Sunday, February 5, 2012

Dosen NORAK ala Indonesia

Minggu lalu saya dapat tugas dari President saya untuk menemani seorang tamu untuk melakukan market survey di seputar Jakarta.  Katanya tamu ini seorang mahasiswa dari Waseda University yg sedang menuntut ilmu di Jakarta selama satu tahun.  Wow mahasiswa dan jenis kelaminnya pria pula, dalam bayangan saya ini pasti sangat menjanjikan dan bisa menjadi stimulasi buat saya semangat menemaninya market survey. Dengan harap-harap cemas saya menunggu rencana yg sudah disepakati. Secara gitu lo ketemu mahasiswa Waseda University hahaha. Masih rumput muda dan mungkin unyu-unyu pula dalam benak saya.

Minggu yg ditunggu telah tiba ternyata mahasiswa yg saya tunggu itu ternyata jatuh sakit dan masuk rumah sakit karena kena demam berdarah. Aduh saya panik mendengarnya. Kasihan banget ya. Jauh dari sanak-saudara sakit pula, kasihan banget. Iba mendengarnya tapi saya tak bisa berbuat apa-apa, secara belum kenal juga, saudara bukan, pacar bukan hahahaha...Khan lebay juga kalau saya menawarkan diri menjenguknya. Apa kata dunia yah. Batal deh.

Setelah 2 minggu berlalu, tiba-tiba minggu malam boss saya telpon ke HP saya. Non, bisa menemani tamu market survey nga? Saya tanya, ke mana pak? Hanya Jakarta doang. Itu lo yg mahasiswa Waseda itu. Udah sembuh katanya. Semua urusan dinas luar, mobil dan segala tetek-bengek udah disiapkan kog, kamu hanya menemani aja yah.  Saya kirimkan urutan perjalanan dan apa yg harus disurvei yah...Tanpa banyak cingcong, saya jawab mantap boss. Saya ikut aja deh. Tapi kali ini saya tidak seantusias sebelumnya karena dapat bocoran dari sekretaris President saya, katanya orangnya ”aneh”. Duch jadi illfeel nie. Tapi sudahlah, udah terlanjur jawab oke, nga boleh ditolak yah....

Hari Senin pagi, saya dengan perasaan biasa saja berangkat ke Gedung Aneka Tambang dekat Pasar Minggu. Katanya rumah kos-nya dekat Pasar Minggu. Jadi lebih baik kami ketemuan di Gedung AnTam. Baru 30 menit di dalam mobil, tiba-tiba ada sms yg masuk dari mahasiswa ini. Aje gile bahasa Indonesianya gaul abis. Dia tanya saya udah dimana? Dan sampai AnTam nanti kira-kira jam berapa? Saya jawab pukul 7:30an pagi, kalau nga macet di Tol. (Kebayang nga sich, lewat tol tapi bilang kalau nga macet. Ngapain lewat tol kalau pakai acara macet ya? Lo baru tahu ya, kalau tol di Indonesia itu emang macet. Nga tahu juga kenapa saya mesti bayar uang tol, kalau tetap macet ya. Au ah gelap, tanya aja ama Menhub…atau dia jawab lagi, menunggu petunjuk President.)

Singkat cerita, saya sampai Gedung AnTam rada kepagian yaitu jam 7an. Hmmm karena sesak pipis, saya pilih masuk Gedung AnTam dulu, buang hajat dan pipis serta merapikan wajah saya yg masih ngantuk berat. Kasihan amat ya. Saya puas-puasin pipis di sana karena takut beser juga selama perjalanan keliling Jakarta. Pukul 7:25an, ada sms dan missed call yg masuk dari mahasiswa tadi, sebut aja namanya si Waseda yah…Kasihan kalau saya kasih nama dia sebenarnya, ketahuan anehnya lagi. Dia kasih kabar kalau dia udah di depan pelataran parkir AnTam. Katanya dia pakai Jeans dan baju Batik coklat. Dari depan gedung sudah bisa saya lihat seorang pria yg lagi pegang HP dan melihat ke arah lobbi AnTam, saya segera bisa menebak itu pasi si Waseda. Hmmm kurus amat. Duch kesannya Indonesia banget gitu lo pakai Batik. Tapi saya yakin itu Batik TA lo hahaha.

Saya panggil supir untuk segera stand by depan lobbi, dan saya  minta supir untuk menghampiri itu cowo yg pakai jeans belel dan baju Batik. Dia kaget waktu saya hampiri dan segera panggil namanya Waseda...Wajahnya kaget. Yah yah saya bisa tebak kamu karena kamu soang yg pakai Batik coklat di sini. Dia dengan gugup segera masuk ke dalam mobil.

Di dalam mobil kami tidak banyak bicara. Dia diam, saya diam. Saya yg masih ngantuk pilih tidur aja. Karena kali ini kami harus menuju Alam Sutra BSD Tangerang. Mendingan tidur deh, daripada basa-basi yg sangat basi. Malesbanget nga sich. Tidur ahhhh. Dia pun ternyata ”pelor” alias nempel langsung molor boooo....Ampun dah.

Pukul 8:30an kami tiba di Tangerang. Ternyata salah satu modern market yg kami tuju sudah buka. Dan pengunjung sudah ramai di sana. Turun dari mobil si Waseda langsung bilang, ibu ibu! (aduh kog gue dipanggil ibu.. ibu ya...kurang keren amat sih) Hormat sih hormat tapi jangan panggil ibu donk di  super market ramai begini ..ayak-ayakwae:+) Payah nie si Waseda, bikin gue illfeel aja. 


Saya lalu memberikan dia waktu untuk bernafas dan mengumpulkan nyawanya yg nyaris berserakan. Habis dia molor mulu sih di mobil jadi waktu dia bangun, kepalanya jadi  pusing deh. Sementara dia sibuk mengumpulkan nyawanya, saya justru milih online di FB, mengamati status teman-teman saya dengan segala "kegalauan" mereka. Hmmm pagi-pagi sudah ada yg galau boooo....mana hari Senin pula, lengkap deh kegalauan mereka semua hehehe.


Kurang lebih 10 menit, si Waseda mendekati saya dan bilang dia sudah siap masuk dan memulai survey. Dengan senyum kecut, saya menganggukan kepala saya, dan kami pun berjalan kayak anak sekolah sedang berbaris gitu deh. Dia mengekor dengan sempurna di belakang saya. Setelah berada di dalam mall, saya menunjukkan beberapa produk yg mungkin menarik untuk diteliti pangsa pasarnya.  Tapi tampaknya dia belum  mudeng dengan poin-poin apa yg harus dicek saat berada di market. Dia tanya, apakah saya tahu apa yg harus dicek hari ini? Saya jawab, tugas saya hanya memperkenalkan beberapa lokasi market yg sangat cocok untuk disurvei dan dijadikan bahan riset pasar buat dia. Dan saya akan memperkenalkan dia ke beberapa staf yg bertugas di sana untuk membantu dia saat mau bertanya tentang kondisi penjualan setiap produk yg ingin dia cek dan teliti. Dan juga meneliti karakter  konsumen yg datang ke sana dan produk-produk yg diminati konsumen apa dan mengapa mereka tertarik membeli produk-produk tersebut. Hmmm bakalan mudeng nga yah? 


Saat sudah berada di lantai 2, saya coba menjelaskan beberapa produk yg dipajang dalam bahasa Jepang. Tapi dengan sigap dia meminta saya untuk menggunakan bahasa Indonesia saja. Katanya dia mengerti kog kalau saya pakai bahasa Indonesia. Malah dia kasih ide yg sedikit rada norak juga sich, nanti pakai bahasa Jepang kalau kita akan membicarakan hal-hal yg rahasia saja katanya. Dalam hati saya, apa yg perlu dirahasiakan ya? Tapi sudahlah, malas juga debat kusir yg nga penting ya, kalau dia mau pakai bahasa Indonesia, nga apa-apa jugalah. Bagus buat otak saya, nga perlu kerja keras processor gue untuk memindahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang...Malas banget khan kalau pakai bahasa asing.Cape booo...


Saya lalu membawa si Waseda ketemu dengan salah satu staf yg bertugas di mall tersebut. Saya memperkenalkan dia ke staf tersebut. Hmmm lihat wajah staf yg putih mulus dan superbening begini, matanya langsung segar kali ya. Sebut saja nama staf tersebut si Macan alias manis cantik. Emang wajahnya manis dan cantik booo...Rambutnya panjang dan kriwil-kriwil kayak Singer Korean Pop gitu deh.Kinyis-kinyis dan sexy abis. Pokoknya yg kenalan pasti langsung klepek-klepek deh. Apalagi orang Jepang suka sama cewe-cewe yg bening begini.

Saya kenalkan si Waseda sebagai  mahasiswa dari Waseda University, yg sedang magang dan melakukan riset pasar di Indonesia. Dan saya minta si Macan memberikan bantuan seperlunya apabila si Waseda ini butuh sesuatu dan bertanya tentang berbagai macam produk yg sedang dipasarkan di mall tersebut. Lalu saya minta si Waseda bertanya langsung dengan si Macan. Namanya ketemu mahasiswa dari Jepang ya, dari Waseda pula, tambah centil dan manja-manja pula si Macan melayani setiap pertanyaan si Waseda ini. Duh dua-duanya tiba-tiba terlibat medan magnet yg saling tarik-menarik yah. Dengan wajah berseri-seri dan antusias si Waseda menanyakan berbagai ke hal ke si Macan. Saya cukup menjadi pendengar dan pengamat sikap dan tingkah laku mereka berdua yg sedang saling tertarik dan grogi hahahaha Ampun deh.Gue paling demen lihat dua sejoli  yg lagi gugup dan saling cari perhatian hahaha. Jadi hiburan gratis yg menggelikan hahaha.

Bersambung,
nuchan@022012
dosen norak

No comments:

Post a Comment