Sunday, November 7, 2010

Aku dan Facebook

Tahan rasa narsismu itu

Setelah maraknya dunia per-FB-an alias Facebook, maka saya pun tak mau ketinggalan atau tak mau dibilang norak atau gaptek atau kurang gaul atau apalah, hari gini nga punya account FB, apa kata dunia? Hehehe. Jadilah saya membuka account FB ini untuk bisa bertukar informasi dengan sahabat-sahabat saya di berbagai kota dan negara yg berbeda. Pertama kali join dengan FB ini saya bener-bener ketagihan sekali. Alat ajaib ini sudah membuat saya bisa bertemu lagi dengan beberapa sahabat masa kecil saya dan teman kuliah yg sudah berserakan dimana-mana. Berkat FB ini pulak, saya yg cenderung narsis, semakin hari semakin menjadi-jadi narsisnya. Ampun dah! Hampir setiap hari saya menambah koleksi album saya di FB. Saya pun rajin mengedit-edit photo-photo saya, supaya bisa dipamerkan di FB ini. Beberapa koleksi photo-photo  perjalanan saya di berbagai negara dan kota, saya upload hampir setiap hari ke album saya yg ada di FB.(Tapi itu dulu,bukan sekarang)

Sampai suatu hari sahabat karib saya yg tinggal di Augsburg-Germany mengingatkan saya dengan cara yg halus dan elegan. Dia bilang gini ke saya : Nuchan sayang, photo-photo yg kamu upload itu bagus semua. Aku suka semua koleksi album kamu. Tapi boleh kasih saran nga? Ini khan di dunia maya, sebaiknya photo-photo dirimu yg berpakaian rada sexy itu, tidak di-upload  di FB. Takut disalah-gunakan pihak lain. Tahan rasa narsismu itu. Atau kalau bisa, semua koleksi photo-photo yg ada di album kamu harus dirubah “Privacy Settings”  ke “Friends Only” atau “Custom” dan masukkan nama-nama sahabat yg boleh mengakses album tersebut.

Saya sempat kaget membacanya. Karena saya tak pernah terpikir kalau photo saya tersebut akan bisa disalah-gunakan pihak lain, secara saya bukan artis, bukan selebritis, bukan tokoh politik, bukan siapa-siapa pulak, ditambah lagi wajah saya yg cenderung standar banget, siapa pulak yg sudi atau berminat menyalahgunakan photo saya. Ayak-ayak wae! Walaupun kaget sesaat, tapi setelah saya cerna dengan baik, maka saya balas pesan sahabat karib saya itu dengan jawaban : Okay boss. Perintah siap dilaksanakan. Muacchhhhhhhh!!! Dia balas lagi dengan pesan singkat : Dasar cewe narsis hehehe. Setelah itu tak sampai 10 menit seluruh koleksi photo-photo di album saya  itu, saya rubah statusnya semua menjadi “Friends Only” bahkan sebagian saya ganti menjadi “Custom” hehehee. Sedaaappp!!!
 
Aneka kelucuan bersama Facebook

Hari demi hari bergaul dengan FB ini, ada-ada saja kejadian lucu yg bisa bikin saya tertawa terpingkal-pingkal sampai jumpalitan hahaha. Salah satu fitur FB ini adalah para pengguna FB bisa mencantumkan status hubungannya dengan seseorang. FB menawarkan 6 kategori, para pengguna bisa memilih mulai dari : single, in a relationship, engaged, married, it's complicated, and in an open relationship. Dan saat ini status yg umum digunakan adalah "single" and "married".

Yg paling lucu, saya punya teman perempuan yg setiap minggu status hubungannya berubah-ubah. Minggu ke-1, status : In a relationship with Mr.“X”. Minggu ke-2, status : Single, Minggu ke-3 : It’s complicated, Minggu ke-4, status : Married. Begitu terus berulang-ulang. Saya sampai ketawa terpingkal-pingkal bacanya, apa dia tiap minggu putus sambung,putus sambung ya…ayak-ayak wae!

Ada juga teman saya yg suka memanjatkan doa yg panjang di status Facebooknya. Bikin saya tertawa cekikikan hahaha. Mungkin dipikirnya Tuhan juga punya account Facebook kali ya hahaha…ayak-ayak wae!

Kejadian lucu berikutnya. Kalau ada yg membaca nama saya di account Facebook saya, pasti mereka tak pernah menduga kalau saya adalah gadis berdarah Batak. Karena saya tak pernah mencantumkan marga saya. Tapi untuk menambah komunitas pertemanan saya dengan orang Batak, maka saya dengan senang hati menerima siapa pun  orang Batak yg marganya sama dengan saya, kalau minta di-add, akan saya “add” dengan senang hati. Saya pikir karena satu marga maka saya akan aman-aman sajalah. Secara menurut adat Batak, orang Batak yg satu marga itu adalah adik-beradik dan dilarang kawin-mawin karena masih satu darah  yaitu darah nenek moyang kami.

Tapi saya lupa bahwa mereka tak tahu kalau saya ini orang Batak yg satu marga dengan mereka. Beberapa ada cowok yg serius mengungkapkan ketertarikannya dengan saya, dan meminta kesediaan saya untuk menjalin hubungan yg lebih serius. Walaupun geli dan sering membuat saya tertawa terpingkal-pingkal tapi saya dengan penuh rasa sesal menjelaskan kalau saya dan mereka itu masih satu darah karena marga kami sama. Untung mereka bisa mengerti, tanpa banyak cincong biasanya mereka mundur teratur. Tapi kejadian2 seperti itu, selain lucu juga sering kali menguntungkan buat saya karena mereka menjadi lebih sayang dan perhatian pada saya sebagai adik satu darah dan satu marga hehehe.Asyik khan?

Terselamatkan berkat Facebook

Saya ini termasuk kategori perempuan yg kurang telaten mengingat-ingat hari bersejarah alias ulang tahun saudara-saudara saya, sahabat-sahabat saya dan teman-teman saya. Berkat Facebook ini, seringkali hubungan persahabatan  saya bisa terselamatkan. Karena Facebook ini memiliki fasilitas reminder untuk selalu  mengingatkan siapa-siapa saja yg berulang tahun hari ini,esok dan lusa. Itu sebabnya pada saat Om Djoko 813 berulang tahun, saya bisa tahu dengan cepat karena fasilitas reminder Facebook itu sudah mengingatkan saya berulang-ulang. Maka sehari sebelum ulang tahun Om Djoko, saya bisa menuliskan sebait puisi untuk hadiah ulang tahunnya hahaha.Soalnya kalau kasih hadiah puisi khan gratis tuch. Yah kalau kirim kado ya mahal hahhahha...(Dasar cewe pelit)

Penyakit lupa ini, kadang-kadang bisa membahayakan hubungan persahabatan atau bahkan hubungan antara pasangan. Bisa dibayangkan betapa bĂȘte dan jengkelnya sahabat-sahabat saya karena saya lebih sering lupa hari ulang tahun mereka. Kini sifat pelupa saya itu sudah bisa saya atasi hahaha. Terima kasih Facebook dan Mark Zuckenberg, kau sudah menolong dan menyelamatkan hubungan persahabatan saya. Kalau sudah begini : Apakah saya dikuasai atau menguasai Facebook ya? hehehe.Entahlah. Saya pun tak ambil pusing, mau dikuasai keg, mau menguasai keg, yg penting asyik-asyik sajalah hahaha..Tarik mang!

nuchan@06112010
lagi ingat kamu

No comments:

Post a Comment