport (KIX) --- Kyoto naik JR Limited express HARUKA
        Haruka No6(Kansai Airport 08:08 --- Kyoto 09:34)
        Haruka No8(Kansai Airport 08:43 --- Kyoto 10:04)
        Haruka No10(Kansai Airport 09:16 --- Kyoto 10:34)
        Haruka No12(Kansai Airport 09:46 --- Kyoto 11:04)
        Haruka No16(Kansai Airport10:44 --- Kyoto 12:04)
http://www.westjr.co.jp/global/en/timetable/ http://kanku.mi-ktt.ne.jp/time/kyoto_sat/
Haruka tibanya di platform No.30.
Kalau bisa, duduk di paling depan. (Ganti keretanya gampang)

Taruh koper di coin locker di dalam stasiun Kyoto.
Ada banyak di dekat platform Haruka, menuju ke central exit.
(Kita nanti ketemu di Central Exit, ya)

Dari Kyoto ke Kameoka ada dua pilihan.

Pilihan 1. Naik JR Sagano line dari platform No.31, 32 atau 33.
        Satu kali naik.
        Kalau kereta biasa waktunya kira-kira setengah jam.
        Kalau limited express kira-kira 17 menit.
        Pemandangannya cukup bagus, cuma keretanya biasa saja.
        Kalau punya Japan railpass, ongkosnya termasuk.
        (Yang torokko saya kurang tahu apakah termasuk)

Pilihan 2. Pergi ke Arashiyama naik JR Sagano, lalu naik Torokko.
        Naik JR Sagano line dari platform 32, 33 di stasiun Kyoto.
        Naik kereta biasa atau Kaisoku (express).
        Jangan naik yang limited express.
        Turun di stasiun Saga-Arashiyama.
        (Jalan-jalan di Arashiyama. Pulangnya juga bisa jalan2)
        Naik Torokko (Romantic train) dari stasiun "Torokko Saga"
        atau stasiun "Torokko Arashiyama"
        http://www.sagano-kanko.co.jp/english.php
        Cuman saya tidak yakin bisa beli tiket atau tidak...
        Kalau hari Saptu suka penuh sih..

Dari Kameyama balik lagi ke Kyoto ada tiga pilihan.

Pilihan 1. Naik Torokko sampai Arashiya ato Saga,
           Jalan2 di daerah Arashiyama,
           lalu naik JR Sagano line sampai Kyoto.

Pilihan 2. Naik perahu Hozugawa Kudari(保津川下り)
        turun dari perahu, lalu jalan2 di daerah Arashiyama.
           http://www.hozugawakudari.jp/en/access-en
           Naik JR Sagano line dari stasiun JR Saga Arashiyama

Pilihan 3. JR Sagano line dari stasiun Kameoka sampai Kyoto.


Thu, Jun 16, 2016 at 11:43AM
Nur chan

Sagano Torokko(=Sagano Scenic Railway = Sagano Romantic Train)
sepertinya bisa dinaik dengan Japan rail pass.

https://www.japan-rail-pass.com/japan-by-rail/travel-tips/sagano-scenic


Tue, Jun 21, 2016 at 9:39AM
Nur chan,

Kanazawa Castle,Taman Kenrokuen dan daerah rumah samurai semua dekat kok dari rumah saya. Rumah samurai maksudnya Buke yashiki kan?

Pasar juga tidak terlalu jauh.  Bagusnya kita ke pasar pada hari Senin pagi.  Hari Minggu tutup.  Mari kita makan siang di restoran di dalam pasar.

Kalau Nur chan senang dengan "modern art", 21st Century Museum terkenal dan sangat populer, jalan kaki hanya 5 menit dari rumah saya.
https://www.kanazawa21.jp/en/

Kalau mau lihat daerah Geisha, Higashiyama (Higashi Chaya District
 東茶屋街) bagus. Saya pernah ajak Sylvi dan Evi, mereka suka sekali.

 
http://www.kanazawa-tourism.com/eng/guide/guide1_4.php?no=1

Myoryuji ("Ninja temple")
妙立寺 sangat terkenal dan manarik.
Banyak mekanizme rahasia untuk melarikan Tono sama waktu darurat.
Bisa tahu sejarah.  Cuman tempatnya kuil agama Bhuda.
Harus booking dulu.  Kalau mau dibooking, bilang saja, saya telepon.
http://www.kanazawa-tourism.com/eng/guide/guide1_5.php?no=2

Kalau senang dengan kerajinan tangan ada banyak tempat.




Tue, Jun 21, 2016 at 12:37PM
Nur chan,

Oke deh, kalau begitu Nur chan langsung datang saja ke Kanazawa
dari Kansai airport pada tanggal 2, agar Nur-chan bisa jalan-jalan di Kanazawa dari tgl 2 siang sampai tgl.5 sore. (3 malam 4 hari, saya rasa cukup...)

Saya sampai Kanazawa paling cepat pada jam 17:50.

Kalau Nur chan mau jalan-jalan dulu, saran saya di daerah Higashiyama (Higashi chaya).  Naik bis satu kali dari stasiun Kanazawa.
Keluar ke East exit, dan tanya di information naik bis yang mana.

Kopernya ditaruh dulu di coin locker di stasiun Kanazawa.

Kita ketemuan di exit biasa (bukan exit Shinkansen) pada jam 18:00.

Makan malam dulu lalu ke rumah saya bersama2.


Plan untuk sementara sebagai berikut.

tgl.2 Higashi chaya
tgl.3 Kanazawa Castle,Taman Kenrokuen dan rumah samurai etc.
tgl.4 Pasar Omicho
(近江町),
Oyama shrine
(尾山神社), Myokoji(Ninja dera)
tgl.5 cadangan... terserah Nurchan

Tue, Jun 21, 2016 at 5:50 PM
Nur chan,

Oke deh, kalau begitu kita ketemu di Kanazawa saja.

Nur chan langsung datang ke Kanazawa dari Kansai airport pada tanggal 2, agar bisa jalan-jalan maksimum di Kanazawa dari tgl 2 siang sampai tgl 5 sore. (4 hari 3 malam, saya rasa cukup...)

Saya sampai Kanazawa paling cepat pada jam 17:50.

Kalau Nur chan mau jalan-jalan sendiri dulu, saran saya di daerah Higashiyama (Higashi chaya).
Naik bis satu kali dari stasiun Kanazawa.
Keluar ke East exit, dan tanya di information naik bis yang mana.

Kopernya ditaruh dulu di coin locker di stasiun Kanazawa.

Kita ketemuan di exit biasa (bukan exit Shinkansen) pada jam 18:00.

Makan malam dulu lalu ke rumah saya bersama2 yuk.
Kalau capek, bisa juga beli bento, pulang makan di rumah.


O ya, kalau mau hemat, mungkin lebih bagus beli tiket sampai Kanazawa yang tersendiri.  Karena di dalam kota Kanazawa kita jarang pake JR.
Semua bisa jalan kaki dan naik bis biasa.

Kansai airport(
関西空港)→Shin Osaka (JR limited express Haruka)
Shin Osaka→
金沢(JR  limited express thunderbird)
9190 yen for non-reserved seat.


tgl 2 Kansai airport - Kanazawa
tgl 3 Kanazawa
tgl 4 Kanazawa
tgl 5  Kanazawa - Shirakawa go
tgl 6  Shirakawa go
tgl 7 Shirakawa go- Takayama
tgl 8 Takayama
tgl 9 Takayama - Toyama - Kanazawa - Kyoto
tgl 10 Arashiyama/Kameoka Kyoto
tgl 11 Kyoto? - Kansai Airport

untuk info.
金沢白川郷 1850
白川郷高山 2470
高山名古屋京都 9180円(特急+新幹線自由席)
京都嵯峨嵐山 240
トロッコ嵯峨トロッコ亀岡 620
京都関西空港 2850円(特急はるか)

Mulai besok, saya tugas luar di Taiwan, mungkin tak bisa jawab sampai minggu depan.  Sorry ya!  
Arata 

Mon, Jun 27, 2016 at 5:38PM
Nur chan,

Sorry mail yang tgl 21 dari Nur chan, tak terbaca.

Jangan ke Kanazawa apa-apa...
Kanazawa Hakkei, Kanazawa Bunko, dan Kanazawa Seaside terdapat di Kanagawa prefecture di daerah Kanto!!!  Dekat Yokohama.
Itu semua tempatnya jauuuuhhh berbeda!!!!

Yang kita pergi adalah stasiun yang bernama "KANAZAWA".
Sekali lagi "KANAZAWA".  titik. selesai.

Kan saya sudah informasikan jalur/kerete/ongkos yang tidak pake JR railpass.


Kalau kamu tak jadi ke Hiroshima, menurut saya tak usah beli JR rail pass.


Info yang lain, ditunggu sebentar.



Mon, June 27, 2016 at 6:34PM
Nur chan

Sekarang sih di Jepang juga banyak free wifi, tidak seperti dulu.

http://www.westjr.co.jp/global/en/wifi/pdf/guide.pdf
https://www.family.co.jp/services/famimawi-fi/


Kalau di Kanazawa, kamu bisa juga pakai modem wimax saya bersama-sama.


Kalau punya smartphone, sim cadangan saya bisa dipinjamkan.
 (Cuman, sim ini tak bisa dipake tuk telepon, hanya buat smsan dan internetan. Internetnya tidak cepat, batasnya sampai 2 GB/bulan)


Kalau mau sewa modem wifi di Kansai Airport, ada yang seperti di bawah ini.
http://wi-fiレンタル.com/airport/kansai.html
http://wifi-honpo.com/index.html?ref=wifi




Mon, Jun 27,2016 at 8:23PM
Nurchan

Saya pikir-pikir ttg itineray dan tiket Nur chan yang hemat dan bebas.

Kesimpulannya beli dua tiket yang berikut!


1. Kansai-Hokuriku Area Pass (15000yen for 7days)
   Pake pass ini dari tgl 2 sampai tgl 8.
   Balik ke daerah Kansai (Kyoto/Osaka) pada tgl.8.
http://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/pass/kansai_hokuriku/ 
ongkos 


2. Kansai Area Pass (5300 yen for 3 days atau 4300 for 2 days)
http://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/pass/kansai/
   Pake pass ini dari tgl. 9 sampai 11.


Jadi itinerarynya seperti ini.  (for details lihat excel)




tgl.2 Kansai airport - Kanazawa (nginap di rumah saya)
tgl.3 Kanazawa (nginap di rumah saya)
tgl.4 Kanazawa (nginap di rumah saya)
tgl.5 Kanazawa-Shiarakawago
tgl.6 Shirakawa go atau Takayama
tgl.7 Takayama
tgl.8 Takayama-Toyama-Kanazawa-Kyoto
tgl.9 Kyoto Arashiyama Kameoka dll
tgl.10 Kyoto /Osaka
tgl.11 Kyoto/Osaka -Kansai airport

Kalau acara di Kanazawa serahkan kepada saya, tapi yang lain pikir sendiri yaa.

Cari penginapan yaa. Daerah Shirakawa go/Takayama/ Kyoto/Osaka, suka penuh.

Saya tak sempat bantu lagi,, Pekerjaan numpuk!!!!

No comments:

Post a Comment