Sunday, July 29, 2012

Summer Season in Japan July 2012

Kalau perjalanan tanpa drama kayaknya kurang seru ya. Begitu juga nasib gue yg sama ribetnya, setiap kali jalan-jalan sendirian ke luar negeri pasti ada aja drama yg bikin jantung gue hampir copot. Entah ini baik apa nga, buat jantung gue yah.. Tapi memang begitulah adanya, dari satu drama ke drama berikutnya. Tujuan liburan gue kali ini adalah ke Negeri Sakura Jepang. Tiket penerbangan Jkt-KL-Osaka-KL-Jkt ini, gue beli jauh-jauh hari sebelumnya, karena ada tawaran promo AA yg gila-gilaan. Padahal gue belum tahu juga sih bisa cuti dari kerjaan gue atau nga, atau bisa dapat visa atau nga. Tapi seperti biasanya gue suka nekat aja, beli tiket dulu, urusan cuti dan visa, nga usah dipikirin diawal,malah nga jalan-jalan kalau banyak pertimbangan. Buat gue gagal atau nga, itu urusan dibelakang, bagi gue nothing to lose. Bodoh. Kalau nga bisa terbang, berarti uang gue hangus aja. Gitu aja kog repot hahaha. Dan ini bukan yg pertama kali, gue melakukan tindakan konyol begini. Kalau mau jujur semua penerbangan gue ke negara-negara yg memerlukan visa itu,pasti semuanya serba-gambling. Tidak ada kepastian bahwa visa gue bakalan disetujui atau cuti gue bakalan diizinkan boss gue. Semua serbanekat aja. Ckckck. Kacau.


Pilihan terbang

Gue pilih terbang 12 Juli 2012 dari JKT-KL-Osaka dan balik lagi ke Osaka-KL-Jkt 25 Juli 2012. Gue pilih tanggal pulang dan pergi ini hanya acak saja sich, tidak ada kriteria khusus. Pokoknya intinya tiket murah aja. Padahal Juli itu sudah masuk musim panas di Jepang. Kayaknya menurut data dari website the best season itu katanya :  kalau ke Jepang itu lebih baik bulan Sept-Nov karena musim gugur, jadi bisa menikmati Momiji dan daun-daun yg berguguran terlihat sangat indah katanya. Atau bulan Mar-Apr jadi bisa menikmati Hanami bunga-bunga Sakura yg bermekaran sangat indah di mana saja. Tapi lupakan semua itu, karena gue cuma pengen dapat tiket murah aja.Titik. Kebayang khan beli tiket kapan, terus terbangnya kapan. Maklum kalau tiket promo itu dibuka 6-8 bulan sebelum jadwal terbang. Jadi habis beli tiket, gue udah lupa itu dengan jadwal terbang. Paling 2 bulan menjelang terbang gue baru sibuk cari info-info seputar negara tujuan dan juga mengatur jadwal cuti. Payah.

Riuh nyiapin keperluan traveling

Izin cuti tahunan sebulan sebelum berangkat sudah disetujui boss gue. Berikutnya kudu ngurusin visa. Ngurusin visa ini sebenarnya susah-susah gampang ya. Dibilang susah iyah juga, dibilang gampang ya iya juga. Susah karena gue kudu ngurusin sendiri aja. Semua persyaratan visa ke Jepang, gue mesti browsing-browsing dulu di internet, cari data yg paling akurat, biar nga dua kali kerja aja. Maunya satu kali mengajukan semuanya lengkap,dan izin bisa keluar dengan lancar. Belum lagi gue kudu nganterin sendiri ke kedutaan Jepang yg ada di depan Hotel Pullman( Ex. Hotel Nikko or President ) Jadi kebayang khan susahnya ngurus sendiri. Semua syaratnya kudu lengkap dan kudu ngantri mengajukan aplikasi visa. Terus nga ada jaminan juga sih, visa pasti disetujui. Sedap. Berita gembiranya harga mengurus visa ke Jepang itu murah banget. Gue bilang murah karena gue jengkel banget waktu ngajuin visa ke Australia itu single entry  seharga Rp.1.240.000, bete nga sih? Sedangkan ke Jepang single entry itu hanya Rp.325.000 saja. Murah dong? Ya biarpun murah memang kudu ngeluarin uang extra juga sih, maunya sih gratis aja tapi mana ada ngurus visa gratis yah…Maunya gue, kalau bisa masuk ke setiap negara itu seharusnya tanpa visa segala yah..Repot banget. Heran ya, kenapa dibikin ribet begitu. Coba masuk surga gratis aja nga ada yg mau ke sono…Kenapa masuk ke negara orang lain aja kudu bayar mahal amat. Aneh.

Ok back to the topic,dibilang mudah mengurusnya karena syaratnya itu cukup standar banget, sama saja dengan syarat-syarat yg diberlakukan oleh negara lain, dan pihak kedutaan Jepang juga cukup memberikan kemudahan kog saat mengajukan visa. Asalkan syarat utama semuanya lengkap, kemungkinan visa kamu akan disetujui yah. Ya syarat utama itu, tiket PP harus sudah ada. Booking hotel selama di Jepang sudah ada dan punya dana yg cukup di RK kamu selama tinggal di Jepang. Jadi ya standar banget khan? Apalagi kalau hanya traveling doang, seharusnya tidak sesulit yg kamu bayangkan. Yg penting punya dana yg cukuplah. Justru kalau ngurusin visa melalui travel agent itu malah suka ribet menurut gue. Karena kadang-kadang syaratnya lebih rumit dari yg seharusnya. Gue milih urus sendiri aja.

Persiapan pernak-pernik traveling

Urusan cuti beres. Visa beres. Persiapan berikutnya yg lumayan mumet, bagaimana caranya mengatur dan menyusun baju dan segala pernak-pernik yg akan dibawa ke Jepang ini muat dalam satu tas ransel kecil saja. Tidak lebih dan tidak kurang.Soalnya gue nga beli bagasi booo. Khan tiket murah, tanpa bagasi dan tanpa makan hahaha.Bener-bener irit banget ya. Susah dah jadi kere. Tapi pengen jalan-jalan ke negeri yg biaya hidupnya super-duber mahal.

Untuk menyusun baju ini ke dalam ransel, mungkin ada 5X uji-coba. Pertama gue mikirin baju long john untuk menahan dingin perlu nga yah? Karena gue bakalan liburan di Hokkaido satu minggu booo. Katanya di sana sejuk banget hanya 22 derajat. Sejuk buat orang Jepang, itu artinya dingin banget buat gue booo..Tapi mikirin tas ransel gue bakalan penuh banget, maka dengan berat hati gue singkirkan baju long john ini. Yg kedua, gue perlu bawa jaket apa nga ya? Biasalah gue suka kedinginan di dalam pesawat. Gue itu kudu terbang jam 1 pagi dini hari dari KL. Jadi tiba di Kansai pukul 8:25 pagi. Terbang malam pasti dingin khan? Tapi atas nama ribet dan malas bgt,akhirnya jaket pun harus disingkirkan. Yg ketiga, gue perlu bawa handuk kecil 2 buah nga sih? Biasanya gue bawa 2 buah untuk menghindari satu rada lembab dan yg satu masih kering. Tapi setelah dipikirkan dengan jernih, gue putuskan bawa satu lembar aja deh yg kecil dan putih. Makin ringan tho beban gue hahaha. Yg keempat, gue mikirin dari awal bahwa laptop dan tripod itu sudah harga mati nga bakalan dibawa. Berat.Ribet. Ogah gue susah. Meskipun gue narsis abis, tapi tripod, no way. Gue cukup bawa HP Nokia dan Samsung tablet saja deh. Yg kelima nih, urusan bawa pernak-pernik make up, alat mandi seperti sabun,shampoo,lotion, bedak,cream malam,cream siang dan segala urusan kecantikan kewanitaan itu lo, kudu dimaksimalkan supaya nga jadi beban semuanya. Ckckck, ribet ya jadi cewe. Tapi akhirnya gue putuskan booking hostel yg khusus menyediakan shampoo,sabun dan hair dryer aja. Nah setelah 5X uji-coba, tas gue terlihat lebih slim dan nga berat. Mantap.
Sampai di sini udah selesai dramanya? Belum. Masih banyak dan panjang. Drama pertama yg bikin kepala gue langsung tuing-tuing itu adalah berita bahwa akan ada demo buruh besar-besaran lagi tentang masalah outsoursing. Katanya mereka akan bergerak dari pagi jam 7.30an menuju istana, bundaran HI dan juga berorasi di depan gedung Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tepat tanggal 12 Juli 2012. Tepat di hari keberangkatan gue. Gue udah parno aja ngebayangin jalan tol akan macet total dan yg lebih gila lagi kalau sampai mereka memblokade jalan tol, habis deh gue. Kantor gue aja secara khusus meliburkan semua karyawan di tanggal 12 Juli 2012. Males khan kalau sampai di-sweeping sama gerakan para buruh yg hilang akal sehatnya. Jadilah diumumkan kami libur semua. Bagus sih. Tapi tetap saja gue masih khawatir.

Malah atasan gue, nyuruh gue nginap aja di hotel dekat bandara supaya nga kejebak macet  tanggal 11 Juli 2012. Tapi gue ogah juga. Sebenarnya gue terbang itu jam 20:00pm. Jadi seharusnya bisa diantisipasi, dengan berangkat lebih awal ke bandara Sutta. Untuk menghindari serbakacau dan macet, maka gue memilih keluar rumah dan menuju bandara tepat pukul 3pm naik bis Damri Bandara Sutta dari dekat tol. Pukul 2.45pm gue udah nongkrong dan duduk manis dekat salah satu warung yg ada dekat jalan tol. Tapi anehnya udah sampai pukul 3.20pm kog bis Damri belum juga lewat ya. Gue udah mulai cemas, jangan-jangan bis Damri nga beroperasi karena macet total yah. Gue coba browsing via internet cari nomor telpon Damri tapi hasilnya nihil. Duh gimana nih, cemas mulai meningkat. Gue coba jalan ke dekat pintu tol dan tanya pedagang yg lagi mangkal di sana, katanya baru juga 5 menit yg lalu bis Damri ke bandara Sutta lewat. Wajah gue langsung bingung, yang benar pak?salah kali pak? Kog gue nga lihat ya? Gue duduk di situ kog nga lihat tadi lewat. Si abang keukeuh bilang udah lewat kog, tadi ada penumpang yg naik dari sini katanya.Gue langsung lemas. Si abang nawarin naik taksi aja. Gila kalau naik taksi kejebak macet malah bukan jadi solusi buat gue. Males banget. Akhirnya gue putuskan naik yg jam berikutnya. Kali ini gue mesti lebih waspada. Kalau sampai ini terlewat habis deh gue. Telat dan bisa-bisa gue ketinggalan pesawat deh. Yg paling nyebelin itu warna bis Damri yg ke bandara Sutta itu tidak eye-catching alias warnanya cuma silver dan tulisan airportnya kecil banget. Kacau banget yah. Nyusahin banget.

Pukul 4.20pm, bis Damri yg gue  tunggu akhirnya datang juga. Kali ini gue bisa sedikit bernafas lega. Berharap tidak ada kemacetan di tol menuju bandara. Lelah nunggu bis Damri, bikin gue ngantuk berat jadi pilih tidur aja di dalam bis Damri.  Belum apa-apa udah cape duluan nih. Saking capenya, gue bener-bener terlelap. Pas bangun sudah ada di Gatot Subroto, terlihat jalan tol dari arah Semanggi menuju Cawang macet total tidak bergerak sama sekali. Ternyata demo para buruh sudah ada di depan Gedung Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di jalan Gatsu. Terdengar dari bis Damri suara para buruh yg berorasi lantang di depan gedung tersebut. Hapuskan outsoursing. Gue pikir negeri ini memang konyol banget, negeri agraris tapi dipaksa jadi negeri industrialis. Kasihan. Memang para petinggi negeri ini memang sakit, dan tak layak memimpin negeri ini. Andai Sukarno dan Hatta masih hidup, pasti mereka menangis melihat negeri yg dibangun dengan darah ini, hancur berantakan, seperti negeri para horror. Tak layak huni.

Gue coba telpon adek gue yg katanya ikutan demo juga demi solidaritas. Ckckck. Telpon diangkat dan adek gue bilang dia masih bergabung dengan rekan-rekan yg lainnya berorasi di depan Gedung Menaker. Gue bilang gue masih di Semanggi menuju bandara. Sore itu memang jalanan sangat macet tapi jalan tol menuju bandara justru lumayan lancar karena lokasi kemacetan terkonsentrasi di Semanggi yg menuju Cawang. Tapi ada beberapa titik yg menuju bandara juga masih macet tapi masih bisa bergerak. Jam sudah menunjukkan pukul 18:30pm, gue sudah sedikit cemas takut terlambat. Tapi mungkin gue masih bisa lega karena gue sudah web-check in,  jadi boarding pass sudah ditangan gue. Jadi seharusnya gue bisa tenang saja, terus gue juga nga punya bagasi yg harus dicek. Gue coba duduk tenang sambil menunggu bis Damri ini bisa lolos dari kemacetan. Ampun dah. Pukul 7:00pm, akhirnya bis gue nyampe juga di bandara. Sedikit tergesa-gesa turun dari bis Damri, gue berlari masuk ke counter check-in. Seorang petugas yg menanyakan gue mau check in ya? Gue jawab udah web-check in dan ada boarding pass, lalu dia menyarankan gue ke counter pembayaran airport tax di pojok sebelah kanan katanya. Lalu gue menuju counter pembayaran airport tax, suasana di sana terlihat sepi jadi gue bisa cepat bayar pajak dan selesai dari sana, gue langsung menuju lantai 2. Gue masih lapar dan belum makan malam nih. Gue pilih masuk ke salah satu lounge BNI yg ada di lantai 2. Gue pilih makan malam di sana. Dari pada nanti gue kelaparan di pesawat, mendingan makan dulu.

Makan malam yg gue pikir nikmat, nga tahunya makan malamnya biasa banget. Rugi gue masuk lounge yg makanannya nga jelas begini. Akhirnya gue hanya makan nasi dan kentang ati yg dibalado doang. Rasanya juga nga jelas banget. Rugi dah. Kalau nga ingat lapar banget, gue udah kabur dah. Terakhir gue minum susu milo, untuk mengobati rasa kecewa gue dengan rasa makan malamnya.

Pukul 7.30pm, gue menuju ruang tunggu dan melewati pemeriksaan imigrasi yg terlihat sepi banget. Lumayan senang dong nga perlu antri panjang. Masuk ke ruang tunggu suasana di sana sudah terlihat ramai sekali. Baru 10 menit gue duduk, udah ada pengumuman kalau pesawat gue akan delay selama 30 menit jadi bisa berangkat pukul 20:30pm. Buat gue sama saja, mau telat keg mau on time keg sama saja. Tapi tak lama berselang sudah ada pengumuman baru lagi kalau pesawat baru bisa siap pukul 21:00pm.Alamak mampus. Khan pesawat gue yg ke Osaka itu akan take off pukul 1 dini hari. Keburu nga yah? Khan Jakarta dan KL selisih satu jam. Kalau gue terbang jam 9 malam, maka sampai di KL itu jam 12 malam dong, belum lagi kudu check in ulang untuk yg transfer. Kalau sampai antri panjang gimana yah? Hmm bener-bener kacau. Gue coba tanya ke counter mengenai berita ini dan juga menjelaskan kalau gue terbang ke Osaka yg pukul 1 dini hari. Gimana dong pak? Ternyata di counter sudah banyak juga penumpang yg mau lanjut ke Osaka ini sedikit panik. Mereka panik takut ketinggalan  pesawat katanya. Total yg mau connecting flight ke Osaka 22 orang. Nah lo gimana nie… Berhubung udah banyak yg rada panik, gue milih diam dan duduk manis aja deh. Gue serahkan ke pihak lain untuk mengatur jalannya proses keluhan ini. Karena setahu gue kalau kita connecting flight bukan point to point, itu tanggung jawab sepenuhnya pihak penerbangan, kalau kita sampai telat terbang. Biar saja mereka yg mengatur semuanya. Sementara yg lain sibuk complaint, gue malah sibuk melaporkan pesawat gue yg akan delay ke mantan boss gue yg ada di Jepang. Dan sekarang sedang menunggu hasil keputusan dari pihak penerbangan.

Setelah kasak-kusuk di kalangan petugas, akhirnya pesawat dibuka pukul 20:30 malam. Segera diumumkan bahwa pesawat kami akan segera boarding, maka penumpang pun segera berjajar menuju pesawat. Sepertinya mereka tak ingin 22 orang ini akan telat menuju penerbangan Osaka. Gue hanya senyum simpul saja. Entah kenapa kali ini gue lebih tenang karena sudah bosan menerima drama demi drama jadi mungkin sudah habis rasa panik gue. Cenderung pasrah sajalah.  Tapi pukul 21:00pm akhirnya pesawat kami take off. Dan gue milih tidur lelap saja di dalam pesawat. Kali ini gue lumayan kedinginan karena nga bawa jaket. Hanya pakai sweater lengan panjang saja dan pakai kaoskaki, tapi sayang tak mampu mengusir rasa dingin. Ini pun gue pilih pasrah saja. Tidur-tidur  ayam deh di pesawat. Ampun dingin boo.[

Pukul 24:00pm waktu KL, kami mendarat dengan selamat. Gue segera turun dari pesawat dan berjalan cepat menuju counter transfer antar-bangsa. Suasana antrian juga sangat sepi, jadi gue bisa selesai dengan cepat banget. Segera gue jalan menuju pintu X-ray, ternyata tas tangan gue tertangkap karena ada minuman air mineral, terpaksa deh air itu gue buang ke tong sampah. Sial. Rewel amat nie pihak X-ray. Masak air mineral juga kagak boleh. Bener-bener tidak manusiawi banget. Selesai X-ray gue langsung menuju pintu pemeriksaan yg menuju area tunggu penumpang yg akan terbang ke Osaka di T14. Para penumpang  sudah pada antri untuk diperiksa boarding pass dan passportnya. Gue juga ikutan deh ngantri. Gue hanya ingin segera masuk dan istirahat di dalam ruang tunggu, sambil menunggu keberangkatan ke Osaka. Bagi gue ini bener-bener perjalanan panjang. Pukul 24:40 dini hari kami dipanggil untuk segera boarding dan menuju pesawat. Semuanya berjalan lancar dan pukul 1 pagi dini hari pesawat yg akan membawa gue ke Osaka sudah take off. Dan penerbangan pagi dini hari ini bener-bener sempurna membuat gue meringkuk kedinginan di dalam pesawat dan memaksakan diri untuk tidur-tidur ayam sambil berharap malam ini segera berlalu dan gue segera tiba di Osaka pukul 8:25am. Dingin yg menyergap di tubuh gue bikin gue nga bisa tidur lelap di pesawat. Saat begini, gue nyesel nga bawa selimut tipis yg terbuat dari bahan fleece, sehingga nga perlu meringkuk kedinginan di dalam pesawat. Ini dilemma kalau mau serbaringkas dan nga mau tas gue jadi bengkak. Jadi semuanya diminimaliskan hahaha.Jadinya kedinginan deh hahaha. Kacau.

Malam dingin yg berat ini pun akan segera berlalu, karena sudah terdengar suara seorang petugas yg mengumumkan bahwa sebentar lagi pesawat kami akan segera mendarat di KIX - Kansai International Airport Osaka. Dalam hati gue bersorak kegirangan, akhirnya gue akan terbebas dari rasa dingin ini. Memang betul tepat pukul 8:25am  pagi pesawat kami akhirnya mendarat mulus dengan selamat di KIX. Tak ada yg lebih membahagiakan buat gue selain mendarat dengan selamat dan juga terbebas dari rasa dingin. Thanks God! Badai ini akhirnya berlalu. Welcome to  Osaka. Gue akan memulai petualangan gue di negeri Sakura ini. Summer Season in Japan July 2012. Osaka, I am coming!

nuchan@072012
Summer season in Japan

No comments:

Post a Comment