Saturday, September 3, 2016

Traveling is NOT fun

Traveling is NOT fun
To anyone who thinks traveling is all fun and games: it's not.

Kalau kamu berpikir bahwa traveling itu  adalah melulu soal bersenang-senang dan penuh dengan permainan yang menyenangkan, maka anda SALAH BESAR.

Traveling itu bisa jadi seperti orang kantoran yg kerja  dari jam 9-5, dimana kamu punya tenggat waktu alias jadwal yg super padat untuk mengunjungi beberapa spot terbaik yg sudah kamu rencanakan dan berbagai hal yg harus kamu perhatikan dan persiapkan agar kamu bener-bener bisa memanfaatkan waktu, uang,dan target yg sudah kamu tentukan. Damn. Is NOT fun.

Kecuali kamu adalah salah satu orang yg suka dengan paket liburan mewah 4 hari 3 malam ke ARUBA dimana kamu cuma leyeh-leyeh di pantai sambil sun bathing alias berjemur menghitamkan kulit di antara para bule gembrot dan perut bergelambir yg tiduran topless alias bertelanjangan dada di samping kamu. Atau sebaliknya kamu harus memeras otak sampai berkeringat, bahkan berurai airmata  untuk mengatur jadwal independen dan terencana dengan sangat baik. Menurut saya perjalanan terbaik adalah dimana kamu hanya punya waktu tidur yg super singkat  dan mengalami rasa sakit dan  lelah secara fisik, tetapi kamu mengabaikannya demi memenuhi semua rencana kamu. Damn. Is NOT fun anyway.

Yakin? Yakin kamu suka travelling kayak beginian? Well, cobain aja, biar tahu rasanya kayak apa. Saya harus berjalan kaki di bawah  teriknya matahari dan suhu udara mencapai 35 derajat, baju saya basah karena kucuran keringat dan terasa lengket di kulit karena saya harus jalan kaki  dari Himeji Castle sampai ke Himeji Station, yg saya pikir jaraknya dekat tapi  ternyata kalau jalan kaki jauh banget dan kaki saya sampai  gempor, kulit saya terbakar dan nyaris dehidrasi. Saya harus jalan cepat-cepat mencari vending machine, saking hausnya. Itu pun saya masih nekat cek-cek harganya karena semua minuman botol di vending machine di Jepang MAHAL. Taelah paling murah 150JPY dikali rate saat ini 130 Rupiah. Damn. Rp.20,000/botol. Is NOT Fun.

Tentu saja melihat gambar di atas ini, kamu tidak tahu apa yg saya pertaruhkan untuk sampai ke Himeji Castle ini. Kamu hanya bisa lihat gambar narsis saya ini tanpa tahu cerita dibalik gambar ini. Damn. Is NOT fun.

Gambar-gambar liburan yang kamu lihat seperti pantai-pantai indah berpasir putih, matahari terbit, matahari tenggelam, pemandangan super indah dari atas bukit dan gunung, makanan-makanan local yg kelihatan lezat-lezat, landmark budaya serta bangunan-bangunan bersejarah hanyalah 10% dari inti perjalanan yang sebenarnya, selebihnya 90% adalah malam-malam yg melelahkan dan kurang tidur, tersesat berkali-kali sehingga kamu berputar-putar di jalan yg sama, naik pesawat pagi banget sehingga kamu harus tidur kedinginan di lantai bandara  Kuala Lumpur karena takut ketinggalan pesawat, saat terbang ke Seoul dan pesawat mendarat kemalaman dan kamu ketar-ketir tengah malam cari hostel yg lokasinya rumit dan papan petunjuknya tak kelihatan, dan terpaksa tidur di mixed dormitory karena semua female room sudah fullybooked alias penuh dan kamu harus tidur mencium bau alcohol dari pria bule yg doyan minum alcohol dan terkadang terdengar suara ngorok yg bikin tidur kamu tak nyenyak. Damn. Is NOT Fun.

 Dreamland Bali yg berpasir putih dan indah.
Saya berlibur sendirian ke Tanah Lot Bali dan Natalie wanita Prancis ini terheran-heran melihat saya bernarsis ria mengabadikan matahari tenggelam...


Membidik landmark City Hall di Ho Chi Minh City Vietnam dan untuk mendapatkam gambar ini sebenarnya saya harus menahan suhu udara sampai 34 derajat dan sangat lembab, membuat kulit saya keringat, sumuk dan lengket banget.

Atau harus menahan kantuk karena harus naik mobil sewaan tengah malam menuju Gunung Bromo hanya untuk melihat matahari terbit yg katanya indah luar biasa. Meskipun kamu sudah berjibaku menahan kantuk masih juga harus mendaki bukit di pagi buta pukul 2 dinihari sembari dihadang hawa dingin yg menggigit sampai ke tulang sumsum, kamu hanya bisa memeluk tubuh kamu sendiri dgn kedua belah tangan kamu agar tubuhmu tidak menggigil…Damn. Is NOT fun anymore. 

Belum lagi karena tampang kamu Melayu banget dan mendadak di tahan petugas bandara di China dan menginterogasi kamu dengan Bahasa Tarzan sembari mengobrak-abrik koper kamu dan melemparkan pertanyaan-pertanyaan tolol yg nga penting banget. Dada kamu bergemuruh karena marah tapi takut kalau mereka menahan kamu karena hal-hal sepele, masih saat di China kamu salah mengambil keputusan, demi menghemat uang yg sudah menipis sembari mencoba merasakan  naik transportasi bus local yang menuju  ke Shenzhen Bao'an International Airport, tiba-tiba bus kamu bertabrakan dengan mobil pickup yg menyalib bus tersebut sehingga tertabrak dan terdengar bunyi BOOM yg bikin kaget dan bus mengeluarkan api seperti terbakar dan semua penumpang dipaksa turun dan kamu kebingungan di tengah jalan di highway pula dimana tidak ada bus umum yg lewat, mendadak jantung kamu berpacu dengan cepat karena deg-degan ketinggalan pesawat, meskipun akhirnya kamu terselamatkan dengan naik taksi ber-6 dan 4 orang duduk di kursi belakang dan 2 orang di kursi depan plus supir yg mengemudi seperti kesyetanan….Damn. Is NOT Fun. Bahkan  kalau saya teruskan daftarnya masih panjang banget, dan saya yakin kamu akan kehilangan minat untuk membacanya.
Did you like my picts of the GREAT WALL CHINA?
Gambar saya yg mendaki Tembok China di Mutianyu ini jangan mengecoh kamu. Karena tidak seindah yg terlihat di gambar tersebut. Wow God knows everything what I have been through to get to this Great Wall.



Atau gambar sexy ini yg saya ambil di Suvarnabhumi Airport Bangkok dan Summer Palace di Ayuthaya ini..wow terlihat menyenangkan seolah-olah semua indah layaknya gambar tsb.

Atau menyaksikan gambar upacara pergantian penjaga istana Gyeongbokgung Palace changing of the guard time di SEOUL KORSEL.

Semua gambar  di atas menampilkan senyum saya dan terlihat happy and happy...Jangan tertipu, mengambil photo  tak lebih dari 1 menit tapi memang abadi senyumnya selama gambar tersebut tak dirobek-robek...Dan dibalik gambar itu banyak drama yg saya harus lalui.
Saya tidak menulis ini untuk membuat kamu menjadi TAKUT. Atau untuk gaya-gayaan di sosmed. Tapi untuk sekedar menyadarkan kamu bahwa Traveling is NOT always fun. Tapi SANGAT BERHARGA untuk dilalui. Dan ini sebuah usaha untuk menikmati hidup dan menghisap saripati hidup  ini dengan cara yg berbeda.

Like Robert Frost says : I took the one less traveled by,and that has made all the difference.

No comments:

Post a Comment